Kata Kata Bijak Islami dari Hadits Rasulullah

0
2353

Kita mungkin sering mendengar kata-kata bijak baik dari orang tua, teman, motivator, ataupun di dunia maya. Kata-kata bijak biasanya terdengar simpel tapi sangat indah. Selain itu, kata-kata bijak juga membuat kita berintropeksi diri. Itulah kenapa kata-kata bijak buka hanya menjadi motovasi tetapi juga nasehat yang baik. Tapi, tahukah kamu kalau banyak sekali hadits Rasulullah yang juga kata-katanya indah dan menjadi kata-kata bijak? Kami sajikan beberapa contoh kata bijak Islami yang diambil dari beberapa hadits Rasul karena kita sebagai umat Islam harus saling menasehati seperti dalam hadits berikut:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ، وَقُتَيْبَةُ، وَابْنُ، حُجْرٍ قَالُوا حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ، – وَهُوَ ابْنُ جَعْفَرٍ – عَنِ الْعَلاَءِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏”‏ حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ ‏”‏ ‏.‏ قِيلَ مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ ‏”‏ إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ ‏

“Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam: bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam, bila ia memanggilmu penuhilah, bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah, bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah, bila dia sakit jenguklah dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya).” (H.R. Muslim)

Kata Bijak Islami tentang Harta

Berbicara masalah harta memang sangat menarik. Faktanya, banyak sekali di antara kita yang lali karena harta. Kata bijak Islami ini kami ambil dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ya’la, yang berbunyi: “Sedikit tapi mencukupi itu lebih baik daripada banyak tapi melalaikan.” Kata-kata tersebut simpel tapi sangat mendalam artinya yang mana Rasulullah menyuruh kita untuk selalu mensyukuri nikmat dan rahmat yang telah Allah berikan kepada kita meskipun sedikit. Karena banyak sekali orang-orang yang ingin memiliki harta melimpah namun mereka tidak bisa menjaganya dan akhirnya harta tersebut menjauhkan dirinya dari jalan Allah. Mudah-mudahan kita bisa mengambil pelajaran dari kata-kata bijak Islami ini.

Kata Bijak Islami Tentang Beragama

Sebagai umat Islam, kita tentu meyakini bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci bagi kita semua. Tapi, berapa kali kita membaca Al-Quran dalam sehari? Seberapa fahamkah kita tentang apa yang ada dalam Al-Qur’an? Pertanyaan ini tentu sangat menyinggung umat Islam terutama pada masa kini yang mana kebanyakan dari kita hanya Islam KTP, tanpa punya keinginan mendalami Al-Qir’an. Itulah kenapa Rasulullah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori yang berbunyi: “Sebaik-baik kamu adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya.” Jika membaca saja jarang, bagaimana kita mau memahaminya? Jika berusaha memahaminya saja tidak pernah, bagaimana kita bisa mengamalkannya? Mudah-mudahan kata bijak Islami ini membuat kita sadar akan pentingnya memahami Al-Qur’an.

Kata Bijak Islami Tentang Berperilaku

 ‏ “‏ كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ ‏”

Manusia adalah tempat salah dan lupa. Namun, banyak di antara kita yang tak menyadarinya. Bahkan, ketika sudah menyadari berbuat salah, kita juga sering tak menyesalinya atau bertaubat. Kata-kata bijak Islam ini menyinggung orang-orang yang demikian. Diambil dari hadits yang diriwayatkan Ibnu Majjah 4251, Rasulullah bersabda: “Setiap manusia itu banyak berbuat salah, dan orang terbaik di antara mereka adalah yang bertaubat.” Belajar dari kata bijak Islami tersebut, kita seharusnya lebih berhati-hati lagi dalam bersikap dan berperilaku. Kita juga harus bertaubat karena setiap manusia pasti pernah berbuat salah.

Kata Bijak Islami Tentang Berucap

Kejujuran sangatlah penting. Namun, saat ini kejujuran sangat mahal harganya dan dapat dibeli dengan uang. Kondisi inilah yang terjadi sekarang di mana banyak sekali orang-orang berkata bohong. Padahal, Rasulullah berkata: “Katakanlah yang sebenarnya (haq)walau pahit sekalipun!” Kata bijak Islami ini diambil dari hadits riyawat Ibnu Hibban. Mudah-mudahan bisa menasehati kita semua untuk senatiasa selalu berkata jujur.

Kata Bijak Tentang Wanita Solihah

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Salah satu ciri wanita solihah adalah menutup aurat. Namun, banyak sekali wanita yang mengumbar auratnya tanpa rasa malu. Padahal, dalam Islam wanita sangat dihormati hingga diibaratkan sebagai sebuah perhiasan. Seperti kata bijak Islami yang diambil dari hadits riwayat Muslim berikut: “Wanita adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita solihah”. Jadi, jika anda ingin menjadi sebaik-baiknya perhiasan, maka anda harus menjadi wanita solihah dan salah satunya adalah dengan menutup aurat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!