Tips Menjaga Hubungan Suami Istri

0
622

Sejatinya, setiap pasangan dimuka bumi ini pasti menginginkan hubungan yang harmonis. Dalam sebuah hubungan, tidak selamanya berjalan mulus, kadang kala ada masalah yang menerpa. Adalah pasangan suami istri yang rentan memiliki masalah dalam hubungan mereka, banyak hal bisa menjadi pemicu pertikaian. Menikah adalah komitmen dua insan manusia yang telah memutuskan untuk hidup bersama.  Dalam kehidupan rumah tangga, tidaklah mudah menyatukan dua karakter berbeda yang tinggal bersama. Menjalani hubungan suami istri memerlukan banyak hal untuk dipahami agar dapat menjaga hubungan yang baik. Seseorang yang memutuskan untuk menikah adalah dia yang telah siap untuk berjuang bersama, berfikir dewasa, siap lahir bathin. Ibarat mengarungi samudra yang luas dengan seorang nahkoda yang memimpin perjalanan, badai pasti terkadang datang mengguncang kapal tapi tak selamanya begitu, harus kuat dalam menghadapinya bersama agar perjalanan bisa terus berlanjut. Dewasa ini, teknologi semakin canggih, semakin banyak pula godaan yang ada di sekitar kita. Rentannya sebuah hubungan jika tak dijaga dengan baik. Sahabat cahaya Islam, ada beberapa cara yang akan kita bahas dalam artikel kali ini yaitu Tips Menjaga Hubungan Suami Istri agar tetap harmonis

Tips Menjaga Hubungan Suami Istri 

Saling Menghormati

Ini adalah salah satu poin terpenting dalam sebuah hubungan terutama hubungan suami istri. Setiap manusia sejatinya ingin dihormati, dijaga perasaannya, begitupun pasangan suami istri. Saling menghormati adalah salah tips agar hubungan tetap harmonis, menghormati pasangan dengan tujuan menempatkan pasangan pada posisi yang tinggi. Istri menghormati suaminya, begitupun suami menghormati istrinya.

Menjaga Komunikasi

Tak kalah penting, komunikasi adalah kebutuhan dasar dalam sebuah hubungan terutama hubungan suami istri. Jika ada masalah yang sedang menerpa maka hendaknya dibicarakan dengan baik agar masalah tidak semakin besar. Apapun yang mengganjal di hati masing-masing juga baiknya dikomunikasikan kepada pasangan, jika ada hal yang membuat kita tidak menyukai pasangan kita juga harus dibicarakan tentunya dengan berbicara yang baik, tidak dalam keadaan emosi dan marah-marah. Jika kedua pasangan sibuk bekerja, komunikasi sebaiknya juga tetap terjaga, saling menghubungi satu sama lain dan mengabari perihal kesibukan masing-masing agar terhindar dari rasa prasangka terhadap pasangan.

Saling Pengertian

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan, begitu pula pasangan kita. Tidak selamanya pasangan kita sempurna, kadang dia juga berbuat kesalahan maka sudah seharusnya kita mengerti, menerima, dan memberikan semangat agar dia tidak mengulangi lagi kesalahan tersebut. Ketika pasangan kita berbuat salah, selama kesalahan itu tidak fatal, maka kita tak perlu bereaksi berlebihan yang dapat memicu pertengkaran yang lebih hebat lagi. Lapangkan hati, dan belajarlah dari kesalahan untuk memperbaikinya dimasa mendatang.

Berusaha Menjadi yang Terbaik

Dalam rumah tangga, baik suami ataupun istri harus selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada pasangan. Menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada pasangan agar hubungan tetap harmonis, bertutur kata lembut,  saling membantu dalam urusan rumah tangga, memberikan semangat satu sama lain, menghargai setiap usaha pasangan, dan menunjukkan hal-hal romantic kepada pasangan, misal, memberikan kejutan kepada pasangan.

Saling Percaya

Tak kalah penting, saling percaya adalah salah satu pondasi penting dalam sebuah hubungan. Jika telah ada curiga didalam hati maka petaka bagi sebuah hubungan karena apapun yang dilakukan pasangan kita hanya membuat kita tidak mempercayainya, misal, seorang suami yang berangkat kerja dan terkadang pulang malam, ketika suami telah menjelaskan bahwa dia pulang malam karena lembur maka istri sebaiknya percaya pada suami dan juga suami harus menjaga kepercayan itu. Jika kepercayaan telah hilang dalam sebuah hubungan, maka hanya masalah waktu hubungan tersebut akan mencapai akhirnya.

Berdoa kepada Allah

Yang terakhir dan yang paling penting adalah berdo’a kepada sang pemilik hati. Sehebat apapun usaha seorang manusia, adalah Allah yang dapat menolongnya. Suami ataupun Istri harus selalu berdoa kepada Allah agar pasangan kita selalu dijaga, lahir dan bathin. Dijauhkan dari segala marabahaya dan juga dijauhkan dari godaan syaitan dalam berbuat maksiat. Allah lah pemilik hati pasangan kita yang bisa membolak baliknya, hanya kepada Allah kita meminta pertolong karena Dia lah yang mampu menjaga hati kita.

Allah berfirman,

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Di antara bukti ayat-ayat Allah, Ia ciptakan untukmu jodoh dari jenismu agar mencapai sakinah ketentraman. Ia jadikan di antaramu  mawaddah dan rahmah. Sungguh dalam hal ini merupakan bukti ayat bagi orang yang berfikir” (Qs. Ar-rum :21)

Sahabat cahaya Islam, itulah beberpa tips dalam menjaga hubungan suami istri. Semoga yang telah menjalin hubungan suami istri, dijadikan rumah tangganya sakinah, mawaddah, warrahmah. Dan bagi yang belum bertemu pasangannya, semoga selalu memperbaiki diri agar kelak telah siap untuk menjalani rumah tangga yang harmonis. Hidup adalah belajar, selama hayat masih dikandung badan, maka sudah kewajiban manusia untuk selalu belajar agar menjadi lebih baik lagi.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!