Tips Terhindar Dari Maksiat Ala Rasullullah

0
203

Hidup ini adalah milik yang maha kuasa dan kepada yang maha kuasa pula kita akan kembali. Mengingat hal tersebut, sebagai umat islam yang baik, sebaiknya kita selalu ingat untuk berbuat baik. Kita harus menghindari perbuatan maksiat yang akan menyesatkan kita kepada dosa yang besar dan menuntun kita kepada neraka. Ketika kita hidup, kita tentu ingin masuk surga setelah umur kita usai, namun, untuk masuk surga sendiri, kita harus beramal baik dan menghindari maksiat. Pada kesempatan ini, saya akan mengajak sobat cahaya islam untuk mempelajari tips terhindar dari maksiat ala rasullullah sehingga kita akan dijanjikan surga ketika kita sudah tiada nanti.

Tips Terhindar Dari Maksiat Ala Rasullullah

Ghodul Bashar atau Menundukkan Kepala

Tips terhindar dari maksiat yang pertama bagi anda untuk menghindari maksiat adalah dengan menundukkan kepala atau Ghodul Bashar. Maksud dari menundukkan kepala adalah menjaga pandangan kita sehingga mata kita tidak kemana mana sobat. Mata kita adalah indra yang biasanya membuat kita mudah tergoda. Tentunya kita bisa merasakan hal itu. Ketika kita melihat seorang yang cantik dan ganteng, tentu kita akan tertarik pada mereka. Ketika kita melihat barang yang bagus atau makanan yang enak, kita pasti juga akan menginginkan hal tersebut, karena memang mata kita sangatlah mudah menarik perhatian hasrat kita.

Berpuasa

Selanjutnya, tips terhindar dari maksiat yang efektif dari Rasullullah adalah berpuasa. Berpuasa tentunya sangat baik bagi kita karena puasa biasanya mengajarkan kita untuk menahan hawa nafsu. Secara biologis, puasa juga memberikan efek untuk mendorong nafsu biologis kita menjadi lebih lemah. Karena itu, kita akan memiliki kekuatan lebih untuk menahan diri dari godaan kemaksiatan. Namun, saat berpuasa, menjaga mata kita tetaplah sulit jadi kita juga disarankan untuk tetap menundukkan kepala kita untuk hal tersebut. Berpuasa sendiri tidak harus di bulan Ramadhan, kita bisa melaksanakan puasa sunnah sebagai kiat terhindar dari maksiat kita.

Menikah

Untuk tips terhindar dari maksiat yang utama, menikah adalah tips untuk menghindarkan kita dari dosa yang sangat berat. Menikah adalah cara untuk melepaskan kita dari bahaya zina. Zina adalah dosa yang sangat sulit diampuni karena itu, kita harus sebisa mungkin menghindarinya. Ketika umur kita sudah sampai, kita disarankan untuk menikah sehingga kita bisa menyalurkan hasrat kita secara syah dan halal tentunya.

Bahaya Maksiat

Kenapa kita harus mempelajari tips terhindar dari maksiat, hal itu karenakan sangat buruknya bahaya dari maksiat itu sendiri. Seperti yang dikatakan dalam QS. Al-Anfal 25 :

وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.”

dimana kita diharuskan mengetahui akan bahaya dari maksiat itu sendiri. Bahaya maksiat yang akan kita dapat pertama meliputi terhalangnya ilmu pengetahuan, terhalangnya rizki, menjauhkan diri kita dari Allah SWT, menjauhkan pelaku dari orang lain, dan masih banyak lagi. Tentu saja mengalami hal tersebut akan membuat hidup kita semakin terpuruk dan dapat menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, bagi sobat cahaya islam yang berfikir, tentunya kita harus mengikuti tips terhindar dari maksiat ala nabi tersebut karena akan membawa manfaat dan faedah bagi kita. Dengan mengerti apa yang harus dijauhi tentunya akan membuat kita mendapatkan kehidupan yang lebih damai dan jauh dari kemudharatan. Pastikan kita juga mengajak orang di sekitar kita untuk menghindari maksiat agar kita juga menyelamat orang di sekitar kita dari kemungkaran dan kemudharatan kemaksiatan sendiri.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!