Wanita Muslim Dalam Menghadapi Kehidupan Bermasyarakat

0
616

Zaman modern seperti saat ini pergaulan bermasyarakat sudah sulit dikendalikan. Kadang membuat hati kita terasa miris dan geleng kepala. Banyak sekali pergaulan bebas yang terjadi. Wanita muda yang begitu bebasnya bergaul dengan lawan jenis, memakai pakaian yang minim, hamil di luar nikah, aborsi dan masih banyak lainnya. semua itu menjadi hal yang sudah biasa di zaman modern seperti ini. tapi apakah semua itu harus dibiarkan begitu saja. entah itu wanita atau laki-laki, sebenarnya harus menjaga adab dalam bermasyarakat yang benar. lalu bagaimana seharusnya Wanita Muslim Dalam Menghadapi Kehidupan Bermasyarakat yang modern ini. Yang mungkin sudah sulit untuk dikendalikan.

Akhlak wanita muslimah harus semakin baik dan mematuhi adab yang ada. Adab wanita ini dibuat bukan untuk membatasi pergaulan wanita. Tetapi untuk melindungi dan menjaga wanita dari berbagai macam bahaya dan kejahatan di masyarakat. Berikut ini beberapa adab yang harus dipatuhi wanita dalam kehidupan bermasyarakat.

Menutup Aurat

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri isteri orang mu’min. Hendaklah mereka mendekatkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka, yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang” (QS Al Ahzab 59). Dari ayat diatas, menutup aurat bagi wanita muslim adalah wajib hukumnya, aurat wanita dari wajah sampai telapak tangan. Jadi semuanya harus tertutup. Ketika kita menutup aurat dengan benar, akan terhindar dari berbagai kejahatan dan menunjukkan sebuah identitas diri. Menutup aurat juga harus memakai pakaian yang syar’i. Saat ini masih banyak wanita berhijab tapi masih menunjukkan lekuk tubuh, akhlak wanita muslimah yang baik, memakai pakaian yang syar’i dan sesuai aturan yang tepat.

Betah Berada Di Rumah

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ

“Dan tinggallah kalian di dalam rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berdandan sebagaimana dandan ala jahiliah terdahulu” (QS Al Ahzab:33). Seorang akhlak wanita muslimah yang baik adalah yang betah berada di rumah. Memang saat ini wanita di tuntut untuk bisa bekerja di luar rumah. Dalam bermasyarakat modern, kita tidak bisa memaksakan seorang wanita untuk selalu berada di dalam rumah. Wanita tetap diperbolehkan bergaul dan bekerja, asalkan masih mematuhi adab yang ada. Tidak berkumpul dengan lawan jenis terlalu lama, pulang sampai larut malam dan masih banyak lainnya. kalau bisa wanita keluar rumah, didampingi oleh muhrimnya. Supaya bisa tetap menjaga diri.

Saling Tolong Menolong Dengan Sesama

Saling tolong menolong menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Di hidup ini, kita tidak hidup sendiri, tapi ada orang lain di sekitar kita. Oleh karena itu, kita harus saling tolong menolong dengan sesama. Seorang wanita harus berani menolong orang lain yang memang kesusahan, tetangga yang membutuhkan pertolongan, menjenguk teman yang sakit dan masih banyak lainnya. Tunjukkan akhlak wanita muslimah yang selalu memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi semua orang yang membutuhkan. Ini akan membuat bermasyarakat yang lebih damai. Wanita juga bisa menerima suatu hal yang baik dan bermanfaat bagi sesama. Asalkan tidak melanggar ketentuan syariat yang berlaku.

Ada banyak hal yang harus dilakukan wanita dalam kehidupan bermasyarakat. Tak hanya dari akhlak wanita muslimah yang baik saja. dalam hal apapun, kehidupan harus selalu berpedoman pada Al Quran dan hadist, ini akan membuat semuanya lebih mudah. di kehidupan modern seperti saat ini. wanita harus menjadi orang yang pintar, cerdas, berpendidikan tapi tak pernah meninggalkan syariat yang ada.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!