Kajian Islam Tentang Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah

0
889

Assalamua’laikum sahabat Cahaya Islam dimanapun kalian berada, semoga sahabat selalu dalam lindungan Allah SWT. Sahabat yang dirahmati Allah SWT kali ini kami akan mengajak sahabat semuanya untuk mengetahui kajian islam tentang keutamaan dari shalat subuh berjamaah.

Kajian Islam Tentang Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah

Shalat subuh merupakan shalat wajib bagi umat muslim, sholat yang dilakukan sebelum matahari terbit ini mengandung kajian islam yang sangat perlu kita ketahui. Beragam kajian mengenai shalat subuh dapat menjadikan kita lebih termotivasi untuk selalu melakukannya.

Nah untuk itu, sahabat mari kita simak kajian islam mengenai shalat subuh berjamaah berikut ini, selamat membaca sahabat semoga kebaikan selalu menyertai kita semua.

Keutamaan dari sholat subuh berjamaah

Jalan untuk masuk surga

Kajian islam mengenai shalat subuh berjamaah yang pertama adalah shalat subuh berjamaah merupakan salah satu jalan menuju surga Allah. Hal ini sesuai dengan sabda Rasullullah SAW :

حَدَّثَنَا عَفَّانُ أَخْبَرَنَا هَمَّامٌ عَنْ أَبِي جَمْرَةَ عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَبِي مُوسَى عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ قِيلَ لِأَبِي مُحَمَّدٍ مَا الْبَرْدَيْنِ قَالَ الْغَدَاةُ وَالْعَصْرُ

Telah menceritakan kepada kami [‘Affan] telah mengabarkan kepada kami [Hammam] dari [Abu Jamrah] dari [Abu Bakr bin Abu Musa] dari [Ayahnya] ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa melakukan shalat bardain maka ia masuk Surga.” Abu Muhammad ditanya, “Apakah shalat bardain itu? Ia menjawab, “Subuh dan asar.” [1]

jelas sekali kan sahabat dengan melakukan shalat subuh berjamaah maka kita akan mudah untuk masuk surga. Sahabat yang budiman semuanya tentu ingin masuk surga bukan? Nah untuk itu, sahabat mari kita mulai langkah kita untuk mendapatkan surga Allah dengan membiasakan diri untuk melakukan shalat subuh berjamaah.

Shalat subuh menghalangi kita dari bahaya api neraka

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ عِمَارَةَ بْنِ رُوَيْبَةَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ سُفْيَانُ مَرَّةً سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا قِيلَ لِسُفْيَانَ مِمَّنْ سَمِعَهُ قَالَ مِنْ عُمَارَةَ بْنِ رُوَيْبَةَ

Telah menceritakan kepada kami [Sufyan bin ‘Uyainah] dari [Abdul Malik bin ‘Umair] dari [‘Imarah bin Ruwai’bah] saya telah mendengar Rasulullah SAW dan [Sufyan] berkata; mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan masuk neraka orang yang shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, “ditanyakan kepada Sufyan dari mana dia mendengarnya? Ia menjawab, dari ‘Umarah bin Ruwai’bah. [2]

ketika sering mendengar ceramah agama tentang neraka maka kita semua akan ngeri dan merasa takut bukan sahabat? Yups tentu kita semua tidak ingin mendapatkan azab pedih dan siksa neraka kan? Untuk itu sahabat mari kita biasakan juga untuk selalu melaksanakan ibadah shalat subuh dengan berjamaah karena ibadah ini akan menjauhkan diri kita dari pedihnya siksa api neraka.

Menjadikan kita hamba yang tidak munafik

Ketahuilah sahabat bahwa orang Yahudi dengan takut dengan umat Islam yang banyak melaksanakan ibadah shalat subuh berjamaah. Bangsa Yahudi mengetahui mengenai keistimewaan dari shalat subuh ini sehingga ia takut ketika banyak umat Islam yang melaksanakannya. Shalat subuh merupakan salah satu ciri adanya kesadaran dalam beriman.

Shalat subuh merupakan shalat yang disaksikan oleh malaikat

sahabat semua tentu menginginkan shalatnya berkah serta disaksikan oleh malaikat bukan? Untuk itu sahabat mari kita biasakan diri kita untuk selalu melaksanakan shalat subuh agar kita selalu mendapatkan catatan amal baik dari malaikat. Mari sahabat kita singkirkan rasa malas kita pada pagi hari, mari kita mulai hari kita dengan berjamaah shalat subuh agar keberkahan senantiasa kita dapatkan.

Selalu mendapatkan jaminan rasa aman

Sahabat semuanya tentu ingin mendapatkan jaminan rasa aman dari Allah SWT bukan? Kebenaran sejati yang kelima mengenai keutamaan shalat subuh adalah mendapatkan jaminan keamanan dari Allah SWT. kita semua hidup di dunia ini berkat adanya karunia dari Allah SWT serta kita dapat hidup damai juga berkat adanya nikmat yang Allah berikan, nah untuk itu sahabat mari kita biasakan diri kita untuk selalu melaksanakan shalat subuh berjamaah agar kelak dalam hidup kita selalu mendapatkan jaminan keamanan dari Allah SWT.

و حَدَّثَنِيهِ يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ عَنْ خَالِدٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ سِيرِينَ قَالَ سَمِعْتُ جُنْدَبًا الْقَسْرِيَّ يَقُولُا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِي هِنْدٍ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ جُنْدَبِ بْنِ سُفْيَانَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِهَذَا وَلَمْ يَذْكُرْ فَيَكُبَّهُ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

Dan telah menceritakan kepada kami [Ya’kub bin Ibrahim Ad Dauraqi] telah menceritakan kepada kami [Ismail] dari [Khalid] dari [Anas bin Sirin] katanya; aku mendengar [Jundab Al Qasri] berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa shalat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, oleh karena itu jangan sampai Allah karena jaminan-Nya menuntut kalian dengan suatu hal, karena siapa yang Allah menuntutnya sesuatu karena jaminan-Nya, Allah pasti akan menemukannya dan menelungkupkannya diatas wajahnya di neraka jahannam.” Dan telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah], telah menceritakan kepada kami [Yazid bin Harun] dari [Dawud bin Abu Hind] dari [Al Hasan] dari [Jundab bin Sufyan] dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dengan hadis seperti ini, namun ia tidak menyebutkan “Lantas Allah menelungkupkannya ke dalam neraka jahannam.” [3]

Mulai dari jalan masuk surga, menghindarkan diri siksa api neraka, menjadikan kita hamba yang tidak munafik, disaksikan oleh malaikat hingga mendapatkan jaminan rasa aman dari Allah SWT merupakan keutamaan shalat subuh. Nah untuk itu sahabat mari kita selalu mengamalkan shalat subuh berjamaah ini agar kita bisa meraih kebenaran sejati serta membuat kita sebagai hamba yang dirahmati Allah SWT. sekian sahabat ilmu yang dapat kami berikan semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua, sampai jumpa di ilmu-ilmu bermanfaat lainnya sahabat. Wassalamualaikum warahmatullah.

[1] H.R. Darimi 1389

[2] H.R. Ahmad 16588

[3] H.R. Muslim 1051 (shahih)

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!