Benarkah Surat Al-Ikhlas Sama dengan Sepertiga Al-Quran?

0
38
Al-Ikhlas Sama dengan Sepertiga Al-Quran

Al-Ikhlas Sama dengan Sepertiga Al-Quran – Salah satu surat dalam Al-Qur’an yang paling populer adalah Al Ikhlas. Karena hanya terdiri dari 4 ayat, setiap muslim tidak akan kesulitan menghapalnya. Tak heran jika Al Ikhlas termasuk salah satu surah favorit sehingga kerap menjadi bacaan ketika shalat. Katanya, surah ini sama dengan 1/3 Al Qur’an. Benarkah demikian?

Hadits Tentang Surat Al-Ikhlas Sama dengan Sepertiga Al-Quran

 أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَقْرَأَ فِي لَيْلَةٍ ثُلُثَ الْقُرْآنِ ‏” قَالُوا : وَكَيْفَ يَقْرَأْ ثُلُثَ الْقُرْآنِ ؟ قَالَ : ” قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ تَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

“Apakah salah seorang di antara kalian merasa lemah membaca sepertiga Al-Qur’an dalam satu malam? Para sahabat bertanya: Bagaimana kami sanggup melakukannya? Rasulullah berkata: Qul huwallahu ahad (surat Al-Ikhlas) adalah sepertiga Al-Qur’an.” (1)

Dari hadits inilah awal mula surat ini menjadi sangat populer sebagai sepertiga dari Al-Qur’an. Itulah kenapa banyak orang yang sering membaca surah ini, baik di dalam maupun di luar shalat. Sobat Cahaya Islam juga bisa sering-sering membacanya setiap hari, tanpa mengesampingkan surat-surat lainnya.

Apa Maksudnya?

Lalu, apa maksud bahwa surah Al Ikhlas merupakan sepertiga dari Al Qur’an? Padahal, kita semua tahu bahwa Al-Qur’an terdiri dari ribuan ayat sedangkan Al Ikhlas hanya 4 ayat saja. Hadits di atas menunjukkan keutamaan dari surah ini.

Sebagai informasi, Al-Qur’an memuat tauhid, berita, dan hukum. Melihat makna dan isi kandungannya, surat Al Ikhlas memang berisi salah satu daru tiga hal tersebut, yakni membahas tentang tauhid. Pasalnya, seluruh ayat dalam surah ini menjelaskan keesaan Allah sebagai Tuhan kita semua.

Itulah kenapa Rasulullah menyebut surah ini sebagai sepertiganya Al Qur’an. Tentu saja, Maksudnya adalah secara makna atau isi kandungan, bukan sisi yang tertulis di dalamnya.

Keutamaan Surah Al Ikhlas

Begitu besar keutamaan dari surat yang satu ini, sampai-sampai orang yang mencintainya akan menjadi penghuni surga, sebagaimana hadits berikut:

 إِنَّ رَجُلًا قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أُحِبُّ هَذِهِ السُّورَةَ: (قُلْ هُوَ الله أحد) قَالَ: إِنَّ حُبَّكَ إِيَّاهَا أَدْخَلَكَ الْجَنَّةَ “. رَوَاهُ التِّرْمِذِيّ وروى البُخَارِيّ مَعْنَاهُ

“Ada seorang lelaki berkata: Wahai Rasulullah, sungguh aku mencintai surah ini (Qul huwallahu ahad). Rasulullah bersabda: Sungguh dengan mencintainya akan memasukkanmu ke surga.” (2)

Tentu saja, kita harus mencintai seluruh surat dan ayat dalam Al-Qur’an. Namun, surah Al-Ikhlas memiliki keistimewaan tersendiri yang membuat siapapun yang mencintainya masuk surga. Jika sobat Cahaya Islam mencintai surah ini, jangan lupa untuk membacanya setiap hari dan mengimani setiap ayatnya.


Referensi:

(1) Sahih Muslim 811

(2) Mishkat al-Masabih 2130

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY