Agung Saga Terlibat Kasus Narkoba, Inilah Cara Menangani Kecanduan Narkoba dalam Islam!

0
34

Agung Saga – Belum lama ini, sang pemain FTV Agung Saga terlibat dalam kasus narkoba. Berawal dari datangnya sebuah informasi pada pihak kepolisian, Maret tahun lalu. Akhirnya, dengan berbagai pengintaian, Agung Saga berhasil ditangkap di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Hingga kini, kasus narkoba tidak pernah surut. Hal ini sebagai bukti banyaknya pengguna yang kecanduan narkoba.

Sobat Cahaya Islam, penggunaan narkoba secara tegas dilarang dalam Islam. Hal ini hendaknya dihindari dengan penuh tekad yang kuat. Sebagai salah satu langkah agar terhidari dari hal-hal yang membahayakan jiwa maupun kesehatan penggunanya. Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur kecanduan? Jangan khawatir, Allah SWT Maha Penerima Taubat.

Apakah Agung Saga Seorang Pecandu? Bagaimana Cara Menangani Kecanduan Narkoba?

Terlibatnya Agung Saga dalam kasus narkoba, memungkinkan dirinya menjadi pecandu. Lalu, bagaimana untuk mengatasi kecanduan narkoba dalam Islam? Berbagai aspek kehidupan senantiasa memiliki aturan tertentu. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk menciptakan kehidupan manusia berpedoman pada hukum sesuai Islam, sehingga kehidupan yang aman dan tenteram pun mudah didapatkan.

Islam secara tegas melarang konsumsi segala jenis makanan dan minuman yang memabukkan. Begitu pun narkoba, yang dapat mengakibatkan akal dan moral manusia menjadi rusak. Lalu, bagaimana jika terlanjur menjadi pecandu? Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut:

1.   Niat yang Sungguh-Sungguh

Apapun kebaikan yang akan dilakukan, hendaknya diawali dengan niat yang sungguh-sungguh. Senantiasa disertai keyakinan yang kuat agar terlepas dari jeratan narkoba yang membahayakan. Motivasi yang kuat serta niat yang tulus untuk tidak menyalahgunakan narkoba, mengartikan bahwa pecandu melakukan taubatan nasuha (tobat yang sebenar-benarnya).

Taubat yang sungguh-sugguh dapat terlihat seberapa kuat kemauannya untuk berbuat. Meluangkan waktu yang lebih banyak, hingga rela meninggalkan pekerjaan lainnya dan mengeluarkan biaya yang dibutuhkan. Selanjutnya, ketekunanan dalam mengerjakan setiap tahapannya.

2.   Bersuci

Selanjutnya, senantiasa suci dari hadas kecil maupun besar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara berwudhu atau pun mandi. Dalam upaya penyembuhan pecandu narkoba, mandi biasanya dijadikan sebagai salah satu terapi.

Istilah lainnya terhadap teknik tersebut yakni hidro terapi. Di dalam Al-Qur’an mandi dengan air akan membantu membersihkan dan menghilangkan beragam bentuk godaan syaithan yang menyesatkan.

Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an:

إِذْ يُغَشِّيكُمُ النُّعَاسَ أَمَنَةً مِنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً لِيُطَهِّرَكُمْ بِهِ وَيُذْهِبَ عَنْكُمْ رِجْزَ الشَّيْطَانِ وَلِيَرْبِطَ عَلَىٰ قُلُوبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ الْأَقْدَامَ

 “(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan mesmperteguh dengannya telapak kaki(mu). (Qs. Al-Anfal: 11)

3.   Mendirikan Shalat

Jangan lupa untuk mendirikan shalat. Rukun Islam kedua ini merupakan kewajiban yang hendaknya dipenuhi setiap muslim. Padadasarnya, shalat merupakan salah satu ibadah yang amat menyehatkan serta memberikan kebugaran pada tubuh. Dalam setiap geraknnya senantiasa memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh.

Mulai dari gerakan takbiratulihram hingga gerakan salam mengandung dampak positif bagi tubuh. Setiap urat-urat badan, persendian, tulang-tulang hingga pembuluh darah pun akan lebih normal. Maka dari itu, shalat hendaknya menjadi salah satu ibadah yang harus didirikan setiap waktu.

4.   Melaksanakan Puasa

Cara lainnya yakni dengan melaksanaan puasa. Ketika niat yang tulus tertanam dalam hati, melaksanakan puasa pun tidak akan sulit dilakukan. Selain shalat, puasa juga menjadi salah satu ibadah yang menyehatkan. Dengan berpuasa, seorang pecandu dilatih untuk mengendalikan dirinya dari keinginan untuk mengkonsumsi narkoba.

5.   Berdzikir dan Membaca Al-Qur’an

Dua unsur dalam diri manusia, jasmani dan rohani senantiasa diberikan nutrisi yang baik. berdzikir menjadi salah satu nutrisi untuk menjadikan rohani lebih sehat. Selain itu, dengan berdzikir akan senantiasa mengingat Allah SWT dalam segala hal yang dilakukan. Barengi dengan membaca Al-Qur’an yang memiliki fungsi asy-syifa  yakni obat hati bagi siapa saja yang membacanya.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani kecanduan narkoba. Kasus yang menimpa Agung Saga, senantiasa menjadi pengingat untuk semua. Apa yang dilarang dalam Islam adalah kebaikan untuk semua. Kalau pun melanggarnya akan mendatangkan madharat yang amat merugikan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY