Mengingat Kematian Dalam Islam, Kenapa Perlu?

0
142
Mengingat Kematian Dalam Islam 2

Mengingat kematian – Kematian adalah suatu misteri yang tidak ada satupun manusia mengetahuinya, kecuali Allah SWT. Semua makhluk yang hidup akan berujung pada kematian. Oleh karena itu, manusia seharusnya mengingat bahwa hidup bukanlah sesuatu yang kekal atau abadi. Kita juga perlu merasa takut akan kematian agar senantiasa berhati-hati dalam segala.

Mengingat kematian adalah anjuran. Hal ini karena Allah ingin kita sebagai seorang muslim fokus mengejar kehidupan di akhirat nanti setelah kematian. Apalagi Allah pun juga tidak suka jika manusia terlena dengan kehidupan dunia yang indah, yang membuat kita justru lupa bahwa tujuan utama kehidupan adalah untuk mati.

Mengingat Kematian Dalam Islam, Ini Alasan Perlunya Takut Mati

Mengingat Kematian Dalam Islam 1

Mengingat kematian adalah anjuran dalam islam bagi kaum muslimin. Allah bahkan mengajarkan kita untuk tidak terlena hingga lalai karena urusan di dunia saja. Sementara, masih ada kehidupan yang akan menjadi pertanggungjawaban kita selama hidup di dunia ini. Dalam ayat Al Quran, telah dituliskan tentang kematian sebagai pengingat bagi manusia.

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ ۖ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”.

Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana kematian tidak mungkin dapat kita hindari. Bahkan siapapun tidak mengetahui kapan waktunya mati karena hanya Allah saja yang mengetahui misteri tersebut. Oleh karena itu, Allah meminta kaum muslimin untuk mengingat kehidupan setelah ini agar senantiasa meningkatkan keimanan diri.

Lalu apakah perlu mengingat kematian, apa alasannya?

Agar Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Dengan mengingat bahwa pada akhirnya kita akan mati, maka ini akan membantu diri kita untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga, hidup yang kita jalani juga lebih bermanfaat sesuai dengan ajaran islam.

Agar Takut Untuk Berbuat Dosa

Banyak manusia lalai dan lupa hanya karena terlena dengan kehidupan saat ini. Itu sebabnya, dengan ingat bahwasanya kita akan mati maka akan membuat diri kita memiliki rasa takut. Dengan rasa takut tersebut, kita juga akan lebih berhati-hati dalam berbuat dosa apalagi maksiat.

Agar Fokus Mengejar Pahala dan Amalan

Allah telah menciptakan manusia untuk hidup, tidak lain adalah dengan tujuan agar manusia melakukan kebaikan, mengumpulan pahala dan juga amalan-amalan. Sesuai dengan ajaran islam bahwasanya kaum muslimin harus melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Itu sebabnya, kematian perlu kita ingat agar kita fokus mengejar akhirat dengan pahala dan amalan yang Allah anjurkan.

Mengingat kematian – adalah salah satu hal yang penting agar kita dapat fokus untuk hidup dengan baik sesuai dengan syariat islam. Untuk memberi rasa takut pada diri sendiri saat berbuat dosa atau maksiat, maka mengingat kematian adalah kuncinya. Semoga kita termasuk orang-orang yang menjadikan hidup ini bermanfaat sebelum pada waktunya nanti menjemput kematian ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Jumu’ah Ayat 8

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY