Amalan Bulan Muharram, Apa Saja?

0
50
amalan bulan Muharram

Amalan Bulan Muharram – Sobat Cahaya Islam, adakah amalan bulan Muharram yang bisa kita lakukan?

Mendapati Bulan Muharram adalah sebuah kenikmatan tersendiri bagi seorang Mukmin. Mengapa demikian?

Sebab bulan ini disebut-sebut sarat akan pahala dan menjadi ladang beramal bagi orang yang ingin bersungguh-sungguh demi mempersiapkan bekal di hari esok.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa”. (Q.S. at-Taubah/ 9: 36).

Kita bisa memulai sebuah awal dari tahun ini dengan ketaatan, iman dan takwa, serta keteguhan Islam dalam hati. Sehingga bisa melangkah menapaki arah masa depan dengan lebih baik lagi dibandingkan bulan kemarin.

Ada salaf yang mengungkapkan bahwa tiga macam sepuluh hari yang memiliki keutamaan sangat besar. Yakni pada saat terakhir di bulan Ramadhan, pada saat pertama di bulan Dzulhijjah dan Muharram.

Amalan Bulan Muharram yang Wajib Kita Ketahui

lalu, apa saja amalan di bulan Muharram yang sunnah untuk dilakukan? Demikian ulasannya.

1.      Puasa

amalan bulan Muharram

Ada puasa yang paling afdhal setelah puasa wajib Ramadhan, yakni puasa-puasa sunnah di bulan Muharram.

 أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163).

Oleh sebab itu kita kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan puasa di bulan ini, utamanya adalah ketika hari As-Syura (10 Muharram).

Akan tetapi, kita dilarang berpuasa sunnah secara penuh di bulan Muharram. Hal ini dikarenakan Rasulullah SAW tidak pernah melakukan puasa sebulan penuh kecuali pada saat bulan Ramadhan.

2.      Memperbanyak Amalan Baik

Selanjutnya, apabila kita melakukan perbuatan dosa maka akan pula dibalas dengan dosa yang lebih besar. Begitu pula sebaliknya, jika kita melakukan amalan yang baik maka Allah SWT pasti akan memberikan pahala yang besar pada kita.

Hal ini sebagai bentuk kasih sayang serta kemurahan hati Allah SWT kepada kita seluruh hambaNya.

Melakukan kebaikan yang tidak bisa dikiaskan dengan kata-kata adalah menjadi salah satu keutamaan yang amat besar. Sesungguhnya Allah adalah sebagai pemberi nikmat, pemberi berkah bagi siapapun yang Dia kehendaki.

Tidak ada satu pun makhluk yang mampu menentang kuasaNya atau menolak keutamaan yang telah diberikan.

3.      Bertaubat

amalan bulan Muharram

Bertaubat merupakan salah satu amalan sunnah yang bisa kita lakukan pada saat menginjak bulan mulia Muharram. Taubat artinya kembali kepada Allah SWT dari berbagai hal yang dibenci untuk menuju pada perkara yang Dia senangi.

Bertaubat juga sebagai wujud kita sebagai hamba telah menyesali dosa-dosa yang pernah kita perbuat di waktu-waktu sebelumnya. Lalu kita meninggalkannya dan bertekad tidak akan mengulanginya lagi di sisa usia yang kita miliki.

Taubat adalah tugas seorang Mukmin seumur hidup. Yang mana berarti kita berkewajiban untuk segera bertaubat apabila sengaja maupun tidak terjatuh pada lembah dosa.

Tentu tanpa pernah berniat menunda-nundanya karena kita tidak sekali pun tahu kapan ajal akan menjemput. Maka sebaiknya menghindari semaksimal mungkin dengan cara menjaga diri membatasi hal-hal buruk yang bisa saja mengecoh kita untuk melakukan dosa yang besar.

Perbuatan dosa selalu mendorong kita untuk mengerjakan perbuatan dosa yang lain, sehingga kita lalai akan kebaikan yang wajib kita tunaikan.

Maka dari itu, jika kita saat ini masih memiliki kesempatan untuk kembali ke pelukan Allah SWT, segeralah bertaubat.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai apa saja amalan bulan Muharram yang sunnah dilakukan menurt ajaran Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY