Tips Giat Belajar yang Baik Menurut Al Quran dan Al Hadits

0
2348

Belajar merupakan aktifitas esensial yang diperlukan oleh manusia. Bahkan setiap waktu dalam kehidupan manusia merupakan sebuah bentuk pembelajaran yang menjadi histori dan pengalaman yang akan selalu terukir dalam benak setiap orang. Islam sendiri dalam hukum dan ketentuan-ketentuannya mewajibkan pemeluknya untuk belajar sebelum mengamalkannya. Karena orang yang melakukan sesuatu tanpa tahu ilmu di baliknya akan ditolak oleh Allah.

Dalam al Quran dan Al hadits sendiri yang merupakan pedoman mutlak orang islam. Ternyata terselip beberapa tips dan trik tentang bagaimana sih belajar yang baik itu. Tim Cahayaislam akan mencoba untuk mengulas sedikit tentang hal tersebut dalam ringkasan artikel kami kali ini. Berikut tips-tips nya:

Belajar harus dengan niyat yang baik dan ikhlas

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيِّ، عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيِّ، قَالَ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ، يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Seperti yang dijelaskan dalam hadits riwayat Abu Dawud – 2201 diatas. Kita ditekankan oleh Rasulullah agar melakukan sesuatu itu harus dengan niat tulus mukhlis lillah karena Allah. Dengan begitu kita bisa menjadi pribadi-pribadi yang sanggup untuk tetap bertahan dengan usaha kita dalam menuntut ilmu tersebut. Dalam hadits tersebut juga dijelaskan tentang bab hijrah. Dimana barang siapa yang berhijrah karena Allah dan Rasul, maka dia akan mendapatkan kebaikan dari Allah dan Rasul pula (kelak di akhirat). Dan barang siapa berhijrah karena dunia, maka baginya apa yang dia kehendaki atas hijrah tersebut (itupun kalau dapat dan Allah mengizinkan)

Pentingnya mengamalkan ilmu dalam kehidupan sehari-hari

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ (2) كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ (3)

Dalam Al Quran ada istilah yang sering disebut Kaburo maq’tan. Ialah sifat dimana seseorang hanya sekedar berbicara tanpa bisa mengerjakan apa yang ia bicarakan. Anda bisa mengintip hal ini pada Q.S As Shaf ayat 2 – 3. Dan itu sungguh dibenci oleh Allah. Sama juga dalam belajar. Setelah kita belajar akan suatu ilmu, sungguh baik bila kita mau mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berguru dengan orang yang ahli dalam ilmu yang ingin kita pelajari

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Dalam surat At Taubah 119, kita bisa melihat perintah Allah agar kita bertaqwa dan bersama orang-orang yang Siddiq. Pemaknaan kata (الصَّادِقِينَ) menurut beberapa alim ulama bisa diartikan sebagai orang yang jujur atau bisa juga orang yang benar. Nah, hal inilah yang melandasi tips nomor tiga kali ini, yakni agar kita belajar kepada orang yang tepat. Sehingga ilmu yang kita dapatkan memang benar-benar berasal dari ahlinya.

 

Sesuai kadarnya dan tidak berlebihan dalam belajar namun kontinyu

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عَرْعَرَةَ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ عَائِشَةَ ـ رضى الله عنها ـ أَنَّهَا قَالَتْ سُئِلَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم أَىُّ الأَعْمَالِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ ‏”‏ أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ ‏”‏‏.‏ وَقَالَ ‏”‏ اكْلَفُوا مِنَ الأَعْمَالِ مَا تُطِيقُونَ

Dalam kajian H.R Bukhari 6465 diatas kita bisa melihat bahwa Rasulullah bersabda kalau sebenarnya amalan yang disukai oleh Allah adalah amalan yang berkesinambungan. Tips terakhir belajar yang baik menurut Quran dan Hadits adalah belajar dengan ala kadarnya dan tidak berlebihan, namun secara kontinyu. Ada istilah di kalangan mahasiswa, yakni SKS (Sistem kebut semalam) yang merupakan cara belajar ngebut hanya semalaman saja. Biasanya untuk persiapan ujian dan lain-lain. Itu merupakan cara belajar yang berlebihan dan kurang baik. Semoga bermanfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!