Kisah Nabi Idris As Dan Mukjizat-Mukjizatnya

0
3342

Assalamualaikum sobat cahaya islami, kali ini cahaya islami akan memberikan sedikit ulasan kajian islam mengenai beberapa kisah nabi Idris As serta mukjizat yang diberikan kepadanya. Kita semua tentu mengenal ke dua puluh nabi dan rasul ciptaan Allah ini, nah salah satu dari kedua puluh lima tersebut adalah nabi Idris As. Nabi Idris merupakan Nabi yang memiliki banyak cerita penuh hikmah yang dapat kita petik. Lalu bagaimanakah Kisah Nabi Idris As Dan Mukjizat-Mukjizatnya?

Kisah Nabi Idris As Dan Mukjizat-Mukjizatnya

Dengan adanya kisah nabi tersebut bukan untuk membuat kita takut melainkan mengajak kita untuk mengambil hikmah dibalik kisah yang terjadi. Yang namanya kisah atau cerita pasti ada yang menyenangkan namun juga ada yang kurang menyenangkan. Kisah menyenangkan hadir untuk membuat kita semakin bersemangat menjalani kehidupan ini namun bukan berarti kisah yang kurang menyenangkan membuat kita tidak semangat serta malas-malasan. Kedua kisah tersebut sama-sama penuh hikmah yang dapat kita ambil untuk kehidupan yang lebih baik.

Begitu pula dengan kisah nabi idris As, ada yang menyenangkan namun ada pula yang kurang menyenangkan, nah kali ini cahaya Islami akan mengajak sobat untuk mengetahui cerita nabi Idris lebih lengkapnya agar kita semua dapat mengambil hikmah dalam kehidupan ini.

Kisah Nabi Idris yang melihat Surga dan Neraka

Cerita ini bermula ketika Nabi Idris dan malaikat izrail sedang beribadah bersama, ketika itu ia mengajukan permintaan kepada malaikat Izarail “Dapatkah engkau mengajakku melihat surga dan Neraka”? mendengar permintaan tersebut malaikat Izrail terheran heran dan berkata “Ya Nabi Allah kenapa engkau ingin melihat neraka? Padahal para malaikat pun takut melihatnya. Setelah memohon permintaan kepada Allah akhirnya malaikat Izrail mengajak nabi Idris ke suatu tempat untuk menunjukkan adanya neraka dan surga. Ketika dihadapkan pada neraka nabi Idris pingsan, ia ketakutan karena melihat begitu ngerinya siksaan serta kehidupan yang ada di dalam neraka tersebut dengan malaikat penjaga neraka yang berwajah mengerikan.

Kisah nabi Idris tidak berakhir sampai disitu saja, setelah ia pingsan akhirnya ia diajak oleh malaikat izrail untuk melihat surga dan apa yang terjadi nyaris pingsan juga ketika melihat surga tersebut. Ia terheran dengan segala keindahan yang ada di dalam surga. Dengan keindahan yang mempesona serta malaikat yang menunggunya dengan wajah yang ramah, sopan serta berseri-seri. Ia akhirnya mengucapkan subhanAllah berkali-kali karena kenikmatan yang ia lihat di dalam surga. Hingga akhirnya nabi idris mengajukan permintaan bahwa ia ingin tinggal di surga hingga akhirnya dengan kemurahan dari Allah ia dapat menghuni surga tanpa kematian yaitu pada usia 82 tahun.

Mukjizat nabi Idris As

Setelah mengetahui sedikit cerita mengenai Nabi Idris, sekarang saatnya kami berbagi informasi mengenai mukjizat Nabi Idris As, adapun mukjizat yang diberikan kepada nabi Idris diantaranya adalah sebagai berikut :

Nabi Idris memiliki kemampuan yang hebat dalam menunggang kuda

Sedikit informasi sobat, pada zaman dahulu itu masih sangat sedikit orang yang dapat menunggang kuda, namun Allah memberikan kelebihan kepada nabi Idris hingga ia ahli dalam menunggang kuda.

Nabi Idris sudah dapat menulis

Kala itu belum ada orang yang bisa menulis, namun Allah lagi-lagi memberikan karunia kepada nabi Idris hingga akhirnya ia pandai menulis.

Nabi Idris dapat menjahit pakaian

Ia juga dapat menjahit pakaian di waktu belum ada orang yang mampu menjahit pakaian.

Mendapatkan kitab sebanyak 30 Shofiah

Nabi Idris juga mendapatkan kitab dari Allah yang hampir sama dengan Al-Qur’an yang berisi aturan-aturan kehidupan. Kitab ini ditujukan untuk memperbaiki akhlak umat yang mulai rusak pada waktu itu dan dengan adanya kitab dari Allah yang diberikan kepada nabi Idris maka akhlak umat pada waktu itu dapat diperbaiki.

Nah sobat itulah kisah nabi Idris dan mukjizat yang Allah berikan kepadanya, semoga dengan adanya cerita nabi tersebut sobat dapat memberikan hikmah dalam kehidupan saat ini hingga masa mendatang. Wassalamualaikum.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!