Usut Tuntas Hukum Memakai Parfum bagi Wanita Muslim!

0
1117

Sobat Cahayaislam pernah nggak sih suatu ketika sedang mengendarai motor dijalan kemudian tiba-tiba mencium aroma wangi yang menyengat dari pengendara lain yang mendahului kita? Atau mungkin sobat Cahayaislam sedang mengikuti sebuah acara atau event besar dimana banyak orang berkumpul tumpah ruah dalam satu ruangan dan anda bisa mencium beberapa bau parfum yang berbeda terkumpul dalam suatu ruangan tersebut? Jika pernah, berarti sobat semua nggak sendirian!

Dizaman sekarang parfum sudah menjadi hal lumrah dan bahkan penting, hingga banyak orang rela membayar mahal untuk membelinya, terutama kaum hawa. Namun tahukah anda bila dalam islam penggunaan wewangian ada tuntunannya? Spesial untuk wanita muslim, kami akan usut tuntas hukum memakai parfum bagi wanita muslim disini secara lengkap.

Wanita tidak boleh pakai parfurm berlebihan!

Sesuatu yang berlebihan itu selalu membawa kemudharatan. Bahkan dalam Al-Qur’an, Allah telah melarang keras hal-hal yang berlebihan dalam surah Al-A’raf 31 karena (إِنَّهُ لاَ يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ) Allah tidak menyukai hal-hal yang berlebihan secara menyeluruh (tidak hanya untuk kaum wanita). Adapun tentang hukum memakai parfum bagi wanita muslim secara eksplisit, Rasulullah dalam haditsnya juga telah melarang para kaum wanita untuk menggunakan parfurm secara berlebihan karena memiliki konskuensi hukum yang lumayan menampar.

Hukum seperti orang yang berzina/menyerupai Pelacur bila orang disekitarnya bisa mencium baunya

أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ

Hadits diatas menerangkan dengan sangat jelas bahwasanya mereka kaum wanita yang menggunakan wewangian atau parfum yang berlebihan sehingga menyebabkan orang-orang disekitarnya bisa menciumnya, maka Rasulullah besabda bahwasanya hukumnya sama dengan melakukan zina.

Zina merupakan salah satu dosa besar yang berat khafaroh nya dan dilarang keras oleh Rasulullah. Hal itu sampai sampai disamakan oleh Rasulullah dengan larangan wanita memakai parfum! Menurut beberapa keterangan yang telah tim Cahayaislam dapatkan, lafal (زَانِيَةٌ), bisa diartikan dalam dua keterangan yaitu seperti orang yang berzina atau tak ubahnya seperti orang yang ahli zina (pelacur). Tentu sobat muslimah Cahayaislam tidak sudi dong disamakan dengan itu?

Beberapa alim ulama juga menjelaskan bahwasanya keterangan disamakannya wanita yang menggunakan parfum atau wewangian yang berlebihan dengan pezina adalah karena wewangian tersebut bisa menjadi pemicu pandangan dari orang-orang yang menciumnya. Rasulullah bersabda bahwa pandangan-pandangan syahwat yang dikarenakan aroma parfum tersebut dosanya akan ditanggung oleh wanita tersebut dan pandangan-pandangan syahwat tersebut dianggap sebagai zina mata. Itu dia sekilas parahnya konsekuensi hukum memakai parfum bagi wanita muslim yang pertama.

Tidak diterima sholatnya sampai menghilangkan bau parfum dibadannya

أيما امرأة تطيبت ثم خرجت إلى المسجد لم تقبل لها صلاة حتى تغتسل

Dalam hadits riwayat ahmad diatas, secara gamblang dijelaskan bahwasanya mereka para wanita yang keluar dengan mengenakan parfum yang berlebihan untuk sholat. Maka shalatnya tersebut tidak diterima sampai dia menghilangkannya (mandi). Sobat muslimah Cahayaislam tentu tidak mau dong kalau ibadah shalat kita menjadi sia-sia hanya karena kita menggunakan parfum yang berlebihan? Jadi hukum memakai parfum bagi wanita muslim bahkan berhubungan dengan diterima atau tidaknya ibadah kita lho!

Nah, sekarang sobat Muslimah Cahayaislam sudah tahu kan tentang kaidah memakai parfum dalam islam. Untuk itu mulai sekarang marilah kita lebih berhati-hati dan mencoba yang terbaik untuk tetap mematuhi perintah Allah dan Rasul. Salam taqwa!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!