Ini yang Harus Dilakukan Agar Aktifitas Diluar Anda Anti-Syetan!

0
474

Sobat cahayaislam berencana hendak melakukan kegiatan diluar rumah atau bepergian ke suatu tempat yang cukup jauh dari kediaman anda? Alangkah lebih baiknya dalam perjalanan anda dzikir lah yang menjadi penenang dan penjaga dari segala mara bahaya. Seorang muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah dan Rasul akan selalu membawa Allah dalam hatinya dalam segala aspek kehidupan.

Seorang mukmin tidak akan membiarkan dirinya lepas dari kebutuhannya akan Rabb-nya. Insha Allah dengan begitu kegiatan anda di luar akan dipenuhi berkah dan jauh dari lingkar goda syetan yang dilaknati oleh Allah. Lain halnya dengan bila anda menghiasi aktifitas anda diluar dengan banyak hal yang malah membuatnya lupa kepada Allah. Niscaya dia akan sangat rawan untuk diserang dan digoda oleh syetan.

Lalu adakah cara agar kegiatan kita diluar rumah bisa jauh dari jangkauan shaitan? – tentu ada. Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas sedikit tentang bagaimana cara agar aktifitas di luar anda Syetan-free alias anti Syetan. Simak deh!

Memastikan kegiatan anda memiliki faidah dan bukan maksiyat

Caranya yang pertama adalah memastikan kegiatan di luar anda memiliki faidah yang baik dan bukan merupakan kegiatan yang maksiyat. Pertimbangkan apakah kegiatan yang akan anda lakukan di luar sana memiliki kemungkinan untuk dekat pada kemaksiyatan yang tinggi atau tidak? – Bila kegiatan tersebut sangat rawan menjerumuskan anda pada maksiyat, maka merupakan hal yang bijak bila anda mengurungkan niyat untuk melakukan kegiatan tersebut.

Menjaga Niyat agar selalu tertuju untuk mendapatkan rahmat Allah

Salah satu trik yang pernah tim Cahayaislam berikan agar hidup kita selalu terhitung ibadah kepada Allah dalam artikel kami sebelumnya (DISINI) adalah dengan menata niyat dan mengarahkan semuanya kepada mendambakan rahmat dan ridho dari Allah. Niscaya dengan itu apapun yang sobat lakukan pasti akan berpahala.

Hal ini memiliki konsep sama yang menjelaskan alasan kenapa menata niyat bisa menjauhkan kegiatan di luar sobat jauh dari syatan. Sudah secara otomatis bila hal yang sobat lakukan dengan niyat mukhlis lillah karena Allah pastilah merupakan suatu yang memiliki baik output atau input yang baik dan terarah untuk kebaikan kehidupan akhirat anda. Jadi marilah jaga niyat agar selalu karena Allah pada kegiatan di luar kita.

Berdoa dan melantunkan kalimat yang pernah diajarkan Rasulullah ini

Selain dua tips diatas, Rasulullah SAW sendiri telah mengajarkan kepada kita sebuah doa atau dzikir yang bisa dilantunkan ketika kita melaksanakan kegiatan kita diluar. Penjelasan tentang hal ini dibahas dalam sebuah hadits riwayat Abu Dawud 5095.

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحَسَنِ الْخَثْعَمِيُّ، حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏”‏ إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ ‏”‏ يُقَالُ حِينَئِذٍ هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ

Bila seorang rojul keluar rumah dengan membaca kalimat bismillahi laa haula walaa quwwata illa billah maka berdasarkan hadits tersebut dia telah dijaga dari godaan syetan. Dan syetan akan kesulitan dalam menggodanya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!