Kisah Inspiratif Abdullah bin Umar Tentang Tekun Beribadah

0
1196

Ada salah satu diantara banyak para Sahabat Rasulullah SAW yang hebat. Dia yang diketahui sebagai orang yang tekun beribadah dan menjalankan semua perintah Allah dengan mengikuti ajaran Rasulullah SAW tanpa cela dan selalu merasa hina bila melewatkan barang sedikitpun teladan ibadah dari Rasulullah. Dia tidak lain adalah anak dari Khalifah Umar bin Khattab, Abdullah bin Umar. Ada beberapa hal yang membuat kisah inspiratif Abdullah bin Umar terkenal sebagai simbol ketekunan ibadah.

Mimpi Abdullah yang dibenarkan oleh Rasulullah

Salah satu kisah inspiratif Abdullah bin Umar yang menunjukkan ketekunan ibadah adalah kisah tentang Mimpi beliau yang dibenarkan oleh Rasulullah. Suatu ketika beliau Abdullah bin Umar terlelap seusai melaksanakan shalat malam. Dalam mimpinya tersebut dia ditemui oleh dua orang malaikat yang kemudian mengajaknya untuk terbang kesuatu tempat. Tempat itu terlihat suram dan memiliki dua buah lubang sumur dalam dengan pilar-pilar yang tajam.

Dalam perjalanan mimpinya tersebut, terlihatlah beberapa orang-orang yang tengah disiksa sedang merintih kesakitan. Disitulah Abdullah bin Umar begidik dan merasa ketakutan setengah mati, karena mengira dirinya akan berakhir seperti orang-orang yang disiksa tersebut. Melihat dirinya yang ketakutan, dua malaikat tersebut kemudian berkata bahwa dirinya tidak perlu takut akan hal itu, sembari memberikan satu kain ditangan beliau. Malaikat-malaikat itu mengatakan bahwa kain itu akan membawa dirinya terbang kebagian mana saja di surga.

Setelah itu, bangunlah Abdullah bin Umar dengan badan yang panas dingin disertai keringat yang membanjiri tubuhnya. Ia takut untuk menceritakan hal tersebut kepada Rasulullah, sehingga dia menceritakan hal itu kepada salah satu istri Rasulullah bernama Hafshah. Hafshah pun kemudian mengungkapkan hal itu kepada baginda Rasulullah SAW. Rasulullah pun membenarkan hal itu dan bersabda “Niscaya Abdullah bin Umar akan menjadi sosok yang paling utama dimata Allah, bila ia terus menjalankan shalat malam”

Abdullah bin Umar, hamba yang tidka pernah meninggalkan shalat malam seumur hidupnya

Mendengar hal tersebut, Abdullah bin Umar pun kemudian menjadi salah satu orang yang dihormati dan diakui oleh banyak orang islam sebagai ahli ibadah, terutama shalat malam. Semenjak kejadian itu, dirinya tidak pernah sekalipun absen dalam melaksanakan shalat malam dalam hidupnya, bahkan ketika dirinya dalam keadaan bahaya (peperangan), maupun ketika bepergian. Tidak ada satupun terbersit pikiran untuk melalaikan ibadahnya tersebut.

Tidak hanya dalam hal shalat malam saja. Abdullah bin Umar juga dikenal getol dalam melaksanakan ibadah yang sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah. Bahkan para ahli dan alim ulama mengatakan bahwa ketika Rasulullah shalat disuatu tempat, maka Abdullah bin Umar akan berdiri ditempat dimana Rasulullah tadi mengerjakan shalat dan kemudian melaksanakan ibadah shalat yang persis seperti apa yang dilakukan oleh Rasulullah.

Dalam penjelasan lain bahkan diterangkan, Abdullah bin Umar bahkan meniru tindakan Rasulullah yang memutari ka’bah dengan untanya kemudian melaksanakan shalat dua rekaat didekatnya. Padahal bisa jadi memutari ka’bah dua kali dengan untanya tersebut dilakukan karena Rasulullah hendak mencari tempat yang pas bagi beliau untuk melaksanakan shalat. Namun, semenjak melihat itu, Abdullah bin Umar selalu memutari ka’bah dengan Untanya sebanyak dua kali dan kemudian shalat dua rekaat sebagaimana Rasulullah telah lakukan.

Apa yang bisa dipetik dari cerita diatas?

kisah inspiratif Abdullah bin Umar diatas bisa memberikan siraman rohani pada kita untuk lebih tekun dalam beribadah. Dan tidak hanya itu saja. Kita diharapkan bisa dengan patuh mengikuti ajaran-ajaran yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW tanpa menambah-nambahi (menjauhi bid’ah). Kita juga bisa mencontoh ketekunan beliau dalam shalat malam agar menjadi orang yang utama dimata Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!