Tips sehat menjalakan ibadah puasa dengan lancar dan tanpa gangguan (part 2)

0
499

Halo sahabat Cahayaislam yang dirahmati Allah! Pada kesempatan sebelumnya kami telah memberikan beberapa tips sehat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan tanpa gangguan bagian pertama yang meliputi mengenal 3 waktu krusial ketika puasa serta memanfaatkan keajaiban air mineral. Tak jemu-jemu kami mencari beberapa sumber dari pakar yang mumpuni untuk menulis beberapa tips bermanfaat agar bulan puasa kali ini tetap anda lalui dengan penuh semangat dan tanpa halangan. Tentunya sobat Cahayaislam pengen dong sempurna pahala puasanya? Langsung saja deh cek beberapa tips lanjutan dibawah ini:

Menjadi agak pemilih dalam makan di Bulan Ramadhan boleh kok!

Tips sehat menjalankan ibadah puasa pertama adalah menjadi agak pemilih dalam makan di bulan Ramadhan boleh dan sah-sah saja, namun bukan berarti menjadi pemilih disini berarti anda hanya memakan makanan yang mahal-mahal saa untuk dimakan ketika sahur dan berbuka puasa (tidka masalah sih, kalau sobat Cahayaislam memiliki dompet yang tebal). Menjadi pemilih disini, oleh tim Cahayaislam diartikan untuk lebih menekankan pada makanan yang berbobot dan berkualitas daripada makanan yang hanya sekedar mengenyangkan diperut. Hindari berbuka atau sahur dengan makanan cepat saji atau junk food. Meskipun tampaknya praktis dan enak, namun kebanyakan makanan seperti itu mengandung nutrisi yang kurang. Ketika berpuasa, tubuh anda membutuhkan makanan yang memiliki nilai gizi yang baik untuk tetap terjaga metabolismenya.

Untuk pilihan makanan yang baik dibulan ramadhan contohnya bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayur mayur, serta makanan yang mengandung protein tinggi, dan karbohidrat yang memiliki glicemic index rendah. Bila anda sering berbelanja di sebuah toserba untuk kebutuhan puasa anda, maka anda bisa mengecek daftar konten gizi yang biasanya tercantum dalam kemasan-kemasan makanan yang anda beli. Nah, siapa bilang menjadi agak pemilih dalam makan dibulan ramadhan tidak boleh? Malah direkomendasikan kok.

Olahraga tidak boleh Terlewat meskipun lemas karena puasa

Apakah tidak masalah kalau kita tidak berolahraga ketika bulan puasa? Menurut pakar kesehatan dan kebugaran yang kami temui untuk menanyakan hal tersebut merekomendasikan bahwa tubuh kita tetap memiliki hak untuk digerakkan. Hal inilah yang melandasi Tips sehat menjalankan ibadah puasa kali ini. Namun, dibulan Ramadhan intensitas olahraga yang kita lakukan bisa dikurangi karena pada prinsipnya antara makan dan olahraga haruslah seimbang. Gunakan waktu sebelum berbuka anda disore hari untuk melakukan olahraga rutin yang memiliki intensitas rendah sampai moderate seperti jogging, yoga, bersepeda ria dengan santai atau sejenisnya. Bila anda merasa sangat lemas disore hari, anda bisa kok melakukan olahraga setelah berbuka puasa. Pada intinya, olahraga tidak boleh terlewat meskipun anda lemas karena puasa.

Curi-curi waktu untuk menambal waktu tidur yang kurang

Menurut banyak para ahli kebugaran, jam tidur orang dewasa usia diatas 20 paling tidak memerlukan jam tidur sekitar 8 jam sehari. Meski begitu kita memiliki toleransi tidur selama 5 jam sehari dan itu masih bisa dikatakan dalam kadar cukup. Ketika berpuasa, jam tidur kita berkurang drastis karena kita harus bangun ketika sahur, bahkan bagi ibu-ibu rumah tangga yang harus menyiapkan makanan untuk sahur keluarga bisa lebih berkurang waktu istirahatnya. Untuk menyiasati hal ini, sobat Cahayaislam bisa menyempatkan istirahat dengan curi-curi waktu untuk menambal waktu tidur yang kurang disiang atau sore hari. Dengan begitu, sobat Cahayaislam akan tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan tanpa gangguan. Itulah beberapa Tips sehat menjalankan ibadah puasa kali ini, Semoga bermanfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!