Tekad Menjadi Orang yang Lebih Baik, Pentingkah??

0
958

Ada perkataan, “banyak yang ingin berubah, tetapi hanya sedikit yang belajar cara berubah”. Sahabat yang dimuliakan Allah, perkataan ini bukanlah sekedar perkataan semata, namun itulah kenyataan ironis yang kita hadapi atau bahkan kita alami secara pribadi dalam hidup. Banyak dari kita yang menyadari betul di manakah letak kekurangan kita masing-masing, dosa  apa saja yang sudah kita perbuat, dan hingga muncul keinginan untuk menjadi orang yang lebih baik. Akan tetapi, keinginan tersebut sering tidak dibersamai dengan satu hal yang terpenting ini, bahwa untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kunci utamanya terletak pada diri kita sendiri. Bukan pada orang-orang di sekitar kita dengan saran dan nasehat mereka, bukan pula pada keadaan yang terkadang tidak sesuai dengan keinginan kita. Karena pada dasarnya, kesemuanya itu juga tidak akan memberikan pengaruh apapun selama diri kita sendiri tidak ada greget, tidak ada keinginan kuat untuk berubah menjadi lebih baik.

Bukan tentang menjadi sempurna, melainkan tentang menuju kesempurnaan

Setiap anak cucu Adam pasti berbuat dosa, dan sebaik-baiknya yang berbuat dosa adalah yang bertaubat. (HR Tirmidzi & Ibnu Majah)

Sahabat, memang sudah menjadi garis-Nya bahwa kita sebagai manusia tidak akan bisa sempurna secara akhlaqnya, keimanannya, maupun kefahamannya. Kita sudah diqodar menjadi tempat salah dan lupa, namun bukan berarti kita tidak diberikan kesempatan untuk memperbaikinya. Selama kita masih diberikan umur, selama itulah Allah membukakan pintu-Nya lebar-lebar bagi kita untuk segera menjadi orang yang lebih baik, dalam artian lebih baik daripada kita sebelumnya, dan lebih baik di mata Allah. Untuk menuju ke sana, tentunya yang perlu kita jadikan patokan adalah apa-apa yang baik sesuai peraturan Allah dan Rosulullah, sehingga kita selalu terarah untuk nggayuh maring kasampurnan.

 

Mengukuhkan tekad untuk berubah dengan cara Islam

Apakah sahabat tahu mengapa hal ini penting? Ya, tentu saja. Hakikinya hidup kita sebagai umat muslim adalah untuk beribadah, yang juga berarti terus dan terus meningkat dari keadaan kita yang sekarang. Karenanya, menjadikan Al Quran dan Hadits sebagai pedoman kita untuk menjadi orang yang lebih baik adalah modal utama yang harus kita ingat-ingat. Nah sobat, untuk menjadi pribadi yang lebih baik menurut Islam, ada beberapa hal yang perlu kita garisbawahi.

  1. Mulai mengubah diri dengan mengubah hati

Ketahuilah, bahwa dalam tubuh terdapat mudghah (segumpal daging), jika ia baik, maka baik pula seluruh tubuhnya. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh tubuhnya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati. (HR. Bukhori dan Muslim)

 

Dari hadits tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa hati adalah muara utama perubahan. Untuk mengubah iman, maka kita perlu mengubah hati kita. Jika ingin baik, maka hatilah yang perlu kita jadikan baik pula. Mengubah hati, membiasakannya untuk tetap istiqomah berarti perlu membuat lisan istiqomah pula dengan cara menggunakan lisan untuk banyak-banyak mengingat Allah, seperti membaca Al Quran, berdzikir, dan juga menjaga perkataan agar tetap santun.

 

  1. Memenuhi diri dengan rasa percaya

Rasa percayalah yang menjadikan kita berani bertindak, dan jika kepercayaan ini digandengkan dengan keimanan, maka tentunya akan sangat mendorong semangat bagi kita untuk menjadi orang yang lebih baik. Kepercayaan yang dimaksud di sini adalah percaya bahwa dengan niat baik yang kita miliki, maka Allah akan memberi jalan bagi kita; kepercayaan pada diri sendiri, bahwa kita memiliki kemampuan untuk berubah; serta kepercayaan bahwa target yang kita perjuangkan akan menjadi kenyataan.

 

  1. Menjadikan yang lalu sebagai pelajaran berharga

Ada ungkapan, “Janganlah mau jatuh di lubang yang sama,” yang berarti jangan sampai kita mengulangi kesalahan yang sudah pernah kita lakukan. Bertekad menjadi orang yang lebih baik berarti benar-benar menjadikan yang lalu sebagai pelajaran berharga untuk diambil nilai baiknya, dan dihindari kejelekannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!