Siapa Saja Rasul Ulul Azmi Itu?

0
265
Rasul Ulul Azmi

Rasul Ulul Azmi – Apa Sobat sudah tahu apa yang dimaksud dengan Rasul Ulul Azmi? Jika belum, simak penjelasan lengkapnya melalui artikel ini.

Sebagai umat muslim tentulah kita perlu mengetahui dan memiliki wawasan yang baik, mengenai pengetahuan islam. Salah satunya dengan mengetahui nabi apa saja yang sudah menerima kitab suci atau wahyu dan bertugas untuk mendakwahkannya pada manusia.

Seperti Sobat ketahui ada 25 nabi yang wajib umat muslim ketahui, sedangkan hanya ada lima nabi yang Allah jadikan sebagai Rasul dan bertugas untuk menyampaikan wahyu  kepada umat manusia. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Rasul Ulul Azmi

Sebelum mengetahui tentang Rasul Ulul Azmi,Sobat juga perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan Rasul Ulul Azmi.

1.       Pengertian Rasul Ulul Azmi

Kata Ulul Azmi merupakan kalimat yang berasal dari dua suku kata, yakni Ulul dan Azmi. Ulul berarti memiliki, sedangkan Azmi berarti tekad yang kuat atau keteguhan hati.

 Jadi dapat disimpulkan bahawa Rasul Ulul Azmi memiliki arti orang yang memiliki ketabahan, kesabaran, serta tekad yang kuat untuk menjalankan tugasnya selama menyebarkan ajaran agama islam.

Meskipun adanya banyak rintangan serta halangan, yang akan dihadapi tapi nabi dan Rasul Azmi akan memiliki kekuatan yang hebat untuk menghadapinya.

2.       Rasul Ulul Azmi

Setelah membahas tentang pengertian dari Rasulul Ulul Azmi, Sobat perlu tahu siapa saja nabi yang mendapatkan gelar mulia ini.

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa putera Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh.” (Q.S. Al-Ahzab ayat 7).

Nabi Nuh AS

Nabi Nuh, yang pertama adalah nabi Nuh Alahissalam. Ia memperoleh wahyu dan wajib meyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya. Nabi Nuh mendapatkan gelar ini, karena sangat luar biasa tabah dan sabar selama menyebarkan ajaran agama islam.

Rasul Ulul Azmi

Meski sering mendaptkan hinaan, penolakan tapi nabi nuh tetap sabar, gigih dan mempunya tekad yang sangat kuat dalam menyebarkan agama islam. Hal inilah yang membuatnya terbukti mendapatkan gelar Rasul Ulul Azmi dan memiliki mukjizat mampu membuat bahtera (kapal yang sangat besar)

Nabi Ibrahim AS

Nabi Ibrahim, Sobat pasti tahu bagaimana sabarnya dan taatnya Nabi Ibrahim kepada Allah Subhanhu’wata’ala. Ia bahkan disebut sebagai bapak dari semua nabi.

Ketaqwaannya menjadikan nabi Ibrahim sosok yang dihormati oleh tiga agama yakni islam, kristen dan juga yahudi. Nabi Ibrahim berkontribusi dalam pembangunan ka’bah, dan keyakinannya yang kuat bermula saat ia melakukan pencarian terhadap Allah SWT.

Ia tidak terima adanya berhala yang terus disembah masyarakat zaman itu. Sehingga dirinya menentang, mengahacurkan berhala membuat ia sampai dibakar hidup-hidup oleh raja Namrud karena perbuatan tersebut. Tapi ia tidak pernah gentar dan terus mempercayai Tuhan Yang Esa. Dan membuatnya tidak terbakar api tersebut.

Nabi Musa AS

Nabi Musa, selanjutnya adalah nabi Musa. Ia terus menebarkan agama islam ditengah kekuasaan raja Firaun yang sangat kejam. Semua orang pada zaman itu patuh dan menganggap raja Firaun sebagai tuhan.

Atas ajaran sesat tersebut, nabi Musa pun menyampaikan ajaran agama islam pada pengikut Firaun. Berkat tekad dan kekuatannya, Nabi Musa mendapatkan gelar Ulul Azmi dan mendaptakan mukjizat; tongkat berubah menjadi ular, kemudian mampu membelah lautan.

“Dan sesungguhnya telah Kami wahyukan kepada Musa, “Pergilah kamu dengan hamba-hamba-Ku (Bani Israil) di malam hari. Maka, buatlah untuk mereka jalan yang kering di laut itu, kamu tak usah khawatir akan tersusul dan tidak usah takut (akan tenggelam).”(QS. Thahaa: 77)

Nabi Isa AS

Nabi Isa, merupakan satu-satunya nabi dilahirkan tanpa seorang ayah. Ibunya yang bernama Siti Maryam saat itu mendaptkan fitnah yang sangat keji, karena melahirkan seorang anak tanpa ayah. Beliau yang saat itu masih bayi, Allah memberikan mukjizat yaitu bisa berbicara.

Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad, merupakan nabi terakhir di muka bumi ini. Ia bertugas untuk menyempurnakan ajaran islam dan mendapatkan beberapa mukjizat. Nabi Muhammad mendapatkan mukjizat yang sangat luar biasa, berupa Al-Qur’an, kemudian bisa melakukan perjalanan ke langit dalam peristiwa isra’ mi’raj.

Rasul Ulul Azmi

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-Isra: 1)

Sekian artikel tentang Rasul Ulul Azmi ini dibuat. Semoga menambah pengetahuan bagi Sobat Cahaya Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY