Trik Bisa Berqurban Unta di Indonesia

0
712

Pernah nggak sih sobat Cahayaislam yang ada di Indonesia ini memiliki pemikiran “wah pasti mantab nih kalau bisa berqurban unta di Indonesia yang tidak ada unta ini!” – Bila sobat Cahayaislam sudah melaksanakan ibadah haji, maka pemandangan qurban dengan unta sudah tidak asing. Itu karena memang habitat unta berada ditanah gersang di dataran timur tengah sana. Sedangkan di Indonesia, kita hanya mengenal hewan qurban seperti sapi dan kambing. Namun jangan khawatir sobat Cahayaislam, walaupun di Indonesia tidak ada unta, kita tetap bisa kok berqurban yang setara dengan unta.

1 ekor unta setara dengan 7 sampai 10 ekor kambing

Ada satu hadits yang Sahih ternukil dari riwayat Sunan Ibnu Majjah (3134). Hadits tersebut memiliki cerita yang serupa dengan kita yang berada di Indonesia, dimana unta sangat jarang ditemui. Dalam hadits tersebut diceritakan ada satu rojul kaya yang mendatangi Rasulullah untuk bertanya suatu hukum tentang berqurban dan permasalahan yang dia hadapi.

Rojul tersebut menyatakan permasalahannya kepada Rasulullah bahwa dia diberi kemudahan untuk berqurban unta (karena dia kaya), namun ditempat dia tinggal dia kesulitan untuk menemukan satu unta untuk dijadikan qurban. Mendengar hal itu, Rasulullah kemudian memerintahkan rojul kaya tersebut untuk mengganti unta yang memang sukar ditemui ditempat tinggalnya dengan 7 ekor kambing.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَعْمَرٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ الْبُرْسَانِيُّ، حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، قَالَ قَالَ عَطَاءٌ الْخُرَاسَانِيُّ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ النَّبِيَّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ أَتَاهُ رَجُلٌ فَقَالَ إِنَّ عَلَىَّ بَدَنَةً وَأَنَا مُوسِرٌ بِهَا وَلاَ أَجِدُهَا فَأَشْتَرِيَهَا ‏.‏ فَأَمَرَهُ النَّبِيُّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ أَنْ يَبْتَاعَ سَبْعَ شِيَاهٍ فَيَذْبَحَهُنَّ

Cerita unta temuan para Sahabat di Yaman

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، حَدَّثَنَا الْمُحَارِبِيُّ، وَعَبْدُ الرَّحِيمِ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ مَسْرُوقٍ، وَحَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ زَائِدَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ مَسْرُوقٍ، عَنْ عَبَايَةَ بْنِ رِفَاعَةَ، عَنْ رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ، قَالَ كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ وَنَحْنُ بِذِي الْحُلَيْفَةِ مِنْ تِهَامَةَ فَأَصَبْنَا إِبِلاً وَغَنَمًا فَعَجِلَ الْقَوْمُ فَأَغْلَيْنَا الْقُدُورَ قَبْلَ أَنْ تُقْسَمَ فَأَتَانَا رَسُولُ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ فَأَمَرَ بِهَا فَأُكْفِئَتْ ثُمَّ عَدَلَ الْجَزُورَ بِعَشَرَةٍ مِنَ الْغَنَمِ

Dari hadits diatas, dijelaskan pula bahwa suatu ketika Rasulullah melakukan perjalanan bersama para sahabatnya. Sesampainya rombongan di daerah Yaman, mereka menemukan seekor unta tanpa pemilik yang berkeliaran disekitar mereka. Beberapa orang yang ada di rombongan tersebut kemudian menangkap dan menyembelih unta tersebut dan memasaknya dalam sebuah periuk besar.

Tak lama berselang datanglah Rasulullah yang mendapati hal itu. Rasulullah kemudian geram karena beberapa orang menangkap unta yang bukan miliki mereka dan memasaknya. Rasulullah memerintahkan untuk membuang isi periuk yang berisi olahan daging unta tersebut sebelum sempat dibagi-bagikan kepada para sahabat. Kemudian Rasulullah mengganti unta tersebut dengan sekitar 10 ekor kambing.

Dari kedua hadits diatas kita bisa menyimpulkan bahwasanya perbandingan satu ekor unta itu berkisar setara antara 7 sampai 10 ekor kambing. Nah, kita yang hidup di Indonesia dimana unta sangat jarang ditemui ini bisa kok tetap berqurban yang setara seperti kita berqurban seekor unta. Cukup ikuti perhitungan berdasarkan hadits diatas.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!