Sedang dalam Masalah? Bacalah 5 Ayat Al Quran Ini!

0
1461

Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat Islam. Sebagai seorang muslim, kita harus mempercayai apa yang terkandung dalam katab tersebut. Al-Qur’an berisi banyak sekali pedoman, cerita, hingga motivasi untuk umat manusia. Bahkan, banyak sekali ayat Al Quran yang bisa menjadi solusi bagi kita yang sedang mengalami masalah. Banyak sekali orang yang mengeluh saat dirinya tertimpa masalah. Namun, kita harus selalu percaya bahwa Allah pasti akan memberi jalan keluar. Daripada mengeluh, lebih baik baca baik-baik 5 ayat berikut ini:

  1. Surat Ar-Ra’d Ayat 11

Ayat Quran yang pertama yang perlu kamu baca saat tertimpa musibaha adalah surat Ar-Ra’d ayat 11. Ayat ini menjelaskan bahwa nasib manusia akan berubah jika mereka mau berusaha merubahnya. Semua memang sudah ditakdirkn Allah tetapi jika kta tidak mau berusaha dan hanya pasrah serta mengeluh, itu bukan tindakan yang tepat. Misalnya, jika kita ingin mendapat uang banyak, maka harus mencari karunia yang telah Allah sebar di muka bumi ini. Jadi, jangan harap Allah akan memberikan kemudahan bagi orang yang bermalas-malasan. Ayat Al Quran ni bisa menjadi motvasi agar kita lebih bersemagat dalam bekerja.

  1. Surat Al-Baqarah Ayat 216

Selain itu, kamu juga perlu membaca surat Al-Baqarah ayat 216 yang menjelaskan Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan. Ayat Al Quran ini bisa menjadi jawaban kenapa kadang doa kita tidak dikabulkan. Ayat ini menjelaskan bahwa apa yang kita inginkan belum tentu yang terbaik untuk kita dan Allah memberi bukan yang kita inginkan teteapi yang  kita butuhkan, yang terbaik buat kita. Misalnya, saat kamu berdoa meminta ridho Allah untuk menikahi seseorang yang kamu cintai tapi ternyata tidak dikabulkan, bisa jadi dia memang bukan yang terbaik untukmu dan Allah telah menyiapkan orang lain yang lebih baik.

Ayat di atas berbunyi:

وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

  1. Surat Al-Insyirah Ayat 5-6

Dua ayat ini isinya sama, fungsinya untuk membuat penekanan atau meyakinkan. Jika kamu sedang mengalami kesulitan, silahkan ingat ayat-ayat Al Quran ini. Kedua ayat tersebut menjelaskan bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Intinya, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Allah tidak akan memberikan masalah tanpa jalan keluar. Jadi, tugas kita adalah berusaha mencari jalan keluar dari masalah yang kita hadapi tersebut. Jika kamu memang beriman pada Al-qur’an seharusnya kamu selalu optimis dalam menghadapi segala sesuatu karena janji Allah pada ayat Al Quran ini.

  1. Surat Al-Baqarah Ayat 286

Pernahkan kamu merasakan cobaan yang begitu sulit hingga merasa tidak mampu lagi menghadapinya? Jika pernah, berarti kamu tidak percaya bahwa Allah tidak akan menguji seseorang hingga di luar batas kemampuannya seperti yang ada pada surat Al-Baqarah ayat 286 ini. Jadi, sesulit apapun cobaan yang kamu hadapi, selalu ingatlah ayat Al Quran ini. Jika memang kamu beriman kepada Al-Qur’an, jangan pernah sekalipun pesimis. Kita harus selalu optimis menghadapi ujian di dunia ini.

  1. Surat At-Thalaq Ayat 2-3

Sebagai umat Islam, kita wajib percaya bahwa semua rezeki itu berasal dari Allah. Jika kita bertaqwa kepadaNya, maka Dia akan mempermudah kita dengan rezekiNya. Rezeki Allah bisa datang dari mana saja yang Dia kehendaki. Jadi, bekerjalah dan berusahalah sesuai syariat Islam dan Allah selalu bersyukur pada apa yang telah Allah berikan kepada kita. Seperti yang ada pada ayat Al Quran surat At-Thalaq ayat 2-3.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!