Wahai Saudaraku Janganlah Kamu Membunuh Saudaramu Yang Beriman

0
190

Assallamualaikum sahabat cahaya Islami jumpa lagi di cahaya islami yang penuh inspirasi. Sahabat yang dirahmati Allah SWT kali ini kita akan membahas kajian islam mengenai ilmu Qur’an hadist kita awali dengan membahas mengenai hukum membunuh orang yang beriman. Kita semua sebagai manusia yang hidup di dunia pasti pernah mengalami hal-hal yang menyakitkan hingga kita terkadang khilaf melakukan perbuatan dosa besar. Wahai Saudaraku Janganlah Kamu Membunuh Saudaramu Yang Beriman. Hukum membunuh saudara yang beriman merupakan kajian islam mengenai ilmu qur’an hadits yang wajib kita ketahui sebagai seorang muslim yang beriman. Dengan mengetahui hukum yang berlaku kita semua akan dapat menjalankan kehidupan ini dengan penuh rahmat dan hidayah dari Allah SWT. Kita semua tentu sering mendengar mengenai larangan maupun perintah untuk membunuh seorang mukmin yang beriman. Namun untuk itu sahabat mari kita belajar bersama-sama.

Wahai Saudaraku Janganlah Kamu Membunuh Saudaramu Yang Beriman

Sering kita dengar dalam ceramah agama perbuatan membunuh merupakan perbuatan yang terdengar keji, jahat dan menyakitkan. Kita semua pasti merinding ketika mendengarnya, apalagi ketika ada seseorang yang membunuh umat muslim yang beriman. Untuk itu sahabat mari kita belajar ilmu Qur’an hadist mengenai hukum membunuh saudara mukmin yang beriman.

Kajian islam mengenai Ilmu Qur’an hadits yang harus diketahui sahabat yang dirahmati Allah SWT, saat ini kita sering sekali mendengar berita mengenai pembunuhan di Negara kita tercinta ini, banyak sekali kasus pembunuhan yang mewarnai kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari hal sepele hingga hal yang tidak sepele, di samping itu banyak sekali orang-orang yang berkata atas nama Islam tega untuk membunuh saudara yang tidak bersalah. Banyak kasus pengeboman serta tindakan kurang manusiawi yang menghiasi kehidupan kita sehari-hari.

Hukum membunuh kaum muslim yang beriman

Ketahuilah sahabat bahwa perbuatan ini merupakan perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT, maka mari kita belajar ilmu Qur’an hadist agar kita mengerti mengenai hukum yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Sahabat yang budiman, Allah SWT berfirman :

وَمَنْ يَقْتُلْ مُؤْمِنًا مُتَعَمِّدًا فَجَزَاؤُهُ جَهَنَّمُ خَالِدًا فِيهَا وَغَضِبَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهُ وَأَعَدَّ لَهُ عَذَابًا عَظِيمًا

“Dan barang siapa yang membunuh seorang mu’min dengan sengaja maka balasannya ialah Jahanam, ia kekal di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan melaknatinya serta menyediakan azab yang besar baginya.” QS. An Nisa : 93 [1]

Jelas sekali sahabat bahwa Allah akan murka terhadap kita yang tega membunuh kaum mu’min, serta kita akan mendapatkan azab pedih di neraka.

Kata “membunuh seorang mukmin” dalam ceramah agama dijelaskan memiliki arti membunuh saudara kita yang beriman kepada Allah SWT dengan demikian apabila ada yang membunuh orang kafir dan munafik maka tidak termasuk dalam hukum ayat ini. Namun apabila kita membunuh kaum kafir yang tunduk terhadap aturan kaum muslimin maka perbuatan tersebut merupakan perbuatan dosa besar.

Dalam kajian islam dijelaskan bahwa Allah SWT mengancam siapapun yang yang membunuh kaum muslimin dengan sengaja, adapun ancaman bagi pembunuh kaum muslim dengan sengaja adalah sebagai berikut:

Ditempatkan di neraka jahannam

Ketahuilah sahabat Allah SWT akan memberikan balasan berupa siksa neraka bagi kalian yang membunuh saudara muslim yang beriman. Tidak hanya dimasukkan ke neraka jahannam sahabat, kalian semua yang tega membunuh saudara yang beriman akan Allah jadikan kekal didalamnya, naudzubillah min dzalik sahabat.

Allah akan murka, hal ini sesuai dengan kutipan ayat di atas “Allah murka kepadanya”, kutipan kalimat tersebut menunjukkan bahwa Allah akan sangat membenci orang yang tega membunuh saudara mukmin yang beriman.

Allah akan melaknat orang yang tega membunuh kaum muslim dengan sengaja

Hal ini sesuai dengan kutipan ayat “dan (Allah) melaknatinya”, jelas sekali sahabat, bahwa laknat Allah akan hadir kepada kita yang tega membunuh kaum muslim yang beriman.

Itulah sahabat hukum bagi yang membunuh kaum muslim yang beriman, dengan mengetahui hukum membuhuh saudara muslim yang beriman kita akan bisa menempatkan diri kita menjadi lebih baik serta kita tidak akan melakukan perbuatan keji seperti ini. sekian sahabat kajian ilmu quran hadist kali ini, semoga melalui kajian ini kita semua bisa menjadi hamba yang beriman dan bertaqwa. Wassalamualaikum

[1] QS. An Nisa : 93

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!