Manfaat Menjalin Hubungan Sesuai Syariat Islam

0
229
Manfaat Menjalin Hubungan Sesuai Syariat Islam 2

Manfaat menjalin hubungan – Di era modern sekarang ini, banyak hubungan antar lawan jenis yang terjalin tanpa batasan yang benar. Sementara dalam islam sendiri kita dianjurkan untuk menjaga batasan dengan lawan jenis, apalagi hubungan pacaran. Tentu saja ini tidak mencerminkan sikap seorang muslim dan juga menyimpang dari ajaran dalam islam.

Dalam hidup ini, hubungan antara sesama manusia memiliki peran yang cukup penting. Terlebih lagi, ketika hubungan dibangun dengan landasan agama atau sesuai syariat islam. Tentu saja ini tidak akan menyalahi aturan yang berlaku dalam ajaran islam dan menjadikan hubungan yang terjalin jauh lebih berkah. Selain itu, ada banyak kebaikan dan manfaat yang bisa kita petik. Bagaimana menurut pandangan dalam islam?

Manfaat Menjalin Hubungan Sesuai Syariat Islam, Begini Menurut Islam

Manfaat Menjalin Hubungan Sesuai Syariat Islam 1

Manfaat menjalin hubungan yang sesuai syariat dalam islam. Tentu saja ini akan mendatangkan lebih banyak kebaikan dan juga berkah. Berbeda halnya ketika kita menjalin hubungan yang menyimpang dari ajaran islam dan dengan tegas hukumnya diharamkan. Banyak kemudharatan dan bahkan kerugian yang akan kita terima dan jalani.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.

Ayat ini menegaskan bagaimana batasan yang seharusnya dijaga dalam hubungan antar lawan jenis. Itu artinya, islam telah memberikan batasan tegas agar hubungan dapat dijalin sesuai dengan syariat dalam islam. Sehingga tentu saja tidak menimbulkan kerugian apalagi dosa besar bagi kita.

Tahukah sobat CahayaIslam, berikut manfaat dari menjalin hubungan yang dilandasi dengan agama dan sesuai syariat islam?

Ketenangan Hati

Menjalin hubungan dengan landasan agama dan sesuai dengan syariat islam, ini akan membawa ketenangan hati. Ketika setiap langkah dalam hubungan didasarkan pada nilai-nilai islam, seperti saling menghormati, saling mencintai, dan mengetahui batasan-batasan yang harus dijaga maka akan menciptakan hubungan yang baik.

Menguatkan Keimanan Diri

Hubungan yang memperhatikan batasan sesuai dengan syariat dalam islam, ini dapat menjadi salah satu alasan meningkatnya keimanan diri. Hal ini karena hubungan yang didasarkan pada agama akan menciptakan hubungan yang saling mendukung dalam kebaikan, saling mengingatkan akan kewajiban agama, dan bersama-sama menguatkan iman. Sehingga bukan hanya membangun tujuan untuk kebahagiaan dunia, tetapi juga kebahagiaan di akhirat.

Penyelesaian Masalah Dengan Bijak

Dalam setiap hubungan, konflik tak dapat dihindari. Namun, ketika agama menjadi pedoman dalam menjalin hubungan, maka ini akan membantu kita menyelesaikan masalah dengan lebih bijak. Hal ini karena kita tahu bahwa dalam islam sendiri mengajarkan untuk memaafkan, tidak dendam, dan bersabar. Inilah yang membedakan hubungan yang dibangun dengan landasan agama dan yang tidak.

Manfaat menjalin hubungan – Dengan landasan agama dan sesuai syariat islam, maka hubungan dapat terjalin dengan lebih baik. Bukan hanya beberapa manfaat diatas, namun juga dapat mendatangkan kebaikan dan semakin menjadikan kita dekat kepada Allah SWT. Maka dari itu sobat CahayaIslam, semoga kita termasuk golongan yang mampu menjaga batasan dalam hubungan sesuai dengan syariat islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra’ Ayat 32

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY