Bagaimana Cara Self Love dalam Psikologi islam?

0
34
Bagaimana Cara Self Love dalam Psikologi islam

Cara self love – Sering nggak sih sobat cahaya islam kedapatan postingan di sosmed atau berita tentang pentingnya Self love? di era sekarang hal itu sudah kayak menjadi sebuah hal yang dibagikan secara masif nggak sih? – Nah sebagai seorang muslim yang ingin selalu melakukan integrasi pada hal apapun dalam jalan syariat islam dalam kehidupan islami kita. Mungkin muncul pertanyaan nggak sih? Gimana ya cara self love yang sejalan dengan jalan islam itu?

Nah kali ini tim cahaya islam akan ulas sedikit beberapa cara serta penjelasan soal self love islami itu sendiri dengan landasan Al Quran tentunya. Yuk simak!

Bersyukur dan Menyadari Segala Anugerah dari Allah adalah fondasi utama cara self love islam

Dalam surat Ar rahman yang dimulai dari ayat ke – 13, Allah terus mengingatkan kita dengan sebuah statement sederhana lho, tentang bersyukur.

فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Ayat itu sebenernya sudah cukup banget jadi landasan bahwa menjadi orang yang bersyukur atas segala hal yang Allah berikan kepada kita adalah suatu hal yang penting. Dan kami yakin itu merupakan satu landasan self – love yang paling powerful dalam islam. Gimana enggak, lha wong ayat dengan statement yang sama muncul hingga 31 kali dalam surat tersebut.

Menjaga Diri dari segala hal yang mengarahkanmu pada api neraka

Cara self love islam yang paling betul, selain dimulai dari bersyukur atas semua nikmat dan anugerah Allah adalah dengan menyadari bahwa di penghujung akhir hidup kita, kita akan dihadapkan pada dua pilihan tempat: Surga atau neraka.

Jadi salah satu bentuk self – love yang hakiki sebagai orang islam yang sejati adalah menjaga diri dari segala hal yang bisa menyebabkan kita merasakan api neraka. Hal ini sudah dijelaskan pada surat at Tahrim ayat 6 lho:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Dari ayat itu jelas sungguh dikatakan bahwa kita harus menjaga diri kita dan keluarga kita dari api neraka. Dimana neraka itu memiliki kobaran api dari bahan bakar manusia dan bebatuan. Cara self love yang paling penting adalah itu sih.

***

Mencintai diri sendiri memang adalah suatu hal baik dan sehat untuk dilakukan untuk mental kita. Namun bukan berarti kita harus berlebih dalam melakukannya. Dengan ulasan artikal tim cahaya islam kali ini semoga bisa memberikan sedikit cue atau petunjuk baik agar bisa sobat cahaya islam semua gunakan untuk mempraktikkan cara self love yang sesuai dengan ajaran islam yang tepat. Sehingga harapannya hal itu bisa memberikan berkah yang tak terhingga untuk kita sebagai umat islam yang beriman kepada Allah. Semoga bermanfaat yaa!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!