Gimana sih Metode Dakwah Islam yang Efektif untuk Era Masa Kini?

0
5209

Sebagai umat islam kita diwajibkan untuk selalu berdakwah. Seperti sebuah hadist yang menyatakan sampaikanlah walau hanya satu ayat (بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً). Tidak harus menjadi seorang ustad, untuk melakukan dakwah. Ada banyak sekali cara dakwah islam yang bisa kita gunakan. Mengajak kepada kebaikan dan mencegah keburukan. Di zaman modern dimana dosa banyak bertebaran seperti saat ini memang lebih sulit untuk melakukan dakwah. Kita tidak bisa melakukan dakwah seperti zaman dulu kala, ketika masa nabi muhammad SAW. Kita harus memakai cara yang berbeda dan lebih efektif. Berikut ini beberapa contoh metode dakwah yang paling efektif di zaman modern.

Jadikan Sosial Media sebagai lahan berdakwah

Di zaman modern seperti saat ini yang namanya sosial media sudah seperti makanan sehari-hari. Bahkan indonesia termasuk negara dengan penggunaan internet tertinggi. Banyak orang indonesia yang selalu bermain sosial media. Entah itu youtube, twitter, facebook, instagram dan masih banyak lainnya. oleh karena itu dakwah islam lewat sosial media menjadi bentuk dakwah yang paling efektif. Akan lebih mudah tercapai ke target yang akan kita berikan. Dakwahnya bisa lewat tulisan, video, suara dan lainnya. semua yang ada bagikan bisa viral dan dibaca banyak orang.

Tentunya anda harus tetap mematuhi peraturan yang ada. Tidak bisa dengan asal menulis atau berbicara kasar hanya dengan alasan berdakwah. Apapun alasannya dakwah islam harus selalu lemah lembut dan mengajak ke kebaikan. Misalnya dengan menulis kata yang baik, lalu di posting di sosial media. Apa yang anda tulis di sosial media sudah termasuk mengajak ke kebaikan dan berdakwah. Supaya tidak terkesan menggurui, bisa melalui gambar, karikatur, video youtube yang menarik dan lainnya. Di zaman seperti saat ini, jika anda berdakwah dengan cara lama. Tidak akan sampai ke orang yang berpikiran modern. Berdakwahlah dengan cara yang baik dan lemah lembut.

Dakwah Secara Kelompok boleh juga dicoba

Dari dulu sampai sekarang dakwah islam secara kelompok memang masih ampuh. Entah itu di masyarakat atau lewat kampus. Misalnya masih banyak ibu-ibu yang mengadakan pengajian bersama. Di kampus pun masih banyak mahasiswa yang melakukan dakwah bersama-sama. Tentunya dakwah dengan target ibu-ibu dan mahasiswa memiliki metode yang berbeda. Walaupun secara berkelompok tetapi pendekatannya pun berbeda. Mahasiswa lebih bersikap kritis dengan apa yang diterimanya. Kita harus bisa berdiskusi dan menerima pendapat masing-masing. Tidak bisa saling merasa benar dan menyalahkan. Kalau kita melakukan dakwah seperti itu ke mahasiswa tidak akan pernah bisa,

Dakwah bisa dimulai dari teman terdekat. Mengajak orang lain untuk sama-sama melakukan kebaikan. Dakwah islam dengan cara yang damai, tanpa harus menyalahkan orang lain. Tidak semua orang bisa langsung menerima apa yang kita dakwahkan. Dakwah harus dilakukan secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Memaksakan orang lain untuk menerima apa yang kita sampaikan, sama saja dengan merasa diri sendiri paling benar, apalagi sampai menyalahkan. Ajaklah seseorang dengan cara yang baik dan lemah lembut. Dengan kata yang bisa diterima orang banyak.

Dakwah di zaman modern seperti saat ini memang lebih sulit dibandingkan dulu, sebelum ada teknologi yang canggih. Tapi kita bisa memanfaatkan teknologi tersebut. Selalu posting kata yang baik di semua sosial media. Tanpa menyulut kebencian atau mengatakan sesuatu yang salah. Ajarkan sebuah ajaran yang damai dan saling mengasihi. Ini akan efektif dalam dakwah islam di zaman modern seperti saat ini. Semoga bisa membantu!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!