Berkaca Dari Film Horror Losmen Melati, Ketahui Adab Saat Menginap

0
324
film horror Losmen Melati

Film Horror Losmen Melati – Di Indonesia banyak cerita film yang sejatinya bisa saja dialami oleh para penontonnya. Terbaru, ada film horror Losmen Melati yang mengangkat tema atau cerita cukup menyeramkan.

Karena itulah, banyak orang yang merasa penasaran dengan cerita film tersebut. Apalagi, film ini mengangkat tema yang familiar yakni tentang penginapan.

Sinopsis Film Horror Losmen Melati

Cerita film horror Losmen Melati berfokus pada penginapan yang terpencil dan misterius. Pihak produksi menjanjikan film tersebut menghantui penonton dengan cerita sangat menyeramkan.

Selain itu, produksi film juga mempersiapkan sinematografi yang khas. Salah satunya yaitu menyorot losmen yang merupakan bangunan gedung tua dan sudah berdiri sejak zaman Belanda.

Para aktor dan aktris berpendapat bahwa cerita film ini sangat menarik. Hal itu karena hotel dan losmen mempunyai cerita tersendiri.

Sebab banyak orang yang masuk dan meninggalkan bekas sehingga ada energi yang tertinggal di sana. Memang cerita film ini mengisahkan tentang pengunjung yang menginap di sebuah penginapan misterius dan pastinya seram.

Namun para pengunjung tersebut tak sadar bahwa jika sudah masuk ke Losmen Melati, tak bisa keluar lagi. Banyak hantu yang menyeramkan menghantui para pengunjung losmen tersebut.

Gangguan Makhluk Halus Saat Menginap di Hotel dan Losmen

Sobat Cahaya Islam, menginap di penginapan baik hotel ataupun losmen memang membawa kesan tersendiri.  Ini seperti yang tersaji dalam cerita film horror Losmen Melati.

Dalam film, para pengunjung diceritakan berhadapan langsung dengan berbagai makhluk halus selama menginap di sana. Sebagai umat islam, kita jelas tidak boleh takut terhadap makhluk halus yang sering mengganggu di hotel.

Kendati demikian, kemunculannya sangatlah mengganggu kenyamanan dan kedamaian Anda yang tengah berlibur atau ada pekerjaan keluar kota sehingga perlu menginap di hotel ataupun losmen.

Jika Anda pernah mengalami gangguan makhluk halus di hotel atau losmen, jangan merasa ketakutan yang berlebihan. Sebaliknya, pasrahkan semuanya kepada Allah dan meminta perlindungan terhadap Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam.

Adab Menginap di Hotel dan Losmen Sesuai Ajaran Agama Islam

Lantas apa yang bisa umat islam lakukan saat memasuki penginapan berupa hotel atau losmen agar tidak terganggu dengan makhluk halus? Untuk mengatasinya, Sobat Cahaya Islam bisa mengikuti adab menginap di hotel ataupun losmen berikut ini:

1.       Mengucapkan Salam

Mengucapkan salam ketika masuk ke kamar hotel atau losmen sama seperti memberikan salam ketika masuk ke rumah yang sudah lama tidak berpenghuni, serta tak ada satu orang pun di dalam rumah itu.

film horror Losmen Melati

Memang mengucapkan salam hukumnya tidak wajib, namun ini merupakan sunnah yang bisa umat islam lakukan. Ini seusai dalam HR Bukhari Nomor 806/1055 yang berbunyi:

 “Jika seseorang masuk rumah yang tidak didiami, maka ucapkanlah “Assalamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibadillahish sholihiin (salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh)” (Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod 806/ 1055).

2.       Membaca Ayat Kursi

Selain itu, hendaknya Anda membaca ayat kursi terutama saat hendak pergi ke tempat tidur. Dengan ayat kursi maka Anda terbebas dari gangguan syaitan termasuk makhluk halus.

film horror Losmen Melati

Ini tertuang dalam HR Bukhari Nomor 23

“…Ia mengatakan kepadaku, jika aku hendak pergi tidur di bantal, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum ‘. Lalu ia mengatakan kepadaku bahwa Allah akan selalu menjagaku dan mengatur pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari. Dan para sahabat lebih semangat dalam melakukan kebaikan…” 

3.       Mengibaskan Tempat Tidur

Saat tidur di rumah, nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk mengibaskan tempat tidur. Anda juga bisa menerapkan hal itu saat hendak tidur di tempat asing.

Nabi Muhammad SAW bersabda: HR Al Bukhari nomor 6320

 Artinya,“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘Bismillaah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al-Bukhari no. 6320, Muslim no. 2714, at-Tirmidzi no. 3401 dan Abu Dawud no. 5050.)

Itulah beberapa adab saat menginap di hotel atau losmen yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu, insya Allah Sobat Cahaya Islam terbebas dari gangguan seperti dalam film horror Losmen Melati.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY