Kisah Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW Lengkap dari Awal Sampai Akhir (Part 4)

0
522

Setelah Rasulullah SAW melakukan perjalanan dari satu pintu langit ke langit lainnya dan berkesempatan bertemu dengan para nabi-nabi terdahulu. Rasulullah mencapai sidratil muntaha yang dijelaskan dalam kisah part 3 sebelumnya penuh dengan pohon lote dengan empat sungai yang mengalir disekitarnya. Di dalam rumah suci baitul Makmur di sidratul muntaha tersebut Jibril kemudian memberikan sebuah tugas yang diberikan oleh Allah agar disampaikan kepada Rasulullah. Tugas tersebut kemudian kita ketahui dengan ibadah sholat wajib 5 waktu.

ثُمَّ فُرِضَتْ عَلَىَّ الصَّلَوَاتُ خَمْسِينَ صَلاَةً كُلَّ يَوْمٍ‏.‏ فَرَجَعْتُ فَمَرَرْتُ عَلَى مُوسَى، فَقَالَ بِمَا أُمِرْتَ قَالَ أُمِرْتُ بِخَمْسِينَ صَلاَةً كُلَّ يَوْمٍ‏.‏ قَالَ إِنَّ أُمَّتَكَ لاَ تَسْتَطِيعُ خَمْسِينَ صَلاَةً كُلَّ يَوْمٍ، وَإِنِّي وَاللَّهِ قَدْ جَرَّبْتُ النَّاسَ قَبْلَكَ، وَعَالَجْتُ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَشَدَّ الْمُعَالَجَةِ، فَارْجِعْ إِلَى رَبِّكَ فَاسْأَلْهُ التَّخْفِيفَ لأُمَّتِكَ‏.‏ فَرَجَعْتُ، فَوَضَعَ عَنِّي عَشْرًا، فَرَجَعْتُ إِلَى مُوسَى فَقَالَ مِثْلَهُ، فَرَجَعْتُ فَوَضَعَ عَنِّي عَشْرًا، فَرَجَعْتُ إِلَى مُوسَى فَقَالَ مِثْلَهُ، فَرَجَعْتُ فَوَضَعَ عَنِّي عَشْرًا، فَرَجَعْتُ إِلَى مُوسَى فَقَالَ مِثْلَهُ، فَرَجَعْتُ فَأُمِرْتُ بِعَشْرِ صَلَوَاتٍ كُلَّ يَوْمٍ، فَرَجَعْتُ فَقَالَ مِثْلَهُ، فَرَجَعْتُ فَأُمِرْتُ بِخَمْسِ صَلَوَاتٍ كُلَّ يَوْمٍ، فَرَجَعْتُ إِلَى مُوسَى، فَقَالَ بِمَا أُمِرْتَ قُلْتُ أُمِرْتُ بِخَمْسِ صَلَوَاتٍ كُلَّ يَوْمٍ‏.‏ قَالَ إِنَّ أُمَّتَكَ لاَ تَسْتَطِيعُ خَمْسَ صَلَوَاتٍ كُلَّ يَوْمٍ، وَإِنِّي قَدْ جَرَّبْتُ النَّاسَ قَبْلَكَ، وَعَالَجْتُ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَشَدَّ الْمُعَالَجَةِ، فَارْجِعْ إِلَى رَبِّكَ فَاسْأَلْهُ التَّخْفِيفَ لأُمَّتِكَ‏.‏ قَالَ سَأَلْتُ رَبِّي حَتَّى اسْتَحْيَيْتُ، وَلَكِنْ أَرْضَى وَأُسَلِّمُ ـ قَالَ ـ فَلَمَّا جَاوَزْتُ نَادَى مُنَادٍ أَمْضَيْتُ فَرِيضَتِي وَخَفَّفْتُ عَنْ عِبَادِي

Anjuran nabi Musa untuk meminta keringanan kepada Allah

Dikisahkan dalam nukilan hadits diatas bahwa Jibril berkata bahwa inilah agama islam yang engkau dan pengikutmu peluk. Hingga kemudian ibadah sholat diperintahkan kepadaku. Sholat sebanyak 50 kali dalam sehari. Setelahnya Rasulullah bertandang untuk kembali lagi ke dunia. Melewati pintu-pintu langit. Hingga beliau berpapasan kembali dengan nabi Musa.

“Apa yang telah diperintahkan oleh Allah kepadamu?” – tanya Nabi Musa kepada Rasulullah SAW. Rasulullah kemudian menjawab bahwa dia telah diperintahkan untuk melakukan 50 kali sholat dalam satu hari. Dengan tatapan yang serius Nabi Musa kemudian memberikan anjuran kepada Nabi Muhammad untuk meminta keringanan kepada Allah SWT tentang perintah itu. Nabi Musa berkata bahwa sholat 50 kali itu memberatkan kepada ummatnya, dia tahu hal itu karena dulu beliau pernah melakukannya dengan kaumnya bani israil.

Rasulullah kemudian kembali naik ke sidratul muntaha untuk meminta keringanan kepada Allah atas 50 kali sholat yang telah dititahkan kepadanya. Allah kemudian mengurangi sepuluh dari jumlah semula. Rasulullah kembali turun dan bertemu kembali dengan nabi Musa AS. Nabi Musa kemudian menganjurkan kembali kepada Rasulullah Muhammad untuk meminta keringanan lagi. Terus begitu hingga akhirnya perintah yang awalnya 50 kali sholat dalam sehari turun hingga 5 kali sehari.

Setelah perintah sholat menjadi 5 kali sehari, Rasulullah bertemu kembali kepada Nabi Musa. Dan masih memberikan anjuran yang sama bahwa kaumnya tidak akan bisa melaksanakan hal itu dengan baik, dan hendaknya Rasulullah meminta keringanan lagi kepada Allah untuk menguranginya. Namu kali ini Rasulullah menolak hal itu dan berkata bahwa beliau merasa malu dan merasa cukup dengan berkata bahwa dirinya siap ta’at pada perintah Allah. Nah setelahnya Rasulullah kembali ke dunia, lalu semenjak itu diwajibkanlah bagi setiap orang islam untuk sholat 5 waktu dalam sehari.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!