Hukum Merawat Orang Tua menurut Agama Islam, Sudah Tahu Caranya?

0
214
Hukum merawat orang tua

Hukum Merawat Orang Tua – Sebagai seorang anak, sudah sepatutnya berbakti kepada Ayah dan Ibu yang sudah membesarkan selama ini.

Namun bagaimana hukum merawat orang tua menurut agama Islam?

Selama kita hidup dan masih bernafas di bumi hingga kini tentunya tidak lepas dari peran orang tua yang telah memelihara dengan penuh kasih dan sayang.

Mulai dari buaian hingga beranjak dewasa semua selalu mendapatkan pemeliharaan terbaik dari sosok keduanya.

Sudah sepatutnya kita sebagai anak melakukan hal yang sama, bukan?

Di dalam agama Islam, hal ini disebut dengan istilah birrul walidain. Yakni bentuk rasa kasih serta rasa syukur kepada Allah SWT dengan cara memberikan kepedulian.

Anda bisa melakukannya mulai sekarang dan tidak harus menunggu orang tua menjadi renta.

Karena merawat orang tua sama halnya dengan memberikan timbal balik dengan tujuan saling melengkapi atas pengorbanan yang telah mereka lakukan selama ini.

Hingga hal ini mampu memberikan dampak positif baik bagi orang tua maupun anak, dalam kesehatan dan juga psikis karena saling mengasihi dan peduli satu sama lain.

Lantas tahukah Anda, Sobat Cahaya Islam? Seperti apa hukumnya merawat orang tua menurut ajaran Islam kita? Simak ulasannya yang akan kami paparkan di bawah ini.

Hukum Merawat Orang Tua menurut Agama Islam, Banyak Ganjarannya!

Hukum merawat orang tua adalah fardhu ain karena termasuk salah satu amalan yang utama.

Bahkan amalan ini disebutkan sebagai hak yang harus didapatkan orang tua atas anak-anaknya.

Apalagi memberikan kepedulian kepada orang tua yang sudah kian, hal ini menjadi salah satu amalan yang bisa membuka gerbang pintu surga bagi Anda.

Seperti yang telah disebutkan dalam firman Allah SWT :

Memang merawat orang tua bukan satu kewajiban yang mudah karena adanya beberapa hal khusu yang harus diperhatikan.

Namun demi menjaga kedua orang tua tetap aman, nyaman dan merasa bahagia ada beberapa cara merawat orang tua di rumah dengan baik.

Allah SWT berfirman:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا * وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ

Artinya: “Dan Allah telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah kepada selainNYA, dan hendaknya kamu berbuat baik kepada orang tuamu. Jika salah seorang diantara keduanya atau dua-duanya hidup sampai usianya lanjut,

maka janganlah sekali-kali mengatakan kepada mereka ucapan ‘ah’, dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka ucapan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang.“ (QS Al-Isra’: 23-24)

Tips Merawat Orang Tua di Rumah antara lain :

1.     Memberi Tempat Tidur yang Nyaman

Sebagai ruang untuk beristirahat, kamar harus sangat diperhatikan dan dibuat senyaman mungkin.

Seperti di mana orang tua yang sudah renta dan biasanya memiliki masalah pada sendi dan tulang haruslah ditempatkan pada Kasur yang empuk.

Hukum merawat orang tua

2.     Menjaga Kebersihan

Menjaga agar tidak ada debu yang memungkinkan menjadi sarang penyakit dan juga lantai yang licin harus sangat dihindari demi menjaga keamanan orang tua saat berada di rumah.

Hal yang berpotensi membahayakan seperti itu harus sangat diperhatikan.

3.     Aktif Berkomunikasi

Bukan hal asing jika orang tua sering kali merasa kesepian karena anak-anaknya sudah mulai sibuk dengan aktivitas masing-masing.

Maka dari itu Anda harus sering mengajak komunikasi dengan meluangkan waktu untuk bicara dengan mereka.

Hukum merawat orang tua

4.     Memperhatikan Makanan

Makanan orang yang sudah tua harus sangat dipedulikan, mulai dari keseimbangan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh hingga menu makanan sehat yang harus diatur dengan baik.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai hukum merawat orang tua di dalam agama Islam serta bagaimana tips merawat orang tua di rumah dengan baik.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY