Komedian Senior Yanto Tampan Meninggal, Pelajaran Hidup Apa yang Bisa didapat dari Perjalanan Beliau?

0
53

Yanto Tampan – Siapa yang tidak mengenal Yanto Tampan? Komedian senior yang sering kita lihat di sinetron religi Indonesia ini Jumat kemarin (26/2) meninggal dunia. Pemilik nama asli Pudjianto ini ternyata telah memiliki riwayat penyakit Sirosis hati sejak 2018 silam. Aktor sekaligus komedian tersebut meninggal dunia diusia 61 tahun.

Yanto Tampan alias Pudjianto mulai dikenal publik sejak kehadiran sinetron religi “Para Pencari Tuhan” sekitar tahun 2007. Dalam sinetron tersebut, Yanto berperan sebagai Bang Acip bersama Deddy Mizwar dan Trio Bajaj. Sebelum meninggal, Yanto sempat koma hingga 2 minggu. Ia dirawat di kediamannya dan meninggal di sana sekitar pukul 07.35 WIB.

Nama Yanto Tampan alias Pudjianto adalah nama panggung yang diberikan sahabatnya, Yuzar Nazaroz. Menurut Yuzar, nama Pudjianto terlalu banyak dan tidak mengena jika dibawakan oleh komedian, sehingga ditambahilah kata tampan di belakang nama panggilan Pudjianto menjadi Yanto Tampan.

Yanto Tampan merupakan komedian asli Betawi. Selain memerankan Bang Acip di sinetron Para Pencari Tuhan, Yanto juga pernah bermain di sinetron Pesantren Rock n Roll Reborn, Entong Santri Cilik, juga Kiamat Sudah Dekat. Selain sinetron, Yanto juga bermain di FTV. Namun, FTV yang dimainkan olehnya bertema tentang azab.

Dunia hiburan tanah air berduka oleh kepergian komedian Yanto Tampan. Semasa hidup almarhum dikenal sebagai komedian yang menghibur dan tidak lupa untuk selalu menyiratkan pesan moral Islami. Sejak dinyatakan menderita penyakit Sirosis hati, Yanto juga telah mengurangi jadwal syuting dan fokus pada pengobatan dan penyembuhan.

Menyimak Perjalanan dan Pelajaran Hidup dari Almarhum Komedian Yanto Tampan

Komedian Yanto Tampan meninggal pada hari Jumat. Menurut sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi bahwa seseorang yang meninggal pada hari Jumat akan dijaga dari fitnah kubur. Semoga almarhum Yanto alias Pudjianto juga demikian. Untuk menyimak perjalanan dan pelajaran hidup dari almarhum Yanto, simak ulasan berikut:

1.      Pelawak Religius

Yanto Tampan dikenal sebagai pelawak religius. Setiap lawakannya selalu mengandung pesan moral Islami. Bahkan, menurut penuturan salah satu anggota Persatuan Seniman Komedian Indonesia (PaSKI) almarhum adalah sosok komedian yang khas dengan humor religiusnya.

Komedi adalah salah satu cara untuk menghibur. Sebagai komedian, Yanto telah menghibur banyak penonton dengan humor-humor religinya. Dalam Islam sendiri humor, lawak, atau komedi dapat menghibur dan menyenangkan oranglain. Maka dari itu, seorang komedian dapat membantu menghibur hati yang sedih menjadi gembira.

2.      Penyabar

Sosok Yanto Tampan mungkin tidak banyak dikenal oleh anak muda zaman sekarang. Namun, mengetahui bahwa komedian religi ini telah mengidap penyakit Sirosis hati sejak 2018 dan tetap melaksanakan syuting sambil rutin melakukan pengobatan dan perawatan, Yanto dapat dikatakan sebagai orang yang penyabar atas sakitnya.

Sosok Bang Acip yang diperankan Yanto juga hadir dalam sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 13 yang tayang pada 2020 kemarin setiap bulan Ramadhan dan menjelang buka puasa. Kini kita tidak lagi dapat menikmati hiburan dari sosok Bang Acip. Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap penyakit ada obatnya, jika obat itu sesuai dengan penyakitnya, akan sembuh dengan izin Allah Azza wajalla,”(HR. Muslim : 2204)

Sobat Cahaya Islam, komedian senior Yanto Tampan telah meninggalkan dunia. Namun, karyanya di dunia hiburan tetap abadi. Semoga almarhum diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Aamiiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY