Kajian Islam Tentang Beramal Sholih Terhadap Sesama Manusia

0
597

Sebagai manusia, sudah sepatutnya kita melakukan satu kebaikan kepada sesama. Di Agama islam sendiri, kita diajarkan untuk berlaku adil dan melakukan kebajikan terhadap sesama manusia sekalipun mereka berbeda agama. Dalam hal ini, maka kita akan kaitkan dengan Kajian Islam Tentang Beramal Sholih. Amal sholih itu sendiri merupakan tindakan sesuatu yang baik dan bermanfaat baik kepada diri sendiri ataupun kepada orang lain berdasarkan syariat islam dan ikhlas karena Allah SWT semata. Amal shalih ini juga termasuk perintah Allah SWT karena dengan beramal shalih maka akan tercipta kehidupan yang tentram dan penuh kebahagiaan. Simak Kajian Islam Tentang Beramal Sholih Terhadap Sesama Manusia berikut ini.

Kajian Islam Tentang Beramal Sholih Terhadap Sesama Manusia

Perintah Agama tentang beramal shalih

Tentang amal shalih, Allah SWT telah berfirman cukup banyak agar umat islam senantiasa menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat untuk orang lain bukan menjadi orang yang suka merusak dibumi. Allah SWT juga menjelaskan salah satu akhlak penghuni surga yaitu orang yang beramal shalih seperti yang tertuang dalam Al Qur’an :

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya”. [1]

Ajaran Islam tentang beramal shalih juga senada dengan ajaran islam sebagai Rahmatan Lil alamin yaitu rahmat untuk seluruh alam. Kajian Islam Tentang Beramal Sholih bisa dilihat bagaimana islam menyuruh umatnya untuk senantiasa melakukan amal ma’ruf nahi munkar dimana umat islam diperintahkan untuk mengajak manusia berlaku baik dan menghindari kejahatan. Hal ini bisa dicontohkan untuk mengajak kebaikan dan tolong menolong antar sesama tidak melihat suku, ras, maupun agama.

Selain itu, Kajian Islam Tentang Beramal Sholih juga menyuruh umatnya untuk senantiasa membiasakan berperilaku amal shalih dalam kehidupannya sehari-hari. Diantara amal shalih yang wajib dilaksanakan oleh umat islam adalah bertaqwa kepada Allah seperti yang tertera pada Al Qur’an :

الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِي الْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ يَعْلَمْهُ اللَّهُ ۗ وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَىٰ ۚ وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ

(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal. [2]

Berbuat baik kepada kedua orang tua karena kedua orang tua telah banyak berjasa untuk kita. Perintah untuk berbakti kepada orang tua itu sendiri juga terdapat pada al qur’an :

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. [3]

Pada ayat tersebut kita dilarang menggunakan kata-kata yang bisa menyinggung orang tua kita.

Ajaran tentang beramal shalih dalam Islam

Dalam kajian tentang beramal shalih, Islam tidak hanya memerintahkan hal-hal yang berkaitan dengan ibadah, namun mencakup segala aspek seperti berbuat baik kepada sesama manusia, lingkungan hingga diri sendiri. Kajian Islam Tentang Beramal Sholih untuk berbuat baik kepada sesama itu sendiri bisa kita contohkan seperti berkata jujur, tidak menyakiti perasaan orang, berlaku ramah dan saling tolong menolong. Dengan kata lain, untuk berbuat baik kepada orang lain islam tidak menanyakan dulu agama orang tersebut. Sedangkan pada lingkungan itu sendiri bisa kita contohkan seperti memanfaatkan sumber daya alam sebaik-baiknya dan tidak melakukan sesuatu yang bisa merusak ekosistem yang ada.

Sedangkan contoh Kajian Islam Tentang Beramal Sholih untuk diri sendiri bisa kita dapatkan banyak contoh didalamnya. Islam mengajarkan bahwa kita harus menjaga diri kita sendiri agar tidak terjerumus ke lembah kebinasaan yang didalamnya terkandung banyak dosa. Islam juga mengajarkan agar kita tidak memiliki sifat buruk atau penyakit hati seperti berburuk sangka, iri, dengki, kikir, adu domba dan boros. Menjauhkan diri dari sikap malas, sombong, pesimis dan tergesa-gesa juga merupakan ajaran islam agar kita selalu beramal shalih. Karena manusia yang paling baik adalah manusia yang memiliki banyak manfaat untuk sekitarnya.

Hikmah beramal shalih terhadap sesama dalam islam

Berkaitan dengan Kajian Islam Tentang Beramal Sholih, kita juga tentu akan mendapatkan hikmahnya. Beberapa hikmah yang bisa kita dapatkan jika senantiasa beramal shalih adalah seperti bisa menjadi orang yang berguna untuk orang lain dan akan dirindukan kehadirannya. Selain itu, kita juga akan dihormati oleh orang lain dan mendapatkan banyak teman karena amal shalih kita terhadap sesama. Sedangkan hikmah terakhir yang kita dapatkan saat beramal shalih adalah mendapatkan pahala dari Allah SWT dan tentu juga mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT beserta manusia. Demikianlah sobat cahaya islam beberapa faedah jika kita senantiasa berlaku baik terhadap sesama manusia dari kajian ini pula kita bisa tahu betapa agungnya ajaran islam untuk umat manusia.

[1] QS. Al Baqarah 82

[2] QS. Al Baqarah 197

[3] QS. Al-Israa 23

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!