Sssst… Ini Lho Cara Supaya Bisa Beribadah Penuh selama Full 24 Jam Sehari?

0
740

Sahabat Cahayaislam yang diridhoi oleh Allah tentu pernah dong bertanya pertanyaan sebenarnya Allah membuat kita terlahir di dunia ini untuk apa sih? – Nah, terkait dengan pertanyaan itu, sebagai orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah serta berpegang teguh kepada Al Quran dan Sunnah Rasulullah, maka jawaban kita pastilah sudah jelas. Yakni untuk beribadah kepada Allah.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan Aku (Allah) tidak menciptakan jin dan manusia terkecuali dengan tujuan agar mereka beribadah kepadaKu

Pada kenyataannya banyak dari kita melupakan tujuan Allah menciptakan kita

Meski sudah secara gamblang dijelaskan dalam surat Adz Zariyat 56 diatas bahwasanya kita diciptakan oleh Allah tidak lain dan tidak bukan hanya untuk beribadah dan menyembah kepadanya. Kita masih saja selalu lalai. Bahkan melupakan Allah dengan sengaja. Banyak alasan kita layangkan entah itu alasan karena kita sibuk, alasan karena kita lupa, alasan karena kita sakit dan banyak lagi.

Semua itu hanyalah hawa nafsu yang merenggut semangat kita untuk selalu mengingat hakikat utama hidup kita di dunia ini. Hawa nafsu yang mengalihkan pandangan kita tentang kekalnya akhirat menuju keindahan-keindahan dunia yang sebenarnya fana. Kita terlena dengan hal-hal berbau duniawi dan bahkan mengorbankan cinta Allah kepada kita. Kita lupa akan kewajiban-kewajiban kita kepada Allah, dan itu adalah suatu hal yang sangat buruk.

Lalu bagaimana kita bisa selalu ingat akan kewajiban kita sebagai hambaNya untuk beribadah kepadanya? Apa yang harus dilakukan agar selalu ingat kepadaNya walaupun disisi lain kita memiliki kesibukan yang sangat ekstrim? – Tenang, ada satu jalan menakjubkan yang bisa dijadikan solusi! Bahkan solusi ini bisa membuat anda tetap bisa beribadah kepada Allah walaupun anda memiliki kesibukan yang sangat padat. Bahkan tidak tanggung-tanggung! Anda bisa beribadah kepada Allah dengan full 24 jam!

Melandasi kesibukan kita dengan niyat mukhlis karena Allah

Solusi agar kita bisa beribadah full kepada Allah disetiap detik hari-hari kita adalah dengan melandasi aktifitas kita dengan niyat mukhlis karena Allah. Beribadah kepada Allah itu memiliki arti yang sangat luas. Hal itu tidak terbatas pada amalan-amalan pasti seperti sholat, berpuasa, zakat dan lainnya. Namun lebih universal kedalam banyak aspek kehidupan. Namun kuncinya adalah dengan melandasi segala hal yang kita lakukan dengan niyat mukhlis karena Allah. Dengan begitu segala hal yang kita lakukan menjadi perwujudan ibadah kita kepada Allah.

Melandasi segala hal yang kita lakukan dengan niyat karena Allah ini bukan berarti memberikan sebuah pembenaran tentang jika anda melakukan maksiyat maka tidak dosa bila dilandasi niyat karena Allah, atau memberikan alasan bagi anda untuk meninggalkan ibadah wajib karena kesibukan anda dengan pemikiran anda tidak berdosa meninggalkan itu karena kesibukan anda adalah ibadah karena dilandasi dengan niyat karena Allah. Itu salah kaprah!

Segala hal yang kita lakukan (selama itu tidak melanggar aturan Allah Rasul) bisa menjadi ibadah bila kita landasi dengan niyat karena Allah. Hal yang harus kita lakukan adalah membuat output atas kegiatan yang kita lakukan menuju pada ridho Allah. Misalnya anda bekerja keras dengan output supaya nanti ketika mendapatkan banyak uang, anda bisa ikut serta andil dalam pembangunan masjid atau yang lainnya.

Lalu bagaimana dengan tidur? – tentu bisa! Kita hanya perlu memfokuskan output kita. Contohnya saja kita pergi tidur dengan niyat karena Allah, dengan output supaya badan kita tetap sehat agar bisa lancar dalam beribadah. Bukankah bila kita senantiasa melakukan hal itu disetiap kesempatan, maka bahkan kita bisa full beribadah kepada Allah selama 24 jam? – Semoga bermanfaat ya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!