Tips Menumbuhkan Jiwa Semangat Beramal Shaleh Di Kehidupan Sehari-Hari

0
651
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar nasehat yang sangat bijak yaitu kita harus selalu semangat dalam beramal shaleh, apalagi hidup di tengah maraknya kriminalitas ini. Jangan sampai kita terjebak dalam lubang maksiat yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. kita harus mengetahui Tips Menumbuhkan Jiwa Semangat Beramal Shaleh Di Kehidupan Sehari-Hari Di tengah kehidupan yang saat ini apa-apa serba mahal dan tuntutan hidup semakin banyak menjadikan seseorang yang tidak dibentengi dengan iman dan amal saleh akan terseret dengan mudah di lubangan dosa. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah sebagai benteng hidup menghadapi zaman yang semakin tua ini.

Tips Menumbuhkan Jiwa Semangat Beramal Shaleh Di Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian amal shaleh                           

Sobat cahaya islami, meskipun sudah berjuta kali kita mendengar orang menyebut amal shaleh, namun mungkin ada yang belum mengetahui betul apa itu amal saleh. Amal shaleh diambil dari dua kata yaitu kata amal dan kata shaleh. Menurut bahasa, amal adalah segala perbuatan atau tingkah laku manusia yang memang dikerjakan secara sengaja. Sedangkan kata shaleh memiliki arti kebaikan atau mendatangkan kebajikan. Jadi pengertian dari amal shaleh adalah segala perbuatan baik manusia yang memang dilakukan dengan sengaja dan juga mendatangkan kebaikan baik bagi dirinya sendiri dan juga orang lain. Semua umat islam yang ada di dunia ini baik muda maupun tua haruslah selalu memiliki semangat dalam beramal shaleh guna mencapai kebahagiaan sejati. Allah memerintahkan agar manusia senantiasa mengerjakan amal shaleh dalam firmanNYA yaitu :

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan “ ( Q.S An Nahl : 97 )

Cara menumbuhkan jiwa semangat beramal sholeh

Bagi manusia masa emas adalah masa muda. Di mana pada masa muda ini, tersimpan jiwa yang sedang semangat untuk melakukan perbuatan apapun. Untuk itu, ada baiknya dalam masa ini benar-benar digunakan untuk menumbuhkan semangat dalam beramal shaleh sehingga akan terbiasa di waktu tua nanti.

Nah, kemudian bagaimana cara menumbuhkan semangat dalam beramal sholeh? tidak mudah memang. Namun dengan usaha yang keras serta dibantu oleh orang tua ketika masih berusia dini, semangat dalam beramal shaleh akan mudah dibentuk ketika usia muda dan berlangsung hingga tua. Berikut adalah tips untuk menumbuhkan jiwa semangat dalam beramal shaleh dalam kehidupan sehari-hari :

Membiasakan berbuat kebajikan dimulai sejak dini

Seorang anak yang memang telah diajarkan oleh para orang tua dengan selalu berbuat kebajikan, meskipun itu adalah hal yang kecil akan memberi manfaat untuk anak tersebut di kemudian hari. Contoh membiasakan anak untuk berbagi dengan sesama, menyingkirkan batu di tengah jalan, mengisi amal di kotak amal masjid, dan lain-lain. Tanamkan bahwa kita tidak dapat hidup sendiri dan selalu memerlukan bantuan orang lain.

Mengingat selalu bahwa amal shaleh akan mendapat balasan pahala yang tak pernah putus

Tanamkan dalam diri sendiri, bahwa Alloh maha mengetahui apa saja yang kita kerjakan baik yang terpuji maupun yang tercela. Dan semua akan mendapat balasannya surga untuk amal baik dan neraka untuk amal jelek. Di samping itu bagi mereka yang gemar beramal shaleh akan mendapat balasan pahala yang tidak tak akan pernah putus.

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

”Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya“ ( Q.S At- Tiin : 6 )

Dengan demikian maka siapa saja akan berusaha untuk selalu meningkatkan semangat dalam beramal saleh karena mengharap imbalan pahala dari Alloh.

Selalu mengingat mati

Semua yang bernyawa pasti akan mati. Begitu juga dengan manusia. Ketika kita selalu mengingat mati. Yang mana tidak akan membawa harta benda, hanya amal yang akan menemani kita di alam barzah. Tidak ada satu orang pun yang mau mati dalam keadaan hina, semua ingin meninggal dalam keadaan baik dan tentunya di alam barzah inginnya mendapat nikmat kubur bukan siksa kubur. Hanya ada 3 perkara yang akan menjadi penerang ketika kita mati yaitu salah satunya adalah amal saleh.

Demikian tips cara menumbuhkan semangat dalam beramal saleh. Begitu besar pahala bagi orang yang selalu gemar beramal saleh. Maka marilah kita selalu berlomba-lomba untuk beramal shaleh guna mengharap ridhoNya. namun jangan lupa amal saleh yang diterima oleh Alloh adalah amalan yang dikerjakan sesuai dengan tuntunan agama islam. Terdapat 2 amalan saleh yaitu amal saleh wajib yang berupa sholat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan dan yang kedua amalan sunah seperti membaca Al Qur’an, bersedekah dan lainnya. Utamakan untuk menjalankan amalan saleh wajib terlebih dahulu baru mengerjakan amalan yang sunah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!