3 Amalan Waktu Subuh yang Sayang Dilewatkan

0
323
Amalan waktu subuh

Amalan waktu subuh – Salat subuh menjadi salah satu salat fardhu yang memiliki banyak keutamaan. Setelah selesai menjalankan salat subuh, Sobat cahaya Islam sebaiknya jangan langsung tidur lagi.

Waktu setelah Subuh memiliki banyak keistimewaan yang apabila diisi dengan ibadah lain akan memberikan pahala yang sangat besar.

Amalan Waktu Subuh yang Tidak Boleh Dilewatkan

Orang-orang Soleh biasanya akan memanfaatkan waktu setelah salat subuh dengan berbagai macam amalan. Terdapat tiga amalan waktu subuh yang sangat sayang dilewatkan oleh setiap muslim.

1. Berdzikir

Amalan waktu subuh pertama yang bisa dilakukan setelah selesai melakukan sholat subuh adalah berdzikir kepada Allah. Amalan ini merupakan amalan ringan namun bisa memperberat timbangan di akhirat. Sibat cahaya Islam bisa langsung mengamalkan dzikir setelah sholat seperti biasa.

Selain itu juga bisa menambahkan dzikir khusus yang memang sangat dianjurkan setelah sholat shubuh. Salah satu bacaan dzikir terbaik setelah sholat shubuh adalah:

: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ, يحيي ويميت, وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

 Laa ilaha illallahu wahdahu laa Syarika lah, Lahul Mulku wa Lahul hamdu, Yuhyii wa Yumiitu, wa Huwa ‘ala Kulli Syai-in Qodiir.

Artinya: “Tiada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dialah Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu.”

Keutamaan dari dzikir di atas adalah mampu menghapuskan 10 dosa, dituliskan 10 kebaikan, dan di hari tersebut akan dijauhkan dari hal-hal yang tidak disenangi dan terhindar dari gangguan setan.

Jadi, apabila sobat cahaya Islam ingin di hari tersebut terhindar dari perbuatan dosa dan dihapuskan kesalahannya, bacalah dzikir tersebut sebanyak 10 kali.

2. Membaca shalawat

Selanjutnya, amalan waktu subuh lainnya adalah membaca sholawat. Terdapat sebuah bacaan sholawat yang memiliki keutamaan luar biasa. Bacaan sholawat yang sebaiknya di lafalkan setelah salat subuh adalah sebagai berikut:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Innallaha wamala ikatahu yushollu na ‘alan Nabi, ya ayyuhal ladzi na’amanu shollu ‘alaihi wassallinu taslima.

Artinya:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,” (Alquran Surat Al-Ahzab ayat 56).

Lalu baca ‘allahumma shollu alaih’ sebanyak 100 kali.

Bacaan sholawat ini memang sebaiknya dilakukan setelah salat Subuh dan salat magrib. Apabila rutin dilakukan, insya Allah akan mendapatkan syafaat nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam serta 100 hajatnya akan dikabulkan oleh Allah.

100 hajat tersebut merupakan 70 hajat akhirat dan 30 hajat dunia. Sholawat merupakan salah satu amalan yang pasti diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Semakin banyak bershalawat kepada nabi Muhammad, Sobat cahaya Islam juga akan semakin dekat dengan nabi Muhammad SAW di akhirat nanti.

3. Membaca Alquran

Waktu subuh merupakan waktu dibagikannya rezeki bagi seluruh makhluk. Jadi setelah salat subuh, hendaknya sobat cahaya Islam jangan tidur kembali. Isilah waktu tersebut dengan amalan di waktu subuh termasuk membaca Alquran.

Membaca Alquran setelah Subuh memiliki manfaat yang luar biasa. Salah satu surat yang bagus jika dibaca setelah Subuh adalah surat Al- waqiah. Surat ini merupakan surat untuk memperlancar rezeki. Selain itu, ada banyak keutamaan lain dari surat waqiah tersebut.

“Barangsiapa membaca surat al-Wâqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya” HR. al-Hârits bin Abu Usâmah/kitab Musnad-nya, no. 178.

Apabila sobat cahaya Islam merasa rezekinya kurang lancar, dengan rutin melakukan amalan ini insya Allah akan lebih murah rezeki. Selain membaca surat waqi’ah, Sobat cahaya Islam juga bisa membaca surat lain.

Masih ada banyak amalan lain yang bisa dilakukan setelah Subuh. Beberapa contoh amalan lain yang juga sangat dianjurkan adalah seperti salat syuruq, membaca doa pagi dan petang, serta yang lainnya.

Demikianlah beberapa Amalan waktu subuh yang bisa dilakukan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan sobat cahaya Islam serta semakin mendapatkan diri kepada Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY