3 Tipe Perbuatan Dzalim yang Harus Kita Hindari (Bagian 2)

0
385

Selamat Sore! Sobat cahayaislam yang dimuliakan oleh Allah. Pada kesempatan sebelumnya tim cahayaislam telah membahas tipe perbuatan dzalim yang pertama (yang belum baca bisa cek DISINI). Dzalim yang pertama dalam artikel part 1 adalah dzalim kepada Allah yang banyak dilakukan manusia dengan jalan syirik dan praktik-praktik yang merupakan larangan dari Allah. Berkaitan dengan tipe Dzalim kedua, sobat pembaca bisa menilik satu kutipan di Surat Asy-Syura ayat 42. Sungguh dosa itu bagi mereka yang menganiaya manusia dan melampaui batas-batas haknya di muka bumi. Mereka akan mendapatkan adzab yang teramat pedih.

إِنَّمَا السَّبِيلُ عَلَى الَّذِينَ يَظْلِمُونَ النَّاسَ وَيَبْغُونَ فِي الْأَرْضِ بِغَيْرِ الْحَقِّ ۚ أُولَٰئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Nah, berbicara tentang larangan serta kengerian perbuatan zalim yang menurut ayat diatas diancam olah Allah akan dimasukkan kedalam neraka dengan adzab Allah yang pedih. Kita sebagai orang beriman wajib untuk berusaha sekuat tenaga agar tidak melakukannya (baik secara sengaja maupun tidak). Oleh karena itu penting adanya kita mengetahui berbagai tipe-tipe dari perbuatan dzalim itu sendiri. Lalu bagaimana tipe perbuatan dzalim yang kedua? Mari kita bahas bersama-sama:

Tipe zalim kedua: Berbuat Dzalim Kepada Orang lain atau sesama makhluk

Tipe perbuatan dzalim yang kedua ini sangatlah umum terjadi dalam kehidupan manusia. Terlampau banyak bentuk kezaliman tipe kedua ini rawan terjadi dan kita lakukan. Contoh konkret yang sangat jelas adalah bentuk kekerasan kepada orang lain baik fisik maupun verbal. Kezaliman kepada orang lain dalam bentuk fisik misalnya memukul, menyakiti orang tanpa haq. Sedangkan kezaliman pada orang lain dalam bentuk verbal misalnya menebar fitnah, mengejek, menghujat, merendahkan orang lain dan masih banyak lagi.

Dalam islam kita memiliki batasan dan aturan serta adab yang telah diajarkan oleh Rasulullah kepada umatnya. Banyak orang-orang saling menghina dan mencela satu sama lain. Terlebih dengan adanya sosial media yang menjadi “sarana” jajak pendapat. Tempat setiap orang bisa berbicara semaunya. Banyak kasus dimana orang-orang bertikai lewat sosial media hingga putus tali persaudaraan dan tercipta perpecahan. Padahal dalam surat Al Hujurat ayat 11 kita sudah diberi wejangan oleh Allah agar tidak merendahkan satu sama lain.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ ۖ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ ۚ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Zalim kepada sesama makhluk itu maksudnya gimana?

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Telah terlihat kekacauan/kerusakan di daratan dan lautan karena sebab perbuatan tangan manusia. Hal ini karena Allah ingin supaya mereka merasakan dari akibat apa yang mereka perbuat agar mereka kembali pada jalan yang benar (Surat Ar-Rum ayat 41)

Kami mencantumkan pada poin diatas perbuatan dzalim kepada orang lain dan pada sesama makhluk lain tidak tanpa alasan. Maksud sikap menganiaya pada sesama makhluk ini maksudnya adalah perilaku-perilaku yang merugikan dan menganiaya kepada makhluk lain selain manusia. Banyak dari kita manusia tidak mengindahkan dan tidak peduli pada lingkungan. Kita mencemari sungai, membuang sampah sembarangan. Banyak dari kita mengeksploitasi alam secara berlebihan. Banyak dari kita berburu dan membantai hewan-hewan tanpa alasan yang bisa dibenarkan, melainkan hanya untuk kesenangan saja. Perbuatan-perbuatan semacam ini juga dihukumi sebagai kedzaliman tipe kedua.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!