Manfaat Shalat Untuk Kesehatan Menurut Beberapa Penelitian

0
668

Manfaat Shalat untuk kesehatan adalah topik kita hari ini. Setiap orang di dunia ini pasti ingin selalu sehat bugar, namun ironisnya banyak sekali dari kita yang malah lalai untuk menjaga kesehatan kita sendiri. Banyak orang yang kemudian begadang dan terus bekerja tanpa henti demi mendapatkan uang hingga jatuh sakit. Setelah itu, mereka menggunakan uang yang mereka dapatkan dari bekerja keras hingga membuat mereka jatuh sakit itu untuk berobat mendapatkan kesehatan mereka kembali. Sungguh sesuatu yang cukup aneh.

Namun siapa sangka bahwa kita orang islam memiliki satu cara oke yang sebenarnya telah kita lakukan sehari-hari untuk menjaga kesehatan kita: Shalat 5 Waktu. Dalam kesempatan kali ini, tim Cahayaislam akan mencoba untuk mengulas beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa pakar kesehatan dunia yang ternyata berhubungan dengan shalat kita.

Penelitian Dr. M. Wakil dan Questionnaire dari lebih dari 800 orang tentang kesehatan tulang karena Shalat

Salah satu peneliti yang bernama Dr. Muhammed Wakil di King Abdullah University of Science and Technology pernah melakukan suatu penelitian kolektif dengan menggunakan Questionnaire pada sekitar 880 orang. Questionnaire tersebut berisi pertanyaan seputar kesehatan, antara lain (1) Apakah mereka menderita/ memiliki riwayat penyakit tulang? (2) Apakah mereka rajin shalat? dan (3) Apakah mereka tidak melaksanakan shalat dalam waktu yang lama?

 

Dr. Muhammed Wakil mencoba untuk menemukan hubungan antara Shalat dengan kesehatan tulang pada para pengisi questionnairenya. Ternyata hasilnya mengejutkan. sekitar 3 persen orang yang terbiasa dan telah melaksanakan shalat sejak umur 10 tahun secara kontinu tidak pernah memiliki penyakit tulang dan persendian. Dilain sisi lebih dari 69 persen orang yang tidak pernah melakukan shalat malah mengalami gangguan tulang yang cukup parah.

Dr. Abd. Syukur Abdul Latif di Jurnal Ilmiah Al- Shalat Tahfazh al Ri’ah min al-Amradh Tentang Paru-paru dan peredaran darah

Tidak hanya kesehatan tulang saja lho manfaat yang bisa didapatkan dari Shalat. Penelitian lain yang dilakukan oleh Dr. Abd. Syukur Abdul Latif dalam jurnal ilmiahnya menyatakan bahwa ada manfaat shalat untuk kesehatan dalam posisi ruku yang ada dalam rukun shalat, beberapa sekat dalam organ paru-paru akan membuka lebar dan memperlancar aliran darah. Dalam posisi lain dalam shalat, yakni sujud, sirkulasi pergantian CO2 oleh Oksigen berjalan dengan lancar.

Beberapa pakar penyakit dalam yang memiliki spesialisasi tumor dan kanker banyak mengatakan bahwa salah satu penyebab dari kanker paru-paru adalah karena tingkat suffisiensi dari aliran darah yang membawa oksigen pada paru-paru.

Dr. Jamal Elzaky dan Dr. Fildelma sebagai expert di bidang Neurologi bahkan juga menambahkan bahwasanya posisi-posisi shalat seperti ruku dan sujud dimana posisi kepala lebih rendah dari paru-paru merupakan kunci untuk melancarkan sirkulasi darah. Bahkan mereka takjub tentang efeknya yang juga terjadi kepada peningkatan fungsi otak manusia.

Mereka menyatakan bahwasanya posisi ruku dan sujud membuat darah bisa dengan lancar mengalir dan menghasilkan outcome pemeliharaan jaringan pembuluh darah keotak yang memiliki banyak manfaat dan menjauhkan banyak penyakit mematikan seperti stroke, kanker dan lain sebagainya.

Nah, sekarang sobat Cahayaislam sudah tahu kan beberapa manfaat dari shalat lima waktu yang menjadi kewajiban kita sebagai orang islam yang beriman kepada Allah dan Rasul? Sebenarnya masih ada banyak sih manfaat shalat untuk kesehatan, namun mungkin akan kami bahas dilain kesempatan. Semoga dengan ini kita semua bisa semakin menjadi orang yang tertib dalam melaksanakan shalat 5 waktu kita. Amiin.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!