KPK Geledah Beberapa Tempat Untuk Usut Dugaan Suap, Begini Agar Terhindar Dari Kasus Suap Menyuap Dalam Islam

0
1112
KPK Geledah Beberapa Tempat 2

KPK geledah – Komisi Pemberantasan Korupsi usut dugaan kasus suap terkait dana PEN. Ini dilakukan dengan menggeledah tiga lokasi yaitu Jakarta, Kendari dan juga Muna Sulawesi Tenggara. Untuk pengusutan kasus ini sendiri adalah pengembangan penyidikan untuk operasi tangkap tangan (OTT) mengenai suap pengadaan barang jasa di lingkungan Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

KPK Geledah Beberapa Tempat 1

Dalam kasus tersebut, pihak KPK sendiri sudah menetapkan Bupati nonaktif Kolaka Timur dan juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebagai tersangka. Dalam hal ini, korupsi atau suap menyuap rasanya sudah menjadi kasus yang merajalela. Padahal jelas ini melanggar hukum negara yang berlaku, begitu juga dengan hukum agama. Lalu bagaimana pandangan islam mengenai hal ini?

KPK Geledah Beberapa Tempat Untuk Usut Dugaan Suap, Begini Agar Terhindar Dari Kasus Suap Menyuap

KPK Geledah Beberapa Tempat 2

KPK geledah tiga lokasi untuk mengusut dugaan kasus suap yang terjadi. Dalam islam sendiri, apapun yang berkaitan dengan mendapatkan uang secara batil sudah jelas diharamkan dalam hukum islam. Dan suap menyuap ini tidak berbeda dengan korupsi. Di era sekarang ini, korupsi ini banyak terjadi. Bahkan rasanya uang memiliki kedudukan tinggi sehingga orang-orang meninggalkan nilai-nilai islam dan mementingkan duniawi.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.

Sudah jelas dalam ayat ini adanya larangan untuk memakan harta orang lain, apalagi dengan cara yang batil. Sementara korupsi atau suap menyuap adalah bentuk jalan yang batil lho sobat CahayaIslam. Itu sebabnya, mencari rezeki dianjurkan dengan cara yang halal. Jangan sampai terjerumus ke dalam perbuatan dosa seperti korupsi atau suap.

Lalu bagaimana agar terhindar dari perbuatan suap menyuap menurut islam?

Tanamkan Nilai-Nilai Agama Islam

Agar terhindar dari perbuatan zalim seperti korupsi atau suap menyuap. Kaum muslimin harus menanamkan nilai-nilai islam, agar apa yang diperbuat selalu dengan dasar agama. Dengan begitu, kita juga akan sadar bahwasanya perbuatan tersebut tidak sesuai dan bahkan diharamkan dalam hukum islam sendiri. Ini akan membantu sobat CahayaIslam agar jauh dari perbuatan maksiat.

Jangan Tergiur Kesenangan Duniawi

Kelemahan dari manusia adalah perihal kesenangan duniawi. Itu sebabnya, banyak orang yang akhirnya lalai karena begitu banyak nikmat yang Allah berikan kepadanya. Padahal kesenangan duniawi sifatnya hanya sementara, dan lagi itu bisa saja merupakan ujian dari Allah. Maka dari itu sobat CahayaIslam, jangan tergiur dan fokus pada urusan dunia. Agar tidak mudah terhasut untuk melakukan perbuatan-perbuatan maksiat.

Meningkatkan Keimanan Diri

Tingkatkan keimanan diri untuk bisa membentengi diri sendiri agar tidak melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Cara meningkatkan keimanan bisa dengan rajin beribadah, meningkatkan keinginan untuk laksanakn sholat sunnah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

KPK geledah – beberapa lokasi untuk usut dugaan kasus suap yang terjadi. Semakin banyak saja kasus seperti ini terjadi di Indonesia. Itulah kenapa perlu dan penting untuk membentengi diri agar tidak ikut terjerumus dalam kemaksiatan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa’ Ayat 29

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY