Apakah Istri yang Bisa Memasak adalah Istri yang Baik Menurut Rasulullah?

0
1011

Lelaki mana sih yang tidak ingin mendapatkan istri yang cermat dan cekatan dalam rumah tangga? pribadi yang bisa diandalkan sebagai penyulut semangat rumah tangga dengan kemampuan yang jago masak? – Wow! Sungguh istri-istri yang selalu di dambakan oleh banyak orang. Jujur, menurut pendapat tim Cahayaislam. Semakin pintar istri dalam hal menghadapi urusan rumah tangga (contohnya memasak yang akan kita bahas pada artikel ini), maka semakin baik pula. Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah: Apakah istri yang baik menurut Rasulullah adalah yang pintar memasak?

3 ciri wanita terbaik menurut Rasulullah

Terlepas dari hadits-hadits lain yang pernah tim Cahayaislam nukil tentang kriteria wanita muslimah pada kesempatan sebelumnya yang teramat sangat banyak. Ada satu hadits relevan dengan pembahasan kita kali ini. Hadits tersebut adalah hadits riwayat Nasa’i yang bernomor 3231 yang disepakati sebagai hadits hasan.

أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ، قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ، عَنِ ابْنِ عَجْلاَنَ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَىُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ ‏ “‏ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلاَ تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ

Dalam hadits diatas dijelaskan bahwa seseorang pernah bertanya tentang kriteria wanita terbaik kepada Rasulullah. Kemudian Rasulullah menjawab bahwa wanita terbaik adalah mereka yang menyenangkan suaminya bila dilihat, mereka yang ta’at dan patuh kepada suaminya dan mereka yang tidak menyelisihi suaminya dalam hal harta dan dirinya.

Menyenangkan ketika dilihat disini maknanya tidak dangkal lho ya sobat Cahayaislam. Hal ini tidak berarti bahwa menyenangkan dalam pandangan hanya sebatas pada wanita dengan paras rupawan dan jelita saja. Makna penekanan yang ada dalam kata تَسُرُّهُ disini lebih universal dalam artian bisa menyenangkan suami dalam hal apapun. Nah, terkait dalam pembahasan masak-memasak kali ini. Banyak para alim ulama yang meyakini bahwa wanita yang jago memasak dinilai lebih besar kesempatannya untuk memenuhi kriteria “menyenangkan suami” disini.

Keterkaitan antara skill Memasak dan kebiasaan masyarakat

Namun, hal itu tidak sepenuhnya mutlak berisi hukum yang menyatakan bahwa istri yang baik adalah dia yang pintar memasak. Rasulullah tidak pernah menyinggung hal tersebut dalam sunnahnya. Namun, secara tersirat mungkin beberapa kali sobat mendengar hadits ketika istri-istri Rasulullah menyiapkan makanan untuk beliau atau menjamu tamu dan sahabat Rasulullah (yang merupakan indikasi bahwa istri-istri Rasulullah memiliki skill memasak).

Para alim ulama yang telah tim Cahayaislam temui dan tanyai perihal perkara ini menyatakan bahwasanya pintar atau tidaknya seorang istri dan hubungannya dengan kriteria wanita terbaik menurut Rasulullah itu harus dikaji dalam perspektif urf (kebiasaan masyarakat). Daerah tempat tinggal Rasulullah berbeda dengan tempat tinggal kita, jadi kita tidak bisa sekonyong-konyong menyatakan hal seperti ‘wanita yang baik menurut Rasul itu yang jago masak’.

Mengurus Rumah adalah hal utama bagi Istri

Dalam Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 33 dijelaskan pula sebuah firman Allah kepada istri-istri Rasulullah (yang secara otomatis berlaku untuk kaum muslimah). Allah memerintahkan dalam surat itu bahwa hendaklah mereka para istri untuk tetap berada di dalam rumah dan tidak keluar rumah dengan berdandan layaknya orang jahiliyah.

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

Dalam ayat ini ada pesan tersirat bahwasanya mengurus rumah (termasuk memasak) adalah hal yang lebih harus diutamakan oleh seorang istri dibandingkan kegiatan di luar rumah. Semoga bisa dijadikan pelajaran dan diambil manfaatnya ya sobat muslimah cahayaislam semuanya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!