Ini Dia Tips Ceramah Agama Islam yang Sesuai dengan Al-Qur’an

0
1347

Agama Islam adalah satu-satunya agama yang diridhoi oleh Allah. Meski awalnya Islam disebarkan secara sembunyi-sembunyi, sekarang Islam terus berkembang dan semakin luas. Di Indonesia sendiri, Islam merupakan agama terbesar karena mayoritas penduduknya adalah Muslim. Hal ini tidak lepas dari peranan para da’i yang tidak kenal lelah untuk melakukan ceramah agama Islam tanpa pamrih. Jika anda juga ingin membuat Islam semakin berkembang, anda bisa menjadi seorang penceramah agama. Lalu, bagaimana cara berceramah yang baik dan benar menurut Islam? Berikut tips-tips nya.

  1. Tidak Boleh Memaki Agama Lain

Inti dari dakwah agama Islam adalah mengajak orang lain untuk masuk Islam, mendalami Islam lebih jauh, dan berbuat sesuai syariat Islam. Kita hanya diperbolehkan menyampaikan apa yang ditawarkan oleh Islam sebagai Agama yang haq. Namun, jangan sampai kita memaki agama lain, termasuk Tuhannya atau sesembahannya. Apalagi kita hidup di Indonesia sebagai negara pluralisme. Jadi, ceramah agama Islam harus dilakukan dengan sopan dan baik. Jika kita berceramah di hadapan penganut agama lain dan memaki mereka, merekapun demikian akan memaki agama Islam bahkan Tuhan kita, Allah. Seperti yang tertera pada Al Qur’an surat Al-An’am ayat 108:

لَا تَسُبُّوا الَّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ فَيَسُبُّوا اللَّهَ عَدْوًا بِغَيْرِ عِلْمٍ ۗ كَذَٰلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ أُمَّةٍ عَمَلَهُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّهِمْ مَرْجِعُهُمْ فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan.”

  1. Tidak Boleh Memaksa

لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ ۖ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىٰ لَا انْفِصَامَ لَهَا ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Yang kedua, kita tidak boleh memaksa orang lain untuk mengikuti Islam. Kita hanya berkewajuban menyampaikan karena tidak ada paksaan dalam Islam, seperti yang sering kita baca dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 256. Islam adalah agama yang harus dipeluk karena keyakinan dari hati, bukan dari paksaan. Jika kita memaksa orang lain untuk mengikuti Islam, mereka akan mengira Islam adalah agama yang kasar dan keras, padahal Islam merupakan agama yang cinta damai. Jadi, ceramah agama Islam harus benar-benar murni menyampaikan dan mengajak, bukan memaksa orang lain.

  1. Berpaling pada Orang yang Bodoh

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ

Dalam Al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 199 kita diperintahkan untuk menyuruh orang lain berbuat ma’ruf sat ceramah agama Islam. Artinya kita mengajak untuk senantiasa berbuat baik, beamal solih. Di sisi lain, ayat ini juga menyuruh kita untuk berpaling dari orang bodoh. Orang bodoh di sini maksudnya adalah orang-orang yang sudah beku hatinya, tidak mau mendengarkan apapun tentang Islam, benci pada Islam, dan tidak sesat. Melakukan pidato agama Islam pada orang-orang yang demikian akan sia-sia karena mereka tidak akan mau mendengarkannya. Ibarat masuk telinga kanan keluar telinga kiri, hanya menjadi angin lalu saja. Jadi, utamakan ceramah kepada orang-orang yang masih mau diajak mematuhi Islam.

  1. Memberi Peringatan

فِرُّوا إِلَى اللَّهِ ۖ إِنِّي لَكُمْ مِنْهُ نَذِيرٌ مُبِينٌ وَلَا تَجْعَلُوا مَعَ اللَّهِ إِلَٰهًا آخَرَ ۖ إِنِّي لَكُمْ مِنْهُ نَذِيرٌ مُبِينٌ

Bagaimana cara menghadapi orang-orang yang tidak mau mengikti Islam? Sesuai petunjuk dalam Al-Qur’an surat Ad-Dzariyat ayat 50 dan 51, maka kita harus memberi peringatan kepada mereka. Dalam ceramah agama Islam, kita harus mengajak orang lain beriman kepada Allah dan jangan sekali-kali menyekutukan Dia karena jika kita menyekutukan Allah, maka kita harus siap disiksa dalam neraka kelak. Padahal siksa neraka amatlah pedih. Jika perlu, gambarkan bagaimana siksaan dalam neraka seperti yang ada dalam Al-Qur’an ataupun hadits.

Itulah beberapa tips dalam melakukan ceramah Islam. Sekarang, kita tahu kalau ternyata melakukan ceramah agama Islam itu tidak mudah dan banyak resikonya. Jadi, kita harus benar-benar yakin dan juga sabar. Dengan mengikuti tips di atas dan memperdalam ilmu agama, insya Allah kita bisa menjadikan Islam semakin berkembang.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!