Cara Memberi Nama Anak Dalam Islam

0
273
Cara Memberi Nama Anak 1

Cara memberi nama – Anak adalah amanah yang Allah berikan kepada para orang tua. Itulah kenapa, orang tua memiliki tanggung jawab serta kewajiban untuk mendidik sekaligus memberikan kehidupan yang layak bagi anak. Bukan hanya itu, saat anak lahir maka orang tua pun perlu menyiapkan serta memberikan nama yang baik untuk si anak.

Dalam menyiapkan dan memberikan nama kepada anak, tentu saja tidak bisa asal-asalan. Hal ini dikarenakan nama dipercaya sebagai bentuk doa yang diberikan dari orang tua untuk anak. Oleh karena itu pemberian nama anak juga harus memperhatikan beberapa hal. Lalu bagaimana cara untuk memberi nama kepada anak yang sesuai dengan ajaran islam?

Cara Memberi Nama Anak Dalam Islam, Ini Diantaranya

Cara Memberi Nama Anak 2

Cara memberi nama kepada anak ternyata ada hal-hal yang harus diperhatikan. Menurut islam sendiri, nama adalah suatu doa. Sehingga tentu saja pemberian nama tidak boleh sembarangan dan juga harus memperhatikan arti dari nama yang akan diberikan untuk si anak. Dalam ayat Al Quran juga tertulis mengenai hal ini.

Sebagai amanah Allah yang harus dijaga, diberikan kehidupan dan didikan yang baik. Maka anak juga harus diberikan nama yang baik agar dapat menjadi pengharapan baik untuk orang tuanya. Maka dari itu, sebagai orang tua harus tahu bagaimana cara memberikan nama yang baik dan juga tidak menyimpang dari ajaran atau anjuran Allah SWT.

Lalu bagaimana cara untuk memberikan nama anak yang sesuai dengan anjuran dalam islam?

Cara Memberi Nama Anak 3

Tidak Menggunakan Nama Yang Dibenci Allah SWT

Cara memberikan nama anak yang benar adalah tidak menggunakan nama-nama yang dibenci oleh Allah SWT. Misalnya nama berhala, nama dewa dan lain sebagainya. Bukan hanya dibenci oleh Allah, nama-nama semacam itu mungkin dapat menjadi bahan olok-olokan kelak yang kemudian akan menimbulkan perselisihan.

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Memberikan Nama Dengan Arti Yang Baik

Nama adalah doa, itu sebabnya pemberian nama juga harus melihat maknanya ya sobat CahayaIslam. Alangkah lebih baik jika memberikan nama dengan arti-arti yang baik agar kelak sang anak juga dapat mencerminkan nama-nama yang ia miliki.

Menggunakan Nama Pada Asmaul Husna

Orang tua mana yang tidak ingin anaknya memiliki karakter seperti nama-nama dalam Asmaul Husna? Sebagaimana anggapan bahwa nama merupakan sebuah doa, itu sebabnya orang tua dapat juga memberikan nama dengan menggunakan Asmaul Husna. Bisa juga menggunakan nama-nama Rasulullah atau sahabat Rasulullah sehingga diharapkan dapat mencerminkan sifat beliau kelak.

Cara memberi nama – Memberikan nama pada anak juga harus memperhatikan beberapa hal ya. Diantaranya arti dari nama tersebut, apakah nama tersebut memiliki makna buruk atau dibenci oleh Allah SWT tidak. Dengan begitu, anak dapat tumbuh dengan cerminan yang baik dari nama yang melekat padanya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-A’raf Ayat 180

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY