Inilah Beberapa Makanan Favorit Rasulullah SAW!

0
692

Makan adalah satu dari beberapa kebutuhan manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Sebagai orang islam yang beriman kepada Allah dan mengikuti ajaraNya, maka wajib hukumnya bagi kita untuk bersikap mutawari’ atau berhati-hati dalam memilih makanan. Dalam islam kita mengenal halal dan haram. Terlepas dari itu, ada banyak pilihan makanan yang bisa kita makan. Namun, lebih mantab lagi jika kita bisa meniru Rasulullah dengan menyukai makanan-makanan yang beliau sukai agar bisa menjadi pahala karena mengikuti sunnah Rasulullah. Kami akan mengulas beberapa makanan favorit Rasulullah SAW disini:

Buah Ruthob, semangka dan kurma adalah kegemaran Rasulullah

Buah-buahan memiliki banyak sekali kandungan yang berguna bagi tubuh kita. Vitamin-vitamin yang baik yang terdapat dalam buah bisa mendukung metabolisme tubuh kita agar bekerja dengan baik. Siapa sangka bahwa Rasulullah sendiri sangat gemar dengan buah-buahan, khususnya Buah ruthob, semangka dan kurma.

Dalam beberapa Riwayat termasuk Bukhari dan Abu Dawud diceritakan bahwa menurut Aisyah dan Abdullah ibnu Jaffar, makanan favorit Rasulullah SAW dari buah-buahan adalah semangka dan rutob. Bahkan dalam hadits muslim dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda bahwa sesungguhnya bahwa rumah yang tidak memiliki kurma didalamnya, maka laparlah mereka penghuninya.

Beberapa alim ulama mengatakan bahwa lapar dalam hadits tentang kurma tersebut tidak secara literal memiliki makna yang sama seperti ketika orang tidak makan dan kelaparan. Hal ini disambungkan dengan penjelasan dalam hadits riwayat Bukhari yang lain yang mengatakan bahwa Rasulullah pernah bersabda bahwa salah satu kefadholan mereka yang mengkonsumsi kurma (sebanyak 7 buah) dalam sehari, adalah tidak akan dirundung sihir maupun racun.

Hal ini diamini oleh beberapa pakar makanan beserta ulama dengan alasan bahwa kurma memang memiliki salah satu manfaat sebagai penawar racun dan disebut-sebut sebagai makanan yang ajaib bersama dengan madu. Rasulullah pun biasanya makan sahur dan berbuka puasa dengan buah kurma.

Tsarid (Makanan sejenis sup yang berisi daging) juga merupakan kesukaan Rasulullah

Rasulullah sendiri menggambarkan kegemarannya dalam memakan Tsarid seperti layaknya cintanya kepada Aisyah. Dalam Hadits Muslim diceritakan bahwa Rasulullah pernah bersabda bahwa istimewanya Aisyah bila dibandingkan dengan wanita lain didunia ini bak utamanya tsarid melebihi makanan-makanan yang lain. Hal ini dikuatkan pula dengan hadits riwayat Al Hakim yang mengatakan dengan gamblang bahwa tsarid adalah salah satu makanan favorit Rasulullah SAW.

Susu sapi disukai Rasulullah sebagai obat dari penyakit

Sebenarnya tidak ada penjelasan eksplisit bahwasanya Rasulullah sering meminum susu karena menyukainya. Malahan Rasulullah diketahui membiasakan minum campuran air madu. Namun ada hadits Ahmad yang menjelaskan bahwasanya Rasulullah merekomendasikan umatnya untuk meminum susu sebagai obat dari penyakit karena penghasil susu (sapi) makan dari tumbuhan. Beberapa ulama menyatakan bahwa makanan yang memiliki bahan dasar susu sapi termasuk dalam hal ini, dan dinobatkan pula sebagai makanan favorit Rasulullah SAW.

Sebenarnya masih banyak sih makanan favorit Rasulullah SAW yang belum kami ulas disini. Untuk sementara itu dulu deh, jangan banyak-banyak nanti sobat Cahayaislam pada ngiler semuanya deh. Insha Allah artikel ini masih bersambung, jadi tetap update di Cahayaislam ya. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!