Konten Mahasiswa KKN UNP Viral, Pentingnya Tanamkan Sopan Santun!

0
196
konten mahasiswa KKN UNP

Konten mahasiswa KKN UNP – Belakangan ini, konten mahasiswa KKN UNP menjadi viral di sosial media Indonesia. Tidak heran jika masyarakat Indonesia ramai membicarakan konten tersebut.

Banyak masyarakat yang menganggap isi konten mahasiswa KKN satu ini tidak pantas. Apalagi jika isi konten tersebut tersebar luas di sosial media.

Viral Konten Mahasiswa KKN UNP

Berdasarkan informasi yang beredar, isi konten mahasiswa KKN UNP yaitu sindiran tentang fasilitas umum di tempat KKN mereka. Diketahui, para mahasiswi tersebut KKN di kawasan Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat.

Mahasiswa yang didominasi perempuan itu menyebut beberapa kekurangan dari fasilitas tempat KKN mereka. Kekurangan yang mereka maksud antara lain tidak ada air, mandi di mushola, dan membayar kontrakan.

Dari video yang viral, tampak ada sembilan mahasiswi yang mengeluhkan hal tersebut. Namun tidak lama setelahnya, beredar video yang menyebut warga setempat mengusir para mahasiswa.

Narasi video itu menyebut bahwa warga mengusir mahasiswa dan mahasiswi UNP yang KKN sebagai buntut dari video viral. Bahkan ada video lain yang memperlihatkan seorang tokoh masyarakat mengumpulkan sekelompok mahasiswa KKN itu di sebuah ruang rapat.

Namun dari informasi yang beredar, pihak kampus langsung menarik para mahasiswa KKN itu dari lokasi. Pihak kampus menyebut akan memberikan penyelesaian terbaik untuk mahasiswanya.

Pentingnya Sopan Santun di Mana saja

Sobat Cahaya Islam, isi video konten mahasiswa KKN UNP jelas bukan perbuatan yang baik. Bagaimana tidak, mereka mencerminkan sikap kurang sopan ketika di tempat orang lain.

konten mahasiswa KKN UNP

Padahal, sudah seharusnya para mahasiswa itu bersikap sopan dan menjunjung tinggi nilai kesopanan di mana saja. Apalagi, islam mengajarkan umatnya agar selalu mempunyai sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.

Umat islam wajib mempraktikan sopan santun kepada siapa saja baik orang yang lebih tua ataupun orang yang lebih mudah. Dengan menanamkan sikap ini, niscaya islam akan tampak dengan jelas keindahan dan kebenarannya.

Sopan Santun dalam Ajaran Islam

Sobat Cahaya Islam, berikut ini ada beberapa sikap sopan santun yang wajib umat islam tanamkan di mana dan kapan saja:

1.       Sopan Santun Saat Berbicara

Kelembutan adalah salah satu sifat Allah SWT. Karena itu, Allah SWT selalu menganjurkan hambanya untuk bersikap dan bertutur kata lemah lembut.

Allah SWT senantiasa menganjurkan umatnya untuk berbicara dengan sopan di mana saja dan kepada siapapun. Hal ini tertuang dalam:

اذْهَبَا إِلَى فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَى. فَقُولَا لَهُ قَوْلاً لَّيِّناً لَّعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَى

Pergilah kamu berdua kepada Fir’aun, karena dia telah berbuat melampui batas. Berbicaralah kepadanya dengan kata-kata yang lembut, mudah-mudahan ia mau ingat atau takut” [Thaha : 43-44]

2.       Islam Menganjurkan untuk Bersikap Sopan dan Ramah Tamah

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Mudahkanlah dan jangan kalian persulit, berilah kabar gembira dan janganlah kalian membuat orang lari” [HR Al-Bukhari no. 69 dan Muslim no. 1734].

Hadits di atas menunjukkan bahwa nabi Muhammad menganjurkan umatnya untuk selalu bersikap ramah ramah sehingga orang lain tidak akan lari. Dengan begitu, tercipta kehidupan yang damai, aman, dan tentram.

konten mahasiswa KKN UNP

3.       Tuntunan untuk Bersikap Sopan dan Lemah Lembut

Allah SWT berfirman:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّهِ لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنتَ فَظّاً غَلِيظَ الْقَلْبِ لاَنفَضُّواْ مِنْ حَوْلِكَ

“Dengan sebab rahmat Allah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentu mereka menjauh dari sekelilingmu” [QS Ali Imran : 159].

Ayat di atas menunjukkan Allah SWT juga memerintahkan hambanya untuk bersikap lemah lembut. Dengan demikian, tidak akan ada orang yang lari dari Sobat sehingga kehidupan senantiasa damai.

Sobat Cahaya Islam, itulah tuntunan agama islam agar hambanya senantiasa bersikap sopan santun. Semoga saja tak ada lagi konten mahasiswa KKN UNP di luar sana.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY