Berbakti Kepada Orang Tua, Ini Ganjarannya Menurut Islam

0
227
Berbakti Kepada Orang Tua 1

Berbakti kepada orang tua – Orang tua adalah sosok yang harus kita hormati. Bukan hanya karena usianya yang jauh lebih tua, namun juga karena jasa yang telah orang tua lakukan untuk merawat kita dengan baik. Itu sebabnya, ada istilah “durhaka” apabila seorang anak membangkang, menyakiti atau bahkan berbuat buruk kepada kedua orang tuanya. Ini karena orang tua memiliki tempat yang begitu mulia.

Dalam islam, berbuat baik kepada orang tua adalah suatu kewajiban bagi seorang muslim. Itu sebabnya, Allah bahkan memberikan kedudukan orang tua begitu tinggi. Siapapun yang ingin mencapai ridho Allah SWT, maka harus meminta ridho orang tua terlebih dahulu. Itu artinya, Allah memuliakan orang tua untuk kita memuliakan beliau juga.

Berbakti Kepada Orang Tua, Ini Ganjarannya Menurut Islam

Berbakti Kepada Orang Tua 3

Berbakti kepada orang tua bukan hanya menjadi kewajiban seorang anak. Namun, ini juga adalah perintah Allah SWT. Jika kita ingin mendapatkan kasih sayang dan ridho-Nya maka kita harus memuliakan orang tua. Dalam ayat Al Quran sendiri juga tertulis dengan jelas adanya perintah Allah SWT untuk bersikap baik kepada orang tua.

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,

Ayat ini telah menjelaskan bahwasanya Allah menyukai orang yang senantiasa berbuat baik. Bukan hanya kepada sesama muslim, namun yang paling utama adalah berbuat baik kepada orang tua dan juga keluarga. Dengan begitu, kita dapat mencapai ridho dari Allah SWT tentu saja.

Lalu apa ganjaran bagi seorang anak yang berbakti kepada orang tua?

Berbakti Kepada Orang Tua 2

Mendapat Kemudahan Dalam Hidup

Kita tahu bahwa doa orang tua merupakan doa yang mujarab dan tentu saja Allah dengar. Itulah kenapa saat kita berbakti kepada orang tua, maka segala sesuatu dalam hidup juga akan dipermudah. Itu artinya, yang paling utama adalah berbuat baik kepada orang tua agar mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Diperluas Pintu Rezeki

Salah satu ganjaran bagi kaum muslimin yang berbakti kepada orang tua adalah diperluas pintu rezeki oleh Allah SWT. Apalagi dengan adanya doa-doa orang tua yang dipanjatkan untuk anak-anaknya, tentu saja menjadi hal baik bagi sang anak. Allah mendengar bagaimana doa orang tua, itu dapat menjadi sumber keselamatan juga lho sobat CahayaIslam.

Memudahkan Jalan Masuk Surga

Ingin masuk surga? tentu saja kuncinya bukan hanya pada amalan, ibadah yang kita lakukan selama di dunia. Namun juga bagaimana kita berbuat baik kepada orang tua. Sehingga kemudian Allah akan memberikan jalan untuk seorang muslimin masuk surga karena amalan yang diperbuatnya kepada kedua orang tuanya selama di dunia. MasyaAllah.

Berbakti kepada orang tua – ternyata bukan hanya suatu kewajiban atau semata-mata karena menuntaskan apa yang Allah perintahkan. Melainkan juga sebagai jalan untuk memperoleh kemudahan, keselamatan dalam hidup dan juga rezeki yang mengalir. Begitu luar biasa ganjaran yang kita terima saat dalam hidup berbakti kepada orang tua.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa’ Ayat 36

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY