Anda Mengaku Wanita Muslimah yang Cantik Jelita? Checklis 3 Hal Ini Dulu Dong!

0
2198

Definisi dari kecantikan dan kejelitaan seorang wanita itu relatif – itulah satu quote yang sering dielu-elukan oleh banyak orang. Relatif disini memang sarat dengan banyak sekali syarat, terlebih lagi pandangan setiap orang tentang bagaimana sih cantik itu berbeda-beda versinya. Dalam kehidupan manusia, banyak sekali sudut pandang yang bisa dipakai dalam memberikan penilaian cantik pada diri seorang wanita, salahsatunya adalah dengan mengambil sudut pandang islam.

Nah, jika anda mengaku sebagai wanita muslimah yang cantik jelita, maka sobat Cahayaislam harus tahu dong bagaimana sih kriteria cantik dalam pandangan islam itu sendiri? Yang pasti kriteria-kriteria cantik tersebut akan tim Cahayaislam ulas dengan pendekatan-pendekatan dari dua pedoman wajib orang islam yang beriman, yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Yuk kita simak bersama! Boleh sambil dichecklist deh apakah sobat Cahayaislam sudah memiliki kriteria-kriteria tersebut.

Di Al-Qur’an dan Al-Hadits tidak ada tuh kriteria cantik dari aspek fisik!?

Well, dalam kajian Al-Qur’an yang tim Cahayaislam lakukan, tim tidak menemukan tuh kriteria kecantikan yang didasarkan dari aspek fisik seseorang. Bahkan Allah SWT tidak peduli terhadap hal itu, seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Ahmad dan Muslim yang mengatakan bahwasanya Allah tidak melihat (tidak peduli) dengan harta maupun rupa kalian, namun Allah lebih melihat pada Amal dan hati kalian.

Jadi sebenarnya, arti cantik dalam sudut pandang islam bukanlah cantik seperti para artis-artis sinetron atau bintang iklan kosmetik dan pemain drama Korea yang melakukan operasi plastik. Namun, kecantikan yang hakiki menurut islam adalah kecantikan maknawi yang dalam penjelasannya merupakan kecantikan akhlak atau yang banyak orang bilang dengan istilah inner beauty. Tolok ukur utama dari kecantikan seorang muslimah adalah dari tingkat kesholehaannya. Lalu apa saja kecantikan maknawi yang bertumpu pada level solehahnya seorang Muslimah yang diterangkan dalam islam?

  • Wanita yang selalu menjaga kehormatannya

Masalah menjaga kehormatan ini adalah hal yang krusial, dan tentunya menjadi salah satu aspek penting untuk memberikan label soleha atau tidak kepada seseorang. Banyak sekali firman Allah dalam Al-Qur’an dan sabda Rasulullah tentang hal ini baik dalam bentuk ancaman dan larangan, pahala dan manfaat menjaga kehormatan, dan petuah-petuah tentang betapa pentingnya menjaga kehormatan. Islam adalah agama yang menghormati wanita. Jadi bila anda ingin mendapatkan kriteria cantik dalam islam, maka tanyakan diri anda seberapa baik anda menjaga kehormatan anda?

  • Wanita yang mempunyai sikap malu

Bisa dikatakan bahwa sikap malu, merupakan salah satu akhlak yang sangat dianjurkan dalam islam. Selain karena sifat malu adalah salah satu cabangnya iman, memiliki sifat malu juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW bahkan tidak hanya kepada kaum hawa, namun juga kepada para pria. Allah sendiri telah mengisyaratkan sifat malu sebagai sifat yang dimiliki oleh wanita Soleha dari salah satu cerita pertemuan dua orang perempuan menemui Nabi Musa dalam surah Al-Qasas. Diterangkan dalam surah itu bahwa kedua perempuan tersebut menemui nabi musa dengan malu-malu (sifat malu).

  • Wanita yang Ta’at

Dalam banyak hadits yang diriwayatkan dalam kutubusittah, ada banyak sekali hadits yang menerangkan kewajiban-kewajiban seorang muslimah yang sholiha. Salah satu yang paling sering disebutkan adalah kewajiban ta’at yang erat kaitannya dengan tingkat kesholehahan seorang wanita muslim. Wanita yang sholeha adalah dia yang ta’at kepada Allah Rasul dan kepada Suaminya. Dalam Al-Quran surah At-Tahrim juga dijelaskan bahwa mereka para wanita yang sholeha didefinisikan dalam kata Qanitat, yang bermakna wanita-wanita yang ta’at.

Bagaimana sobat muslimah Cahayaislam? Sudahkah anda memenuhi kriteria-kriteria tersebut? Semoga artikel ini bisa menjadi bahan introspeksi diri, tidak hanya untuk mendapatkan rahmat dan surga Allah, namun juga untuk menjadi wanita sholeha yang memenuhi semua kriteria cantik dalam sudut pandang islam. Bukankah wanita sholiha adalah sebaik-baiknya perhiasan? (Hadits Riwayat Muslim).

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!