Hati-hati! Syirik Bisa Bikin Pahala Amal Sholih kita Hilang!?

0
673

Syirik merupakan dosa terbesar pertama yang dinasihatkan oleh Rasulullah kepada kita umatnya agar dihindari. Syirik masuk dalam jajaran dosa-dosa besar yang dijelaskan oleh Rasulullah S.A.W dalam sebuah hadits riwayat Bukhari 5977. Dan syirik sendiri disebutkan di awal oleh Rasulullah yang menandakan bahwa dosa syirik atau menyekutukan Allah adalah dosa yang teramat besar dan berbahaya.

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ الْوَلِيدِ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، قَالَ حَدَّثَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، قَالَ سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ ـ رضى الله عنه ـ قَالَ ذَكَرَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم الْكَبَائِرَ، أَوْ سُئِلَ عَنِ الْكَبَائِرِ فَقَالَ ‏”‏ الشِّرْكُ بِاللَّهِ، وَقَتْلُ النَّفْسِ، وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ ‏”

Selain ditengarai sebagai dosa yang berbahaya, syirik ternyata juga memberikan kejelekan yang fatal bagi pelakunya. Yakni hilangnya segala pahala amal sholih dari orang tersebut. Orang yang telah melakukan syirik dan menyekutukan Allah dengan apapun itu. Tidak peduli seberapa baik tabiatnya. Seberapa dihormatinya orang tersebut. Siapapun dia. Allah tidak peduli! – Semua amal yang telah ia lakukan akan lenyap bagaikan ditelan oleh Angin.

Ancaman Allah tentang syirik dan hilangnya amal sholih dalam Al Quran

Bila sobat cahayaislam masih ragu-ragu dengan statemen kami perihal bahwa pahala amal sholih kita bisa hilang begitu saja bila kita melakukan sebuah kemusyrikan. Maka sobat bisa menengok sejenak pada satu ayat Al Quran dalam surat Az Zumar ayat 65:

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Dan sungguh telah diturunkan wahyu atasmu dan para utusan sebelum kamu. “Apabila kamu mempersekutukan (Syirik), ketahuilah niscaya terhapuslah segala amalmu dan tentu engkau termasuk orang-orang yang rugi.

Dalam nukilan surat Az Zumar ayat 65 diatas kita bisa mengambil hikmah bahwa Rasulullah. Ya! Rasulullah, sebagai pribadi yang mulia serta para nabi-nabi terdahulu yang merupakan orang-orang pilihan Allah untuk menyebarkan ajaran islam sekalipun tidak akan diberi maaf oleh Allah. Orang-orang suci dan hebat seperti mereka bahkan diancam oleh Allah akan dihapus segala pahala amal sholihnya bila mereka sampai berani berbuat Syirik kepada Allah.

Lalu bagaimana dengan kita yang notabene merupakan orang biasa? Kita bukan utusan Allah! Denga begitu kita bisa menyimpulkan bahwa Syirik adalah dosa yang menakutkan. Allah tidak memandang siapapun itu. Sekali orang tersebut berani melakukan tindakan Syirik. Maka mutlak pahala kebaikan yang pernah dia lakukan akan hilang dan terhapuskan.

Menjadi pribadi yang selalu bersyukur agar terhindar dari Syirik

بَلِ اللَّهَ فَاعْبُدْ وَكُنْ مِنَ الشَّاكِرِينَ

Ayat diatas merupakan lanjutan ayat ancaman yang ada dalam surat Az Zumar 65. Ayat 66 diatas menjelaskan solusi agar kita terbebas dari praktik syirik. Yakni dengan selalu mempersembahkan ibadah kita dan segala aspek kehidupan kita hanya untuk Allah semata. Jangan sekali-kali kita beribadah dengan niyat selain Allah. Dalam ayat tersebut ada pula kalimat: dan hendaklah kalian menjadi orang-orang yang bersyukur.

Kenapa bersyukur terselip dalam ayat ini? – Karena dengan menjadi bersyukur kita bisa jauh dari kemusyrikan. Sobat cahayaislam bisa lihat diluar sana banyak orang-orang yang kurang bersyukur. Orang-orang menemui dukun dan membuat perjanjian dengan syetan agar menjadi kaya. Mereka tidak bersyukur atas pemberian dari Allah kepada mereka. Untuk itu menjadi pribadi yang bersyukur adalah suatu hal yang bisa memberikan segel aman dari syirik. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!