Konflik Al Aqsa Dan Kedamaian Indonesia

0
485

Assalamu’alaikum sahabat cahaya Islam yang dirahmati Allah SWT. Ceramah agama merupakan bagian penting yang harus dilakukan umat Islam. Mendengarkan ceramah juga harus seksama, agar kita mendapatkan ilmu yang benar-benar menuntun pada jalan yang lurus. Beberapa waktu belakangan ini, di televisi santer akan berita kerusuhan di masjid Al Aqsa. Seperti yang kita tahu, Al Aqsa merupakan masjid bersejarah bagi umat Islam, dan masjid yang amat suci. Akan tetapi kekerasan kembali terjadi disana, bentrokan antar pasukan Israel dengan warga Palestina menaburkan aroma ketegangan yang merebak keseluruh dunia. Ingin tahu ceramah agama tentang konflik al aqsa dan kedamaian indonesia ? Scroll kebawah lebih lengkapnya!

Konflik Al Aqsa Dan Kedamaian Indonesia

Konflik Al Aqsa

Sebenarnya banyak yang tidak mengerti dan paham penyebab konflik al aqsa, yang jelas disini terjadi konflik antar tiga agama yakni Islam, Kristen dan Yahudi. Sahabat cahaya Islam yang sering mendengarkan ceramah agama pasti tahu bahwa masjidil Aqsa merupakan kiblat pertama dan menjadi masjid suci ketiga terbesar setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Berbeda dengan kaum kristen yang meyakini bahwa Yesus disalib dan dibangkitkan disana. Sementara Yahudi berpendapat bahwa tempat ini adalah tempat paling suci, situs bekas kuil-kuil Yahudi dan kerajaan Israel.

Masjidil Aqsa menjadi saksi pembantaian ribuan umat muslim ditahun 1099. Dalam ceramah agama diceritakan ketika tentara Salib memasuki wilayah Yerusalem, ribuan umat muslim berlindung disana, sekitar 70 ribu umat Islam dibantai saat itu. Masjidil Aqsa diubah menjadi istana, gereja, dan ruang bawah tanah dijadikan sebagai kandang kuda. Barulah setelah 88 tahun, salahudin al ayubbi berhasil membebaskan Yerusalem. Kebanyakan bentrok yang terjadi di Masjidil Aqsa terjadi akibat pembatasan akses masuk bagi muslim Palestina oleh tentara Israel. Dihitung sejak Januari hingga September 2015, telah terjadi 484 serangan dikompleks al Aqsa yang jelas menumpahkan darah dan nyawa.

Konflik al Aqsa kembali muncul ketika 14 Juli 2017 lalu tiga orang Arab Israel yang merupakan keturunan Palestina menembak mati 2 polisi Israel. Mereka berlari ke Masjidil Aqsa dan berhasil ditembak mati pula. Kejadian tersebut membuat israel menutup kembali kompleks tersebut untuk pertama kalinya sejak wilayah tersebut diduduki zionis 69 tahun silam. Hal ini berdampak bagi muslim Palestina tidak dapat shalat disana dan memicu amarah umat Muslim. Bentrokan berdarahpun terjadi, bahkan berita terakhir pada 23 Juli 2017 menyebutkan bentrokan masih terjadi.

Kedaiaman Indonesia

Membaca kisah dan ceramah agama yang terjadi disana, pasti kita ikut merinding dan bersedih, betapa aroma harum peperangan sering kali terjadi dikawasan masjidil Aqsa. Kita sepatutnya bersyukur kepada Allah SWT, terlahir di Indonesia dalam keadaan sudah merdeka dan menjadi negara aman hingga saat ini. Dapat kita bayangkan bila kita terlahir di Palestina, takut, tidak merasakan ketenangan, kenyamanan bahkan untuk sekedar tidurpun perasaan takut tetap membayangi.

Memiliki keberuntungan yang sangat besar dalam ceramah agama ini, rasanya kita masih saja tidak bersyukur. Bila tertimpa masalah bertubi-tubi bahkan kita tidak mampu bersabar serta tawaqal, terkadang kita masih sering terbersit kata menyalahkan Tuhan. Padahal masalah demi masalah adalah sebuah tempaan yang diberikan kepada manusia agar manusia dapat lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya.

Dari ceramah agama tersebut dapat kita tarik benang merah bahwa lahir dan hidup di Indonesia yang damai, nyaman serta damai merupakan nikmat tersendiri yang diberikan Allah SWT kepada kita. Kita harus dapat beribadah lebih baik lagi serta tak lupa bersyukur kepada Allah SWT, kalau kita mengeluh hanya akan menambah beban pikiran. Masih mau mengeluh hari ini?

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!