Wahai Sahabat, Janganlah Kamu Mendo’akan Hal Buruk Untuk Sahabatmu

0
442

Assalamualaikum sahabat cahaya Islami dimanapun kalian berada, kali ini cahaya Islami akan mengajak sahabat semuanya untuk mengetahui jika mendo’akan jelek bagi saudara itu ternyata berbahaya bagi diri kita sendiri? Wahai Sahabat, Janganlah Kamu Mendoakan Hal Buruk Untuk Sahabatmu. Berikut kajian islamnya

Wahai Sahabat, Janganlah Kamu Mendo’akan Hal Buruk Untuk Sahabatmu

Sahabat yang dirahmati Allah SWT kita semua tentu sering berdo’a bukan? Bahkan kita sering berdo’a untuk orang-orang disekitar kita. Pada orang yang kita sayangi kita akan mendo’akan hal-hal kebaikan untuknya. Hal ini manusiawi sahabat, namun terkadang kita juga sering mendengar larangan untuk tidak mendo’akan buruk bagi orang yang telah menyakiti. Benar atau salah sih sebenarnya? Salah satu larangan untuk berdo’a jelek kepada orang lain adalah karena do’a jelek tersebut akan merugikan kita sendiri sahabat. Lagipula kita juga akan merugi sendiri apabila mendo’akan hal-hal jelek buat orang lain.

Benar atau salah sih? Ketahuilah sahabat bahwa Allah SWT tidak akan pernah menolak do’a yang kita minta, apalagi yang meminta adalah hambanya yang sangat setia menjalankan perintah serta menjauhi larangan. Namun ketahuilah juga sahabat bahwa tidak serta merta Allah akan langsung mengabulkan do’a yang kita minta. Allah akan melihat kesungguhan kita serta bagaimana supaya kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. nah untuk itu sahabat mari kita belajar cara berdo’a yang benar serta adab ketika berdo’a. Namun sebelumnya sahabat perlu kita ketahui bersama juga dalam kajian islam dijelaskan mengenai urutan terkabulnya do’a, bisa jadi doa kita akan terkabul saat itu juga, bisa jadi do’a kita ditunda terlebih dahulu namun juga tidak menutup kemungkinan bahwa do’a kita akan Allah ganti dengan hal lain yang lebih baik. Melihat urutan ketiga do’a tersebut maka dapat kita simpulkan bersama bahwa tidak ada do’a yang tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Namun sahabat meskipun demikian dalam kajian islam kita dilarang untuk berdo’a jelek bagi orang lain.

Hukum mendo’akan jelek bagi orang lain

Benar atau salah sih do’a jelek akan merugikan diri kita sendiri? Yuk sahabat kita tengok sebentar mengenai hukum mendo’akan jelek bagi orang lain menurut kajian islam dibawah ini.

Larangan melaknat

Allah SWT berfirman :

لَيْسَ لَكَ مِنَ الْأَمْرِ شَيْءٌ أَوْ يَتُوبَ عَلَيْهِمْ أَوْ يُعَذِّبَهُمْ فَإِنَّهُمْ ظَالِمُونَ

“Tak ada sedikitpun campur tanganmu dalam urusan mereka itu atau Allah menerima taubat mereka, atau mengazab mereka karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang zalim” (QS. Ali imran:128) [1]

Cukup jelas sahabat, bahwa kita ini hanyalah manusia, kita sendiri juga belum tentu baik dan mulia, untuk itu sahabat janganlah kita mendo’akan keburukan buat sesama manusia. Berhati-hatilah kita ketika berbicara masalah laknat meskipun laknat terhadap kaum kafir sekalipun. Meskipun orang kafir tersebut berbuat salah kepada kita namun kita dilarang untuk melaknatnya bahkan hukumnya pun haram dilakukan.

Menajuhi do’a jelek lebih mulia bagi kita

Meskipun kita diperbolehkan mendo]akan keburukan bagi umat kafir yang sudah meninggal, namun alangkah lebih baik apabila kita tidak melakukan perbuatan tersebut. Karena Allah telah mempersiapkan pengadilan seadil-adilnya bagi semua umatnya. Bagaimana sahabat masih maukah mendo’akan keburukan bagi orang lain?

Allah telah melaknat orang kafir tanpa kita melaknatnya

Benar atau salah sih bahwa Allah telah melaknat orang kafir? Nah untuk itu mari kita dengar firman Allah SWT berikut ini

إِنَّ اللَّهَ لَعَنَ الْكَافِرِينَ وَأَعَدَّ لَهُمْ سَعِيرًا

“Sesungguhnya Allah melaknati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka), [2]

خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۖ لَا يَجِدُونَ وَلِيًّا وَلَا نَصِيرًا

“mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; mereka tidak memperoleh seorang pelindungpun dan tidak (pula) seorang penolong.” [3]

Sungguh sahabat Allah telah melaknat orang-orang kafir , maka untuk itu sahabat janganlah kita mudah mengucap laknat bagi mereka yang belum mau beriman kepada Allah SWT, karena kita sediripun belum tentu benar adanya.

Sekian sahabat penjelasan tentang kajian islam benar atau salah sih kali ini mengenai hukum mendo’akan kejelekan bagi orang lain. Semoga dengan adanya sedikit penjelasan ini kita bisa menjadi hamba yang selalu bersyukur dan menjadi hamba yang tidak mudah berkata buruk kepada orang lain. Wassalamualaikum warrahmatullah.

[1] QS. Ali imran (3) : 128

[2] QS. Al-Ahzab (33) : 64

[3] QS. Al-Ahzab (33) : 65

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!