Keutamaan Puasa Asyura, Hapuskan Dosa Selama Satu Tahun Penuh

0
271
keutamaan puasa Asyura

Keutamaan Puasa Asyura – Banyak sekali ibadah yang bisa umat islam jalankan di bulan Muharram, salah satunya puasa Asyura. Apalagi, ada berbagai keutamaan puasa Asyura yang bisa dirasakan oleh umat islam.

Bulan Muharram adalah salah satu dari 4 bulan yang istimewa dalam pandangan islam. Tak mengherankan ada anjuran umat islam untuk memperbanyak amal salih.

Mengetahui Keutamaan Puasa Asyura

Di bulan Muharram, terdapat hari-hari tertentu yang begitu mulia dalam islam, salah satunya 10 Muharram. Di hari itu, banyak sekali amal salih yang bisa umat islam kerjakan, seperti berpuasa.

Nabi Muhammad SAW menjalankan ibadah puasa sunnah pada tanggal 10 Muharram sebagai rasa syukur kepada Allah SWT. Adapun rasa syukur tersebut yakni terhadap peristiwa penting untuk nabi dan rasul terdahulu.

Ibadah puasa satu ini kemudian disebut sebagai puasa Asyura. Karena menjadi ibadah puasa yang nabi jalankan, tak heran banyak keutamaan puasa Asyura.

Lantas kapan puasa Asyura bisa umat islam jalankan? Jika tanggal 1 Muharram jatuh tepat di 19 Juli 2023, maka puasa Asyura jatuh di 28 Juli 2023 mendatang.

Pasalnya 28 Juli 2023 mendatang bertepatan dengan tanggal 10 Muharram dalam kalender Hijriyah.

Bacaan Niat Puasa Asyura

Sobat Cahaya Islam, karena keutamaan puasa Asyura sangat banyak, maka Sobat bisa menjalankan ibadah puasa sunnah tersebut di rumah. Namun untuk menjalankan ibadah puasa Asyura, Sobat harus membaca niat terlebih dahulu.

Untuk bacaan niat ibadah puasa Asyura sendiri yaitu:

 نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُورَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Âsyûrâ-a lilâhi ta’âlâ.

Artinya, “Saya niat puasa Asyura karena Allah ta’âlâ”

Tak hanya niat di dalam hati, sunnah hukumnya bagi Sobat mengucapkannya dengan niat. Seperti puasa sunnah lainnya, niat puasa Asyura bisa Sobat lakukan sejak malam hari sampai siang sebelum masuk zawal.

keutamaan puasa Asyura

Sobat bisa membaca niat tersebut selama belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar. Dengan begitu, besar harapan puasa Sobat diterima oleh Allah SWT dan menjadi amal salih.

Apa Saja Keutamaan Menjalankan Ibadah Puasa Asyura?

Untuk memperkuat niat puasa Asyura, Sobat Cahaya Islam bisa membaca sejumlah keutamaan dari ibadah sunnah tersebut di bawah ini.

1.       Terhapusnya Dosa Satu Tahun Lalu

Keutamaan pertama dari ibadah puasa Asyura yaitu terhapusnya dosa satu tahun lalu. Dosa Sobat semua sangatlah banyak dari dahulu hingga sekarang.

Karena itu, tidak ada salahnya bagi Sobat untuk mengurangi dosa tersebut dengan menjalankan ibadah puasa Asyura. Nabi Muhammad SAW bersabda:

صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Puasa ‘Asyura aku memohon kepada Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu”.[HR.Muslim: 1162]

2.       Bentuk Rasa Syukur Terhadap Allah

Di tanggal 10 Muharram, merupakan saat Allah SWT menyelamatkan Bani Israil. Karena itu, Nabi Musa dahulu berpuasa sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT.

keutamaan puasa Asyura

Ini sebagaimana yang tertuang dalam:

Ibnu Abbas berkata: “Nabi tiba di Madinah dan dia mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa A’syuro. Nabi bertanya: “Puasa apa ini?” Mereka menjawab: “Hari ini adalah hari yang baik, hari dimana Allah telah menyelamatkan Bani Israil dari kejaran musuhnya, maka Musa berpuasa sebagai rasa syukurnya kepada Allah. Dan kami-pun ikut berpuasa. Nabi berkata: “Kami lebih berhak terhadap Musa daripada kalian”. Akhirnya Nabi berpuasa dan memerintahkan manusia untuk berpuasa juga”.[HR.Bukhari: 2004, Muslim: 1130]

Sobat juga bisa menjalankan ibadah tersebut untuk menunjukkan rasa syukur atas semua nikmat Allah SWT.

3.       Menjadi Puasa Paling Afdhol

Puasa Asyura adalah ibadah puasa yang paling afdhol sesudah puasa Ramadan. Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

“Puasa yang paling afdhol setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al-Muharrom.”[HR.Muslim: 1163]

Sobat Cahaya Islam, begitu banyaknya keutamaan puasa Asyura yang bisa Sobat rasakan. Semoga Sobat semua sentiasa diberi kemudahan untuk menjalankannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY