Mengenal Ciri-ciri Mujaddid dalam Islam Setiap 100 tahun Sekali

0
1156
ciri-ciri mujaddid

Ciri-ciri mujaddid – Sobat cahaya islam, pada artikel kali ini kami akan membahas mengeai ciri-ciri mujaddid yang mana disebut akan muncul pada tiap awal tahun dalam kalender hijriah. Bahkan Rasulullah SAW pernah menyinggung tentang mujaddid dalam hadist yang bersumber dari Abu Hurairah RA menyebutkan:

إنَّ اللهَ يَبْعَثُ لِهذهِ الأُمَّةِ عَلَى رَأْسِ كُلِّ مِائَةِ سَنَةٍ مَنْ يُجَدِّدُ لَهَا دِيْنَهَ

Artinya: “Sesungguhnya Allah mengutus kepada umat Islam, setiap seratus tahun, seorang yang memperbarui untuk mereka (interpretasi) ajaran agama mereka.” (HR Abu Daud)

Ciri-ciri Mujaddid

Secara bahasa, mujaddid adalah orang yang membawa pembaruan. Dalam konteks ajaran islam, mujaddi merupakan orang yang memperbaiki kerusakan dalam aplikasi ajaran agama islam yang sudah dilakukan oleh umat Islam. Adapun ciri-ciri mujaddid yaitu:

1.      Paling bertaqwa di zamannya

Para mujaddid merupakan manusia yang paling ditakuti tuhan pada zamannya. Karena, misi utama dalam kehidupan para mujaddid yaitu selalu bertaqwa kepada Tuhan. Mujaddid melanjutkan tugas Rasulullah dengan mengajak manusia untuk bertaqwa.

2.      Mendapat ilmu ilham

Jika para rasul dan nabi mendapat ilmu dari Allah melalui wahyu namun ciri-ciri mujaddid diberi jalan singkat oleh Allah melalui ilham. Ilmu ilham yaitu ilmu yang terus Allah jatuhkan ke hati bagi yang bertaqwa. Ilmu ini merupakan ilmu yang paling unggul karena berasal langsung dari Allah SWT.

ciri-ciri mujaddid

3.      Mendapat Karamah

Jika para rasul dan nabi mendapat mukjizat untuk melihat kebenaran Allah jika mujaddid akan Allah berikan karamah. Karamah yaitu kejadian luar biasa yang bisa dilakukan oleh para mujaddid. Seperti, karamah lahir ia boleh terbang, boleh berjalan di atas air.

Selain karamah lahir ada juga yang disebut dengan karamah maknawi, makna dalam karamah ini Allah akan memberi kesabaran dalam berjuang, diberi ilmu-ilmu yang bisa mengubah hati manusia kembali kepada Allah. Sebagaimana firman Allah dalam QS Annisa’:69

وَمَنْ يُّطِعِ اللّٰهَ وَالرَّسُوْلَ فَاُولٰۤىِٕكَ مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ مِّنَ النَّبِيّٖنوَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاۤءِ وَالصّٰلِحِيْنَ ۚ وَحَسُنَ اُولٰۤىِٕكَ رَفِيْقًاَ

Artinya: “Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul (Muhammad), maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang diberikan nikmat oleh Allah, (yaitu) para nabi, para pencinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.

4.      Menzahirkan kebenaran

Ciri-ciri mujaddid yang selanjutnya yaitu menzahirkan kebenaran. Dalam seluruh aspek kehidupan manusia para mujaddid bisa melahirkan kebenaran Islam yang dizahirkan yang kemudian menjadi arahan bagi agama islam dalam menjalani kehidupan.

ciri-ciri mujaddid

Mujaddid akan hadir saat agama sudah rusak dan datang dengan membawa kaidah yang baru dan bisa menolak sistem lama yang bisa merusakkan manusia. Sistem yang akan dibangun para mujaddid akan menjadi tempat bersandar masyarakat umum.

5.      Mampu mengubah hati-hati manusia

Kekuatan taqwa oleh para mujaddid bisa mengubah hatiphati manusia yang sudah lama jauh dengan Allah SWT. Sehingga, bisa kembali mentaati serta mencintai Allah dan Rasul. Manusia yang selama ini sombong akan merasakan dirinya hina dan tidak berguna. Yang selama ini dirinya pandai akan merasa bodoh.

6.      Doanya akan selalu makbul

Rasa ketuhanan dan kehambaan yang sangat mendalam bagi para pemimpin kebenaran doanya akan selalu dikabulkan Allah. Bahkan hati mereka akan selalu mengingat Allah dan selalu merasa bersama Allah setiap waktu.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai ciri-ciri mujaddid, para mujaddid memiliki hati yang sangat menyayangi manusia terutama bagi para pengikutnya. Dia akan mendidik dan memberikan kasih sayang penuh. Para mujaddid akan memperjuangkan kasih sayang sebagaimana yang sudah diperjuangkan oleh Rasulullah SAW.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY