Sudahkan Kalian Miliki Sifat-Sifat sebagai Wanita Muslimah Berikut?

0
1048

Setiap wanita yang beragama Islam disebut wanita muslimah. Namun, untuk menjadi seorang muslimah yang sempurna, kita tidak boleh hanya sekedar beragama Islam, tetapi juga harus punya sifat yang mencerminkan sifat solihah.

Faktanya, saat ini banyak sekali wanita yang beragama Islam namun sikapnya sama sekali tak menunjukkan ke-Islam-annya. Lalu, apa saja sifat yang harus dimiliki oleh seorang wanita muslimah? Setidaknya ada 5 sifat yang harus ditumbuhkan dalam diri anda sebagai seorang wanita. Inilah sifat-sifat yang kami maksud tadi:

  1. Menutup Aurat

Setiap orang Islam harus menutup aurat. Aurat laki-laki muslim berbeda dengan aurat perempuan muslimah. Jadi, kita harus menutup aurat di depan orang lain selaik makhram. Dalam syariat Islam, aurat dari seorang wanita muslimah yang sudah baligh adalah seluruh bagian tubuhnya kecuali kedua telapak tangan dan juga wajah. Hal ini karena tubuh wanita adalah seperti ibarat perhiasan, jika diumbar maka akan menjerumuskan orang lain. Perintah menutup aurat sendiri bisa kita temukan dalam banyak sekali dalil. Salah satunya adalah dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 59:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

 “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mendekatkan jilbabnya  ke seluruh tubuh mereka“. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

  1. Mempuanyai Sifat Malu

Sifat wanita muslimah yang kedua adalah malu. Malu di sini adalah malu terhadap Allah dan dalam bersikap di hadapan orang lain khususnya lelaki yang bukan makhram. Wanita yang malu terhadap Allah akan menghindrkannya dari perbuatan-perbuatan dosa. Mereka akan berakhlaq baik dan selalu menaati perintah Allah.

Di sisi lain, malu kepada oang lain yang bukan makhram maksudnya mereka tidak akan memperlihatkan auratnya pada pada orang lain yang bukan makhram, menunduk saat berjalan di hadapan orang laki-laki, dan tidak hormat pada orang lain. Jadi, jika anda ingin menjadi wanita solihah, anda tidak cukup hanya beragama menutup aurat tetepi juga mempunyai rasa malu.

  1. Taat Kepada Suami

Saat masih lajang, seorang wanita harus menaati kedua orang tuanya. Namun setelah menikah, seorang wanita harus taat kepada suaminya. Cara yang paling mudah bagi wanita muslimah untuk masuk surga adalah dengan menaati suaminya, selama suaminya tidak menyimpang dari Islam.

Begitu juga sebaliknya, wanita yang tidak taat pada suaminya akan mengantarkannya ke neraka kelak. Jadi, jika anda sudah memiliki suami, taatilah apa yang suami kehendaki dan buatlah hatinya senang. Dengan begitu, anda tidak hanya akan mendapatkan kebahagiaan di dunia namun juga di akhirat kelak.

  1. Menjaga Kehormatannya

Selanjutnya, seorang istri solihah adalah wanita yang menjaga kehormatannya kapanpun dan di manapun. Misalnya, ketika suami tidak ada di rumah untuk pergi bekerja atau ada keperluan lain, seorang istri harus menjaga kehormatannya, tidak pergi dari rumah tanpa izin suaminya, apalagi pergi dengan laki-laki lain yang bukan makhramnya. Saat suami tidak ada di rumah, seorang wanita muslimah harus menjaga anak-anaknya serta harta suaminya yang ditinggalkannya.

  1. Bersyukur atas Pemberian Suami

Seorang istri merupakan tanggung jawab suaminya. Suami wajib memberi nafkah kepada istrinya. Tapi, seorang istri tidak boleh menuntut suami apalagi di luar kemampuan suaminya. Selama hak-hak istri terpenuhi, istri solihah harus selalu bersyukur kepada Allah atas semua apa yang telah diberikan oleh suaminya.

Usahakan mengucapkan terimakasih meskipun pemberiannya tidak seberapa. Hal inilah yang menjadi kunci keluarga sakinah. Jadi, jika memang benar anda adalah seorang wanita muslimah yang taat pada syariat Islam, sudahkah memiliki sifat-sifat di atas?

Jangan lupa baca juga artikel terkait tentang checklis karakter wanita muslimah yang cantik jelita disini dan juga ulasan tentang wanita-wanita muslimah yang telah dijamin surganya oleh Allah disini juga ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!