Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa dengan Lancar dan Tanpa Gangguan (Part 1)

0
544

Alhamdulillah, kita panjatkan puju syukur kita kepada Allah SWT yang telah mengizinkan kita menemui lagi bulan suci Ramadhan yang penuh rahmat dan barokah. Tentunya sebagai orang islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah dengan menjalani segala kewajiban dalam rukun iman yang salah satunya termasuk menjalankan ibadah puasa, kita harus menjadikan momentum Ramadhan kali ini menjadi bulan dimana kita bisa lebih dekat kepada Allah. Pastinya, ada target yang ingin sobat Cahayaislam capai di bulan Ramadhan ini. Mungkin beberapa dari sobat Cahayaislam sudah mentargetkan untuk berbagi takjil dan bersedekah sebanyak mungkin, atau bisa juga memiliki target mengkhatamkan bacaan tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadhan ini, dan masih banyak target-target yang ingin dicapai. Tapi sebelum kita membahas perihal amalan-amalan tersebut, tentunya kita harus mentargetkan terlebih dahulu untuk menyelesaikan ibadah puasa kita dengan lancar sampai hari raya tiba nanti (Amiin, semoga kita bisa melaluinya tanpa gangguan dan halangan). Dalam kesempatan kali ini, tim Cahaya islam akan membawakan beberapa tips seputar hal ini.

Tim Cahayaislam sudah melakukan beberapa riset dan mondar-mandir kesana kemari menemui beberapa ahli kesehatan dan diet untuk menanyakan beberapa tips-tips melaksanakan puasa yang oke supaya kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan tanpa gangguan. Beberapa experts yang tim Cahayaislam temui adalah beberapa pakar gizi dan ahli kesehatan. Ingin tahu seperti apa tips sehat menjalankan puasa yang harus dilakukan agar kita bisa melaksanakan ibadah puasa kita dengan lancar? Simak deh:

Kenali waktu ini untuk Memaksimalkan Asupan Nutrisi

Menurut salah satu teman tim Cahayaislam yang merupakan pakar gizi, ada tiga waktu krusial yang harus diperhatikan oleh muslim yang berpuasa: (1) Waktu berbuka, (2) Waktu Menjelang Tidur, dan (3) Waktu Sahur. Adalah bijak untuk kita kenali waktu-waktu ini untuk membantu agar badan kita tetap fit selama puasa, agar sobat Cahayaislam semua bisa memaksimalkan ibadah kepada Allah. Beberapa pakar gizi yang tim Cahayaislam temui mengatakan bahwa kita harus memaksimalkan asupan nutrisi pada 3 waktu tersebut sebagai tips sehat menjalankan puasa yang tepat.

Ketika berbuka puasa, usahakan jangan terlalu berlebihan dalam makan. Makanlah dengan porsi yang biasa! Kebanyakan orang yang berpuasa, mereka akan mengalami euphoria yang tinggi ketika adzan maghrib tiba dan kemudian kalap makan berbagai macam makanan. Pada akhirnya kekenyangan dan parahnya memberikan efek “malas-malasan” untuk beranjak ke masjid untuk melaksanakan shalat tarawih. Memaksimalkan asupan nutrisi tidak berarti harus makan banyak. Ini adalah persoalan kualitas, bukan kuantitas, kata salah seorang pakar gizi yang tim Cahayaislam temui. Tips kenali waktu ini juga berlaku untuk waktu sebelum kita beranjak tidur. Banyak pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengkonsumsi camilan sehat (seperti buah-buahan) atau minuman berprotein tinggi. Selain itu, diwaktu sahur, menurut para pakar gizi, sebaiknya kita melaksaknakan sahur yang mepet atau diakhir waktu.

Keajaiban Air Mineral agar puasa kita lebih nyaman untuk dijalani

tips sehat menjalankan puasa yang lain dari para pakar gizi dan kesehatan untuk menunjang puasa kita adalah dengan menggunakan keajaiban air mineral agar puasa kita lebih nyaman untuk dijalani! Perbanyak minum air mineral pada jenjang waktu antara sehabis berbuka puasa sampai akhir waktu sahur. Selain menjaga tubuh kita agar tidak mudah mengalami dehidrasi dalam menjalankan puasa. Air mineral akan menjaga matabolisme tubuh serta proses detoksifikasi yang berjalan didalam organ kita. Ada baiknya sobat Cahayaislam menjauhi minuman-minuman yang banyak mengandung kandungan caffein tinggi. Hal ini karena menurut para pakar kesehatan yang tim Cahayaislam temui, caffeine memiliki sifat diuretikal yang berkebalikan dengan air mineral dimana tubuh akan gampang kehilangan cairan.

Nah, itu dia beberapa tips sehat menjalankan puasa yang bisa kami ulas pada kesempatan ini. Tentunya tips ini akan dilanjutkan pada kesempatan yang lain. Jangan lewatkan tips sehat berpuasa part selanjutnya yang insha Allah dalam waktu dekat akan kami ulas. Semoga Ibadah puasa yang kita jalani diberi kelancaran dan jauh dari hambatan serta dekat dengan kebarokahan dan rahmat dari Allah. Amiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!