Inilah Kata-kata Bijak Islam dari Al-Quran yang Bikin Hati Bergetar

2
4720

Kita sering mendengar kata-kata bijak dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu dari pepatah, orang tua, motivator, atau dari siapapun. Kata-kata bijak memang sangat menyentuh dan bisa menggetarkan  hati pendengar atau pembacanya. Dalam Islam, ada juga banyak sekali kata-kata bijak, mulai yang berasal dari Rasulullah, para sahabat, hingga para ulama. Tapi, tahukan kamu kalau di dalam Al-Qur’an juga banyak terdapat kata-kata bijak Islam? Lalu seperti apa bunyinya? Jika kamu penasaran, coba perhatikan contoh-contoh berikut ini. Tidak hanya akan takjub dibuatnya, tapi kamu juga bisa merenunginya.

Kata-Kata Bijak Islam dalam Melakukan Kebaikan

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

Dalam Al-Qur’an surat Al-Zalzalah ayat 7 di atas disebutkan: “Siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji dzarah sekalipun, niscaya ia akan mendapat balasannya”. Kata-kata bijak Islam ini adalah janji Allah untuk memberikan imbalan pahala bagi siapapun yang melakukan kebaikan meskipun hanya kebaikan kecil, bahkan diibaratkan sebesar biji dzarah, sekalipun. Jadi, tidak ada yang sia-sia di dunia ini. Apa yang kita perbuat pasti kita akan mendapatan balasannya. Oleh karena itu, kata-kata mutiara Islam ini mengajak kita untuk selalu berbuat baik dengan tulus dan hanya mengharap ridho Allah, tanpa melihat seberapa besar dampaknya.

Kata-kata Bijak Islam Saat Menghadapi Cobaan

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ

Sering sekali kta mengeluh ketika mendapat cobaan. Bahkan kita menganggap ujian dari Allah terlalu sulit seakan kita sudah tidak sanggup lagi menghadapinya. Padahal, jika kita memahami kata-kata bijak Islam dari firman Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 286: “Aku tidak akan membebani seseorang melainkan dengan sesuai kesanggupannya” kita harusnya percaya bahwa kita bisa melalui ujian yang diberikan Allah ini. Karena Allah lebih tahu tentang kemampuan makhluknya. Jadi, mulai saat ini seharusnya kita tidak mengeluh lagi jika mendapat cobaan. Yakinlah bahwa Allah pasti memberi jalan keluar selama kita berada di jalan-Nya.

Kata-kata Bijak Islam Waktu Mendapat Kesulitan

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Dalam hidup ini, pasti kita sering mengalami kesulitan. Kesulitan yang dihadapi tiap orang berbeda-beda. Namun, tidak perlu mempermasalahkannya karena setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya. Bahkan, kita bisa mengambil hikmah dari kesulitan tersebut. Coba renungkan kata-kata motivasi Islam berikut yang diambil dari Al-Qur’an surat Al-Insyirah ayat 6: “Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan”. Yakinlah sobat bahwa Allah sudah merencanakan sesuatu untuk kita. Jadi, ambil setiap hikmah yang kita lalui di dunia ini dengan rasa syukur. Mudah-mudahan kata-kata bijak Islam ini bisa membuat kita semakin yakin saat mengalami kesulitan.

Untuk Kita yang Selalu Mengeluh saat Doa Tidak Dikabulkan

وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Pernahkah kamu berdoa setiap hari namun tidak juga terkabul hingga sekarang? Banyak sekali kejadian seperti ini. Biasanya orang-orang tersebut akan mengeluh kepada Allah. Namun, jangan sampai kita ikut-ikutan mengeluh apalagi kalau samapai kita ragu kepada Allah. Untuk membuat kita yakin, coba kita tengok Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 216 yang berbunyi: “Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu”. Ini adalah kata-kata bijak Islam yang pas untuk kita, karena apa yang kita inginkan belum tentu menjadi yang terbaik untuk kita.

Kata-kata Bijak Islam Agar Kita Lebih Bersyukur

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Berapa banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita setiap hari? Silahkan kalian coba menghitungnya dan pasti tidak akan bisa menjumlahkannya karena memang nikmat Allah itu tak terhingga. Itulah kenapa menyinggung kita semua dalam Al-Qur’an surat Ar-Rahman: “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” Mudah-mudahan kata-kata bijak Islam ini bisa membuat kita lebih bersyukur kepada Allah setiap hari.

2 KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!