Penembakan di Cengkareng Dilakukan dalam Kondisi Mabuk-Inilah Bahaya Miras dalam Islam!

0
41

Penembakan di Cengkareng – Tepat pada hari Kamis dini hari, kawasan Cengkareng Jakarta dikagetkan dengan insiden penembakan. Kabarnya Penembakan di Cengkareng dilakukan salah seorang anggota kepolisian.

Kabarnya, pelaku enggan membayar tagihan yang disodorkan pegawai kafe hingga akhirnya mengeluarkan senjata api. Alhasil, empat orang tertembak di tempat, 3 diantaranya meninggal dunia dan sisanya dirawat di rumah sakit.

Berdasar informasi, pelaku melakukan penembakan dalam kondisi mabuk. Hal ini tentunya amat mengecewakan. Seorang polisi yang hendaknya mengayomi, malah membuat onar yang amat meresahkan dan meninggalkan luka pada beberapa orang. Hal ini sebagai salah satu bukti betapa berbahayanya minuman keras yang dapat mendorong seseorang pada perbuatan keji.

Bahaya Miras dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, apa yang dilarang dalam Islam tentunya memberikan kebaikan kepada setiap umatnya. Hal ini sebagai salah satu bentuk kasih sayang Allah SWT kepada setiap hamba-Nya.

Salah satu hal yang Islam ajarkan yakni senantiasa mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal. Sebaliknya, untuk menghindari apa yang diharamkan untuk dikonsumsi, salah satunya konsumsi minuman keras.

Berbagai bahaya bisa timbul akibat konsumsi miras. Oleh karena itu, baik dari segi agama maupun hukum Negara, miras amat dilarang untuk dikonsumsi. Mengingat banyaknya bahaya yang bisa merugikan konsumennya. Di antara bahaya yang bisa timbul yakni sebagai berikut.

1.   Dilaknat Allah SWT

Seseorang yang mengkonsumsi minuman keras secara sengaja akan dilaknat Allah SWT. Hal ini merupakan kerugian dan bahaya yang amat besar. Oleh karena itu, Sobat Cahaya Islam hendaknya menjauhi apa yang dilarang dalam Islam, sehingga terhindar dari azab yang Allah SWT berikan.

Rasulullah SAW bersabda:

عن أَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ قَالَ لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْخَمْرِ عَشْرَةً عَاصِرَهَا وَمُعْتَصِرَهَا وَشَارِبَهَا وَحَامِلَهَا وَالْمَحْمُولَةُ إِلَيْهِ وَسَاقِيَهَا وَبَائِعَهَا وَآكِلَ ثَمَنِهَا وَالْمُشْتَرِي لَهَا وَالْمُشْتَرَاةُ لَهُ

“Dari Anas bin Malik, dia berkata, “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat sepuluh golongan dengan sebab khamr: orang yang memerasnya, orang yang minta diperaskan, orang yang meminumnya, orang yang membawanya, orang yang minta diantarkan, orang yang menuangkannya, orang yang menjualnya, orang yang makan hasil penjualannya, orang yang membelinya, dan orang yang minta dibelikan.” [HR. Tirmidzi, no. 1295; Syaikh al-Albani menilai hadits ini Hasan Shahîh”]”

2.   Hilangnya Keimanan 

Konsumsi minuman keras atau pun yang diharamkan lainnya akan membuat seseorang kehilangan iman dalam diri. Keimanan yang hendaknya diperkuat malah dibinasakan dengan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa mereka yang berzina atau pun meminum khamr, tidak akan melakukannya dalam keadaan beriman.

3.   Merusak Akal dan Pikiran

Selanjutnya, bahaya lainnya yakni akal dan pikiran menjadi rusak. Dengan mengkonsumsi apa yang diharamkan, seperti khamr, maka sama halnya merusak akan dan pikiran diri sendiri.

Hal ini terbukti pada kasus Penembakan di Cengkareng. Kondisi mabuk membuat seseorang hilang akal sehingga bisa melakukan penembakan hingga menelan korban jiwa.

4.   Termasuk Perbuatan Keji

Mengkonsumsi minuman keras termasuk perbuatan keji. Setiap perbuatan keji serupa dengan perbuatan yang dilakukan syaitan. Oleh karena itu, Sobat Cahaya Islam senantiasa menjauhinya guna mendapatkan keberuntungan dari Allah SWT. Hal ini dijelaskan secara tegad dalam firman Allah SWT, tepatnya dalam surat Al-Maidah ayat 90.

5.   Kesehatan Menjadi Rusak

Selain itu, mengkonsumsi miras dapat menimbulkan kerusakan pada tubuh. Beragam penyakit bisa timbul akibat miras yang dikonsumsi, seperti penyakit kanker, asam urat, demensia, gangguang pencernaan dan sebagainya.

Hal ini sebagai salah satu bukti apa yang dilarang dalam syariat Islam merupakan kebaikan bagi setiap umatnya, guna terhindar dari ragam penyakit yang timbul akibat minuman keras.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah beberapa bahaya miras dalam Islam. Penembakan di Cengkareng sebagai salah satu bukti betapa membahayakannya minuman memabukkan. Semoga, senantiasa diberikan istiqomah untuk beribadah dalam meningkatkan iman dan taqwa. Aamiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY